--> Skip to main content

Jangan sampe lupa ganti oli kalau ga mau blok mesin pecah.

Hello om bro.
Udah lama saya ga update mengenai tips-tips dan informasi seputar mobil Blazer ya, mungkin saya terlena dengan berita masa kini yang akhirnya saya lupa sama 60% berita soal Blazer. Nah karena sekarang sedang semangat untuk memberikan informasi lagi soal Blazer, mari kita bahas mengenai pelumas yuk om bro.

Sesuai dengan judul post kali ini " Jangan lupa ganti oli kalau ga mau blok mesin pecah" sepertinya sedang cocok banget nih. Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan konsumen dengan kondisi mesin blok pecah, jebol sampe harus ganti shortblock. Kejadian ini terjadi pada Blazer SOHC tahun 2000.
Piston pecah, blok mesin jebol.

Karena mencari blok punya SOHC lumayan sulit bahkan bisa dibilang masih merupakan barang langka, dan SOHC jarang sekali yang di potong-potong maka kita gunakan punya DOHC yang memang bisa dipakai untuk SOHC juga. Lengkap dengan kruk as,piston,stang piston,ring piston,metal2 segelundung bisa langsung dipakai di mesin SOHC.

Seminggu setelah berlalu nih konsumen beli shortblock tiba-tiba barusan WA lagi bahwa mobil jebol lagi di toll. Hadeuuh kenapa lagi nih boil, masa sebulan harus ganti blok mesin 2 x. Bisa buat beli Blazer bahan lagi ini mah duitnya. Kali ini piston no 2 ikutan patah, blok mesin kembali pecah dan artinya ini ada sesuatu yang salah dengan mobil ini. harus dicari tahu dulu penyebanya, karena akan percuma saja ketika ganti lagi nanti akan kejadian lagi.
Lalu kira-kira penyebabnya apa ya piston patah kayak gitu bahkan blok mesin sampe jebol dan pecah?

Kalo kita kembali kepada pelajaran mekanik, sesuatu yang bergerak harus ada pelumasan yang cukup untuk bisa menggerakan suatu benda yang bergerak, apalagi ini sebuah mesin dengan mekanik yang mempunyai beban kerja yang berat, ketika pelumasan tidak sempurna siapa yang akan dikalahkan? Ya mekaniknya itu sendiri.

Dan itulah yang terjadi didalam mesin mobil kita, ketika pelumas tidak bisa bekerja dengan maksimal, yang akan dikorbankan adalah piston dan mekanik lainya. Awalnya aus dan akhirnya menjadi patah.

Menurut info mekanik yang sedang ngerjain ini mobil katanya metalnya yang bermasalah yang akhirnya membuat piston patah. Nah kalo metal separah-parahnya juga pasti ga akan langsung membuat mesin jebol kayak gini. Ketika metal tidak terkena asupan oli atau pelumas yang akan terjadi adalah metal akan aus, tekanan drop dan suara mesin akan terdengar kasar.

Piston yang dipakai adalah punya DOHC? Jelas ini juga bukan alasan tepat kenapa bisa pecah lagi blok mesinnya. Karena piston sama saja.

Nah jika kita urut dari beberapa penyebab diatas yang sepertinya bukan dari mekanik yang salah atau salah pasang. Maka dapat kita simpulkan sementara adalah pompa Oli yang menjadi penyebab pecahnya blok mesin tersebut. Saat olie kental olie naik Pas panas olie encer dia gak naik makanya asupan oli keatas menjadi terganggu dan akhirnya piston yang kalah karena menahan bebas seret tanpa pelumas.

Selain piston yang patah, kejadian asupan oli yang tidak naik juga kadang membuat noken as juga menjadi patah. Ya jelas beban mesin bergerak tanpa pelumas tentu akan menjadi panas, aus dan patah. Inilah sebenarnya yang menjadi penyebab dari beberapa kasus turun mesin piston pecah, atau noken as yang patah.

Dan sekarang mau ga mau tuh mobil harus jajan shortblok lagi.
Mesin DOHC
Mudah-mudahan ini menjadi pelajaran untuk semuanya ya om bro. Jangan takut untuk rutin ganti oli, toh murah ini, daripada pompa oli harus kerja berat karena oli sudah tidak bagus yang akhirnya minta ganti pompa oli yang harganya lumayan juga bisa diatas 1,5 juta untuk yang ori GM.
Pompa Oli Blazer Ori GM

Pompa Oli Blazer merek SFAL

Pompa oli Blazer merek Topran

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar