--> Skip to main content

Jarum Indikator Bensin Naik Turun, Fuel Sending Unit

Baru aja ngisi bensin 20 liter tapi jarum indikator masih ada goyang dombret naik turun ga mau diem. Cek dan ricek browsing dari Forum Blazer Indonesia akhirnya ada juga postingan yang bahas mengenai masalah Jarum Indikator Bensin naik turun.
Sok monggo di cek dan pelajari kelas hari ini om, biar tambah pinter.

Bagian yang bergerigi halus adalah grip penahan agar pelampung tidak mudah bergerak kian kemari, sedangkan bagian kuningan yang licin adalah electrical contact semacam potensio meter.
Apabila anda mengganti motor fuel pump, jangan lupa sekalian periksa sending unit ini, bilamana perlu dibersihkan dari kotoran lumpur endapan bbm yang mengganggu kestabilan kontak dan menutupi grip penahan pelampung sehingga tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.
Posisi kosong tahanan kecil





Posisi penuh tahanan besar






Kebanyakan ketika masalah seperti ini hanya ganti Fuel Pump nya saja, padahal Sender Unitnya bisa direpair, karena jika beli 1 set bisa mencapai 1.7 juta harganya. Tapi ketika repair jangan terlalu seret, karena akan mempengarungi naik turunnya bensin ketika penuh atau kosong.
Biasanya yg aus yg plat kuningannya yg bergerak naik-turun... lama kelamaan habis krn bergesekan terus...kl sd aus gitu, bikin kadang nyentuh kadang tidak. Ini yg bikin jarum meter bensin goyang dombret yg kadang sampai mentok kekanan.
pelampung nya yg bergerak naik turun tsb ada semacam plat kuningan kecil panjang selebar 1 mm (ada 2 plat yg berhubungan dgn ground di resistor), plat tsb biasamya yg masalah, krn sdh habis terkikis.
Yang saya garis hijau itu jalur ground nya, yg digaris ungu ini plat penyambung antara ground dgn resistor sender nya , saat bensin penuh atau kosong , pelampung besin bergerak naik turun, nah plat tsb bergesekan dgn resistornya, shg nilai arus negatif yg masuk ke kabel hijau ( resistornya. yg garis garis kecil) pun jadi beda-beda nilainya (besar kecil tahanannya), dan itu yg bikin jarum meteran bensin bergerak naik- turun. Kalo plat kuningan tsb aus.gak nyentuh resistornya, maka meter bensin gak mendapat arus ground/negatif, jadi yg ada meter bensin akan mentok ke kanan.

Kalau ga bisa diperbaiki bisa punya Kijang, pake punya Motor atau apa saja, karena kalau kabel std, tahanan juga 11/12 , pelampung gampang di tekuk2, cari aja yg dudukannya bisa dimodif ke FP blazer.
atau cari persamaan spare partnya adalah.
C544 MU112 p/n 25178731
Semoga bermanfaat om.
Cek TKP postingannya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar