Lampu Indikator aki mati dan indikator pengisian aki tidak normal.

Pernah mengalami hal seperti gambar dibawah ini? Ketika kontak on tapi indikator aki tidak menyala.
indikator-aki-mati
Lampu indikator aki mati saat on
 Atau ketika dinyalakan mesinnya indikator pengisian juga tidak stabil di angkat 14v atau 13,8v.
indikator-aki-tidak-normal
indikator jarum pengisian aki tidak normal
Jika mengalami hal tersebut silahkan cek kabel kecil di belakang dinamo amper,lepas apa tidak? kalau lepas pasang lagi,kalo masih nempel tinggal di cek aja pas di on kan keluar 12v tidak? Kalau keluar 12voltnya berarti ic dinamo ampermu bermasalah,kalau di on kan tidak keluar 12voltnya berarti antara kabel lampu indikator aki yang bermasalah atau bolb indikator aki di speedometer yg bermasalah,biasanya putus. Kalau putus tinggal pilih saja mau ganti bolb ori yg hitam kecil itu atau mau ganti bolb cumi universal? Kalau mau ganti ori harus bongkar spedometer,kalau universal tinggal njamper aja kabel on di kotak modul rem atau diatas boster rem.cari yang di pojok pinggir soket besar warna pink, yg satu dapat on yang satu dpt terminal D atau baut kecil kunci 8 di belakang alternator.

Kalau diperhatikan gambarnya lebih lanjut sepertinya hanya bolbnya aja yang bermasalah, karena indikator gambar aki tidak menyala saat on.

Kalo bolb gambar aki putus jangan harap ada pengisian karena arus on sebelum sampai terminal D alternator mesti lewat lampu gambar aki dulu. Kalau lampunya putus arus on tidak sampai ke alternator sehingga tidak ada kemagnetan dirotornya jadi tidak ada induksi, kalau tidak ada induksi tidak ada tegangan atau arus keluar dari alternator. Kalau tidak mau repot bongkar speedometer pasang aja lampu universal sepeda motor, Jadi ketika nanti putus tinggal cabut ganti baru.
soket-lampu-universal
Soket lampu universal

 Atau ada cara paling sederhana dengan cara membeli soket lampu universal sekalian dengan bolbnya. Kabelnya yg satu pasangkan ke terminal D atau baut kunci 8 di belakang dinamo amper, setelah terpasang kabel satunya lagi tempelin ke kepala aki positif.apakah lampunya nyala?kalau lampunya mau nyala segera nyalakan mesin,apakah lampunya mau mati sendiri?kalau pas mesin menyala lampunya mau mati sendiri berarti dinamo ampernya normal.tinggal kabel yang tadi ditempelin kepala aki positif jamperkan aja ke kabel on yang diatas ditunjukin. warna pink diatas boster atau kabel on di kotak modul rem sebelah master rem.

Mudah-mudahan kasus seperti ini tidak terjadi pada banyak Blazer, karena lumayan repot juga dan level kesulitannya bisa diatara 5-10. Atau kalau ga mau repot bawa saja ke bengkel Blazer. Tinggal duduk ngopi pulang tinggal bayar. ehehe

Mudah-mudahan berguna untuk kita semuanya dan mudah-mudahan dengan tips ini bisa membuat kita tambah pinter dan kreatif sehingga uang dapur tetep tinggal di dompet masing-masing.

Sumber masalah : postingan om Fandy di Forum Blazer Indonesia
Sumber penyelesaian : jawaban dari om Agung Blazer.

Support by your click


3 Responses to "Lampu Indikator aki mati dan indikator pengisian aki tidak normal."

  1. Makasih om Agung, blazerku lagi sakit spt yg om Agung posting ini... Mdh2an bisa smbuh ....

    ReplyDelete
  2. Makasih om Agung, blazerku lagi sakit spt yg om Agung posting ini... Mdh2an bisa smbuh ....

    ReplyDelete
  3. makasih atas informasi y om..sangat membantu

    ReplyDelete

- [Order part dan aksesoris Blazer 081382239343 / D9CCCDD7]-
Untuk berdiskusi sehat, Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar.
Terima kasih.
Admin Indoblazer