--> Skip to main content

Mengenal dan Tips seputar mobil Panther Samurai / MIYABI.

panther-miyabi
informasi dan tips mobil panther miyabi

Jangan terkecoh dengan judul postingan saya ya om, karena Panther Samurai memang ada tulisan MIYABI dan itu lebih dikenal sebagai Panther Miyabi daripada Panther Samurai. Nah kali ini saya akan memberikan tips membeli mobil bekas Panther MIYABI tahun 1994 dan plus minusnya.
Cmiww dibawah ini sumbernya dari Seno Hadiningtyas Sigit di group Motuba.

1. Mesin isuzu panther kotak generasi pertama C223, 2300cc, kalah tenaga dgn panther 2500 (4JAI), tapi diyakini C223 lebih durable (ada temen saya yang udah tembus 800rb km gak turun mesin.
2. Body ala karoseri 90an, umumnya handmade dan cenderung tebal dan full dempul. Karakternya cat cenderung kusam di umur sekarang (umumnya pada repaint kalo masih kinclong), aksesories lampu belakang gak sama dengan panther standar (total assy)
3. kaki-kaki, kelistrikan dll sisanya sama dengan panther kotak pada umumnya. Khusus kaki2 sesuai karakter panther, agak manja, jadi mesti rajin cek laher dan balljoint di kaki2 depan, apalagi miyabi umumnya pake R15 & ban gede. Tapi bukan berarti lemah ya. Saya juga pake ban gede, sering masuk jalan rusak, rutin luar kota, ya aman2 aja.

kalo mau ambil, selain cek hal2 yang umum, periksa juga kondisi mesin, suara diesel yang khas (kalo bisa cari pembanding suara mesin panther kotak 2300 yang fit), gak ada asap dari lubang pengisian oli maupun dipstick, asap tipis samar abu2 cenderung putih saat langsam
begitu dapet, langsung masuk bengkel, GANTI dgn part baru berkualitas bagus :
- balljoint atas bawah kiri kanan kaki depan
- laher kaki depan + stempet
- ganti bushing2 kaki2
- cek juga shockbreker depan, kalo perlu ganti baru
- ganti oli mesin SAE 15-40 + filter oli sekalian
- ganti oli gearbox SAE 40 (JANGAN OLI GEARBOX SAE 90 ATAU 140)
- kuras minyak rem & power steering dan ganti minyak baru (ini seharusnya hal yg umum utk segala mobkas)
- kalo bisa sekalian kuras radiator (optional, bukan penyakit panther)
- purging injection pump
- ganti filter solar dan kuras sedimenter (kalo perlu, boleh ganti)

Nah setelah tips dan informasi seputar Panther Samurai kini ada beberapa pertanyaan yang menjadi sugesti dari hunter mobil Panther.

1. Buat kenceng susah bgt. Ditanjakan lambat. Apa emg bodynya dan ban tdk imbang ya?
Emang karakter panther (diesel) terutama untuk 2300. kalo mau ngebut ya jangan pake panther(walaupun bbrp org msh bisa ngebut dgn 2300.hehehe)

 -Mesin badak asal waras
-kaki2 agak mengkhawatirkan, di grup panther kaki2 depan lbh baik diganti pnya kijang, cb cek di grup panther caranya hehe
-kelistrikan g rewel asal waras

-Ad yg suka suara garangnya, tp ad yg g suka suara yg dibilang lbh berisik dr bensin
-getaran lbh terasa krn mesin diesel
-Perawatan gmpang yg penting jgn kehabisan solar
-sparepart murah dan melimpah
-irit bbm

Sya dah 3x pake panther, higrade 95, LS 2000, dan skrg pake Grand touring 2009. Ganti bukan krn ad masalah cm ingin mudain aj kya mudain istri #eeeh

#NB
Oh ya yg perlu diinget mbah, oli transmisi jgn diisi pake oli gardan kya mobil2 lain, untuk panther transmisi diisi pake oli mesin aj. Byk montir/tukang ganti oli ngeyel klo harus pake oli gardan, sbnrnya malah bikin syncromesh ancuur klo diisi oli gardan. Di manual book ad ptunjuknya dan di baut pengisian oli transmisi jg ad tulisannya jg.

Semoga berguna.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
WA only : 0813822BLAZER (39343)
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar