Inilah cara hitung-hitungan ganti velg mobil yang aman. Jangan asal ganti velg.

Hello om bro.
Velg adalah salah satu hal penting yang diperhatikan oleh pabrikan untuk menunjang kinerja dari sebuah kendaraan. Ukuran dan diameter velg pun sudah dihitung dengan lengkap, di analisa baik buruk dari sisi keindahan dan safetynya. Jadi bukan tanpa alasan sebuah pabrikan memberikan EOM velg mobil dengan ukuran tertentu pada produknya.

Untuk sebagian orang mempunyai velg EOM sepertinya kurang pas, terlebih bila kendaraan atau mobilnya sudah mengalami perubahan atau modifikasi, tentu velg adalah hal wajib yang harus diganti juga. Karena dengan berubahnya velg tentu akan berubah juga gensi yang didapat dari mobil tersebut. Semakin tipis dinding ban semakin lebar velg yang dipakai.
jangan asal ganti velg
Velg aftermarket yang dijual murah

Penggantian velg ini juga tidak hanya berlaku untuk mobil-mobilkeluaran terbaru, untuk mobil yang sudah lanjut usia pun velg menjadi hal wajib untuk menghilangkan kesan tuanya.

Trend menggunakan velg ukuran lebih dahulunya diawali karena ajang balap yang selalu menggunakan velg lebar dengan ban tipis, dan ternyata menular kepada kalangan umum dan modifikasi. Padahal pada dasarnya dipasang velg lebar dengan ban tipis di ajang balap ini untuk memberikan kemudahan pembalap dalam manuver, sehingga mobil terasa lebih lincah dan responsif di tikungan.

Selain itu diameter ban nyaris tidak berubah, jadi tidak perlu menyesuaikan lagi speedometer dan odometer. velg besar juga tampil sportif dan jantan. Tak dipungkiri, faktor inilah pendorong utama maraknya trend ini dimasyarakat.

Mengganti velg bawaan pabrik (OE/original equipment) dengan yang berdiameter lebih besar dikenal sebagai plus-sizing. Dalam khasanah istilah ini lalu dikenal plus-one, artinya menambah diameter pelg 1 inch dari OE. Contoh dari dari 15 inch jadi 16 inch. Demikian pula plus-two, menambah dua inch, dari 15 inch ke 17 inch, dan seterusnya.

Ternyata menurut pengujian Consumer Report, lembaga perlindungan konsumen di USA, plus-one terbukti menghasilkan keuntungan terbesar dari sisi peforma. Plus-two dan seterusnya hanya memberi tambahan daya cengkram sedikit sementara kenyamanan mengemudi, hydroplaning resistance, dan traksi anjlok. Harga yang harus dibayar juga lebih mahal. Jadi semakin besar tidak selalu semakin menguntungkan. Plus-sizing juga tidak direkomendasikan untuk SUV kecuali memang option dari pabriknya.

Karena itu, kalau sudah puas dengan handling dan kenyaman berkendara mobil anda, lembaga itu menyarankan untuk melupakan plus-sizing. Setia saja dengan OE.

Resiko plus sizing

Kalau tidak, mulailah dengan mempertimbangkan resikonya. Ban dengan velg besar dan profil rendah memang responsive dikendarai di jalan mulus. Sebaliknya dijalan berlobang/kasar, ban tidak mampu meredam dengan sempurna. Pengendaraan jadi tidak nyaman. Karena itu jalanan di negeri ini masih harus ‘dimaklumi’, paling bijak kalau plus-sizing, jangan terlalu jauh dari ukuran ban OE.

Tidak saja menggerus kadar kenyaman berkendara, plus sizing berlebihan (plus two/ three keatas) juga mengancam keselamatan peleg. Pengujian Consumer Report pada plus two dan plus-three berakhir dengan rusaknya velgdan ban.

Memilih velg

Kalau sudah tahu resikonya, dan tetap ‘emoh’ dengan ban OE, tiba saatnya untuk mengunjungi toko ban/modifikator. Mereka akan menawarkan velg dan ban yang cocok berdasarkan ban OE. Sebagai patokan, penambahan diameter velg 1 inch, di padukan dengan menurunkan tebal dinding ban antara 5 – 10 persen dan penambahan lebar tapak ban 10 milimeter. Pastikan pula speed rating dan load rating ban baru harus lebih tinggi dari ban asli. Perlu diketahui, plus sizing selalu merubah overal diameter ban. Sulit agar sama persis dengan OE. Hal ini akan mempengaruhi banyak hal termasuk speedometer.

Periksa juga velg yang di incar. Kebanyakan velg ini dibuat dari aluminium atau campuran aluminium dan baja. Masalahnya kualitasnya sangat bervariasi dari yang nyaris sempurna hingga segetas tempayan. Untuk memeriksa, mulai dengan bertanya bagaimana velg itu dibuat. velg tempa (forged wheel) paling kuat dan termahal. Pressure cast wheel juga cukup, selain lebih kuat juga lebih ringan dari velg cetak (cast wheel). velg terakhir ini dibuat dengan mengalirkan cairan logam ke cetakan.

Setelah itu periksa juga pola baut-nya, pas ngak dengan yang ada pada mobil anda. Maka lupakan saja velg dambaan hati kalau lobang-lobangnya ngak cocok. Penjual mungkin akan menawarkan semacam adaptor yang bisa mengakali lobang-lobang yang tidak sesuai ini. Hati-hati, ini solusi sesaat karena adaptor ini akan meningkatkan tegangan pada baut yang bisa longgar ketika dikendarai. Pastikan juga ban punya offset yang seusai spesifikasi mobil. Lihat pula tapak ban yang melar apakah menggerus liang ban.

Memilih modifikator

Sekarang periksa modifikator yang akan mengganti ban. Pilih yang berpengalaman dalam plus-sizing. Memilih bengkel yang tidak kompeten beresiko merusak ban dan velg.

Pastikan garansi bila tidak puas atau ada kerusakan seperti ban menggerus liang ban atau speedometer ngaco.

Bengkelnya juga dilengkapi dengan wheel aligned untuk mencegah ban aus lebih awal. Demikian pula kemampuan menyesuaikan sistem suspensi yang harus beradaptasi dengan kaki-kaki baru.
velg rusak
Jangan asal ganti velg kalau ga mau kayak gini.

Bagaimana? Jadi jangan asal mengganti ukuran velg dan ban sebelum menghitungnya dengan benar, salah-salah memasang atau asal pasang ujung-ujungnya bisa merusak kondisi mobil kita dan tentu akan mengakibatkan kerugian yang lebih besar.

Bijak modif bukan mengabaikan safety ya om bro, safety dan kenyamanan adalah nomor 1 dari segalanya, karena percuma dengan mobil keren dan mewah kalau ternyata safety jadi hilang dan ga nyaman untuk dipakai.
Salam safety ya om bro.
Sumber : Google.com untuk image dan SitusOtomotif.com untuk artikelnya.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
WA only : 0813822BLAZER (39343)
BBM : 53FB5271

Bantu support klik ya om..


13 Responses to "Inilah cara hitung-hitungan ganti velg mobil yang aman. Jangan asal ganti velg."

  1. Bener, velg juga salah satu faktor penunjang keselamatan, bisa juga menopang kenyamanan kita selama berkendara. Kalo saya gak cuma itu tapi pakai asuransi mobil juga supaya gak rugi pas kecolongan ...

    ReplyDelete
  2. Mau nanya min, kalo blazer pngen plus sizing enjoynya di diameter brp ya velgnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampe ring 20 juga tetep aman om. yang penting body juga ikut naik karena kalo tetep akan mentok di body saat belok.
      sudah banyak yang pake R16 sampe R20 juga, tapi tetap harus diikuti dengan bodylift minimal 5 cm

      Delete
  3. Permisi gan,, sy masih newbie nih tentang velg dan ban mobil.. Sy rencana mau ganti velg standar datsun go pakai ring 15 racing.. Punya recomend ga gan yg cocok utk datsun go apa ya yg nyaman di kendarainnya utk segala medan tp dgn ukuran ban yg tebal.. Sy masih ragu utk ganti velg aftermarket takut ga cocok atau malah jd hilang utk kenyamanan berkendara.. Mau ganti velg racing OEM motifnya biasa aj.. Kira2 utk merk velg yg cocok utk sy ap ya? Thank's gan sblmnya,, artikelnya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pake punya nissan march. Langsung pasang atau honda jazz juga bisa.

      Delete
  4. mw nanya dong Om, mobil saya all new picanto 2012.. ukuran velg standar nya 14" klw saya me naikin tapi msh aman buat harian kira2 naik ke 16 atw 17 inci?? trs lebar ban & tebal nya aman pake yg berapa, trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk ukuran amannya jangan terlalu tinggi. pakai 16 juga sudah aman.

      Delete
  5. maaf gan , saya mau nanya ,, mobil saya avanza dengan ring 14 , rencana mau ganti dengan ring 15 bawaan mobil lain , spt livina , atau pun veloz , dengan menurun kan ketebalan ban dalam artian diameter ban di samakan dengan sebelum nya,. kira2 untuk efek negatif nya ada gak ya gan ? misal nya dalam segi konsumsi bbm ada pengaruh gak ? terus apakah tarikan m0bil akan berubah down , di karnakan beban velg r15 lebih berat dari std avanza ? mhin djwb ya gan

    ReplyDelete
  6. maaf gan , saya mau nanya ,, mobil saya avanza dengan ring 14 , rencana mau ganti dengan ring 15 bawaan mobil lain , spt livina , atau pun veloz , dengan menurun kan ketebalan ban dalam artian diameter ban di samakan dengan sebelum nya,. kira2 untuk efek negatif nya ada gak ya gan ? misal nya dalam segi konsumsi bbm ada pengaruh gak ? terus apakah tarikan m0bil akan berubah down , di karnakan beban velg r15 lebih berat dari std avanza ? mhin djwb ya gan

    ReplyDelete
  7. Om Yosep, kalau velg racing 20' buat blazer yang offset nya seperti OEM ada penampakan gambar nya?rencana pengen modif suspensi ceper.

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak om..
      silahkan ke toko velg di kotanya aja om. biasanya mereka tau ukurannya.

      Delete
  8. Om, velg R20' yang offset nya sama dengan velg OEM blazer ada gak ya?

    ReplyDelete

- [Order part dan aksesoris Blazer 081382239343 / D9CCCDD7]-
Untuk berdiskusi sehat, Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar.
Terima kasih.
Admin Indoblazer