--> Skip to main content

Mobil Listrik Nasional

Selamat Sore om-om kece yang lagi baca blog saya. Kali ini saya akan membahas mengenai mobil-mobil listrik buataan nasional atau karya anak bangsa yang patut di acungi jempol (termasuk jempol kaki). Karena jika diliat dari desain dan fiturnya sama dengan mobil premium yang harganya miliyaran rupiah. Monggo kita liat 1/1 mobil karya anak bangsa yang layak disandingkan dengan mobil super sport dunia.

1. SKEV-1
SKEV-1 (Signal Kustom Electric Vehicle 1) adalah mobil sport listrik buatan anak bangsa hasil kerjasama dari coachbuilder Signal Kustom dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).
SKEV-1 ini sempat menghebohkan khalayak ramai ketika pertama kali diperkenalkan di Puspitek Serpong bersamaan dengan hari teknologi Nasional 2011.
SKEV-1 sendiri hadir dengan desain sporty bak mobil balap ketahanan Le Mans. Mobil listrik ini juga disokong motor listrik bertenaga 60HP yang mampu melesat hingga 140km/jam.

2. SV-1
Mobil pengembangan dari SKEV-1 hasil kerjasama coachbuilder Signal Kustom dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini juga hadir dengan motor listrik yang ramah lingkungan.
motor listrik SV-1 ini masih bisa diajak lari dengan kecepatan maksimal yang diklaim dapat menyentuh angka 150 km/jam.

3. TUXUCI

Mobil listrik yang satu ini adalah yang pertama di tes jalan dan dibeli oleh mentri BUMN Dahlan Iskan. Walaupun terjadi kesalahan dalam sistem pengereman, tapi mobil yang harganya 1 miliyar lebih ini telah berhasil menyakinkan kita akan kemampuan anak bangsa untuk membuat mobil listrik nasional.

4. E&C
Mobil dengan konsep SUV empat penumpang ini memiliki wheelbase 240 cm, sehingga penumpang dipastikan akan mendapatkan ruang yang lega di dalam kabin.
Untuk dapur pacunya sendiri, E&C hadir dengan mengusung motor listrik dengan tenaga maksimal 20kw. Dalam sekali pengisian baterai, mobil ini mampu berjalan sejauh 24 km.

5. Pindan PIEV
Mobil Hactback dua pintu ini mengusung mesin listrik dengan tenaga maksimal mencapai 25KW yang mampu menghasilkan torsi maksimal hingga menyentuhkan angka 40Nm.
Mobil yang masih dalam tahap pengembangan ini diklaim mampu lari hingga kecepatan 80km/jam dengan jarak tempuh maksimal 80 km untuk sekali isi daya baterai.

6. SELO
Jika kita lihat mobil Listrik Selo ini, tidak akan terpikirkan bahwa ini adalah mobil buatan anak bangsa yang didukung sepenuhnya oleh Dahlan Iskan. Aura sport dengan lampu sipit menggambarkan sebuah mobil mewah yang elegan sekelar lamborgini.

7. GENDHIS
Mobil listrik SUV ini pertama diperkenalkan pada KTT APEC di Bali. Terlihat bongsor karena memang diperuntukan untuk menjadi mobil keluarga. Walaupun saya pikir terlihat seperti Suzuki APV atau mungkin base on yang digunakan adalah mobil keluaran Suzuki tersebut.
Ga mau kalah dengan mobil-mobil listrik yang wah diatas, ternyata Blazer juga pernah membuat modifikasi menggunakan mesin listrik (baca Blazer Mesin Listrik) dengan menggunakan Motor listrik DC series, berdiameter 11 inci, double shaft.Daya nominal motor ini adalah seitar 40kw, dengan daya maksimal mendekati 300KW.






Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar