--> Skip to main content

Jangan takut bongkar IAC Opel Chevrolet Blazer sendiri dirumah. Langsam RPM naik turun dan penyelesaiannya.

Kendala RPM yang tiba-tiba drop kadang membuat ketar-ketir juga kita, mainin gas juga sepertinya ga ngaruh terhadap perubahan RPM malah makin drop. Kalau mempunyai masalah langsam mesin seperti itu bisa jadi ada masalah dengan sensor IAC. Untuk anda yang tinggal di kota mungkin banyak bengkel rekomendasi Blazer yang bisa diajak ngopi untuk beresin masalah langsam naik turun ini, tapi kalau tinggal didaerah bagaimana? Mau ga mau harus order IAC baru dari IndoBlazer atau mungkin memperbaikinya sendiri dirumah. why not!!

Memperbaiki, bongkar IAC Opel Chevrolet Blazer sendiri dirumah
Memperbaiki, bongkar IAC Opel Chevrolet Blazer sendiri dirumah

Bisa jadi IAC yang rusak atau mungkin hanya kotor saja yang menjadi penyebab ketika tiba-tiba rpm naik atau tiba-tiba rpm drop. Langkah paling murah adalah bongkar dan bersihkan. Tapi ada syaratnya ga asal bongkar aja ya om bro, biar ga menimbulkan masalah lain.
  • Sebelum dibongkar ada baiknya baca doa dulu biar ga tergoda rayuan bengkel sebelah dulu. hehehe
  • Jangan lupa untuk melepas kutub negatif aki dulu ya om bro, karena sensor yang bersangkutan mengandung tegangan dan menyampaikan pesan ke ECU juga. Biar lebih aman saja. Bongkar dan bersihkan.
  • Hati-hati saat memasangnya karena bisa jadi ketika kurang pas akan terdengar bunyi Hozz seperti ada angin yang keluar dari celah.
  • Ketika selesai memasang entah setelah di bersihkan atau selesai kita ganti baru, harus ada proses reset dengan cara kontak on biarkan 10 detik lalu off. Ulangi langkah tersebut 1-3 kali.
  • Ketika selesai mengganti dengan IAC baru pasti mesin akan meraung-raung hingga RPM 5000, biarkan saja karena nanti akan kembali ke idle normal di 900-1000 rpm.

bagaimana? Itulah kira-kira masalah dan penyelesaian dalam hal DIY (do it yourself) bongkar pasang sensor IAC mobil Opel Chevrolet Blazer.

Silahkan share dan like jika artikel ini bermanfaat untuk kita semua sesama  pengguna Blazer.

*) IAC = Idle Air Control
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar