--> Skip to main content

Cara mengetahui radiator mampet atau tidak berfungsi

kadang kita ga tau radiator kita itu bocor atau mampet karena selalu overheat.
nah ilmu sore dari om bara adalah cara untuk mengetahui bagaimana kondisi radiator kita apakah berfungsi normal atau mampet.

Yang satu ini harus diwaspadai karena dapat menyebabkan engine overheating.
Secara fisik dapat dilihat bila terjadi kebocoran pada bagian luarnya, lalu bagaimana kalau bagian dalamnya tersumbat.?
Dibawah ini ada 2 cara untuk mendeteksi radiator yang tersumbat :

Pertama bisa di ketahui dari lamanya Elektrik Fan hidup yang disebabkan karena banyak saluran air radiator yang tersumbat sehingga kemampuan pendinginan air radiator oleh fan radiator kurang yang membuat air radiator lama didinginkan, sensor air radiator (water temperatur sensor) akan terus memerintahkan kipas radiator untuk terus berputar.

Kedua untuk mengetahui kondisi Radiator tidak berfungsi dengan baik karena tersumbat adalah saat sudah temperatur kerja mesin mobil dan termostat sudah terbuka, kipas radiator hidup, sambil buka tutup radiator, ketika mesin stasioner atau pun di gas 1500 rpm, air radiator tidak terlihat turun dengan cepat mengikuti putaran water pump yang berputar mengikuti putaran mesin. " Perhatian cara ini jangan di lakukan jika belum berpengalaman ya"

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar