--> Skip to main content

Inilah cara rahasia merubah konsumsi BBM dari km/liter menjadi Liter/100KM pada Avanza dan Ertiga.

Hello om bro. Salam tetot.
Diantara kita tentu jarang sekali memperhatikan MID yang ada di speedometer kita. Selama ini yang kita perhatikan hanya indikator jumlah bensin yang masih ada dan jumlah kilometer yang telah kita lalui. Dan sangat jarang sekali memperhatikan fungsi lain dari display yang ada di speedometer.

Misalnya saja fungsi lain untuk merubah konsumsi bahan bakar dari kilometer perliter(KM/L) menjadi liter per seratus kilometer (L/100KM) pada mobil Avanza dan Ertiga merupakan hal yang jarang sekali orang ketahui, kecuali mekanik atau orang yang iseng gonta-ganti sendiri alias seneng oprek.

Nah untuk tips kali ini saya akan memberikan tips bagaimana merubah MID (Multi Information Display) pada Suzuki Ertiga dan Toyota Avanza yang saya quote dari otomotifnet.com.

Merubah MID pada Toyota Avanza & Veloz
Merubah MID pada Toyota Avanza & Veloz
MID pada Toyota Avanza
Karena generasi pertamanya belum memiliki MID, tutorial di bawah ini hanya berlaku untuk Toyota Avanza 2011 ke atas, alias dari generasi kedua. Untuk All New Avanza, hanya varian Veloz 1.5 M/T dan A/T yang memiliki MID, sedangkan setiap varian Grand New memilikinya.

Hanya ada 2 tombol untuk mengutak-atik MID yang terletak di ujung kanan instrument cluster. Sebelah kiri untuk mengatur jam dan yang kanan bertuliskan ODO/TRIP DISP. Ikuti langkah di bawah untuk mengubah satuan dari ‘km/L’ ke ‘L/100km’ atau sebaliknya.

1. Pertama, arahkan MID ke bagian informasi konsumsi bahan bakar rata-rata, dengan menekan tombol ODO/TRIP DISP berkali-kali hingga menemukan tulisan “AVG” di atas angka.

2. Kemudian, tekan dan tahan tombol ODO/TRIP DISP tersebut. Setelah 2 detik, angka pada MID konsumsi bahan bakar akan terulang jadi “0.0”, jangan lepas tombol tersebut dan terus tahan.

3. Setelah tombol ditahan sekitar 7 detik, maka satuan akan berubah, bila tadinya ‘km/L’ akan menjadi ‘L/100km’ atau sebaliknya.

Merubah MID pada Suzuki Ertiga
Merubah MID pada Suzuki Ertiga
MID pada suzuki Ertiga
Setiap Suzuki Ertiga yang dikeluarkan di Indonesia memiliki MID, namun di bawah varian GX tidak mendapatkan pengukur temperatur luar, di bagian teratas layar monokrom di antara spidometer dan takometer tersebut.

Terdapat 2 satuan yang bisa diubah, yaitu satuan konsumsi bahan bakar rata-rata dari ‘km/L’ ke ‘L/100km’ atau sebaliknya dan satuan temperatur dari F (derajat Fahrenheit) ke C (derajat Celcius) atau sebaliknya.

Juga terdapat 2 tombol yang tersedia untuk mengatur MID. Di sebelah kiri atau di bawah takometer, adalah tombol TRIP. Sedang sebelah kanan atau di bawah spidometer, merupakan tombol pengatur brightness instrument cluster.

Berikut langkah untuk mengubah satuan konsumsi bahan bakar dari ‘L/100km’ ke ‘km/L’ atau sebaliknya:

1. Pertama, navigasikan MID ke bagian konsumsi bahan bakar rata-rata yang bertuliskan AVG di baris kedua

2. Kemudian, tekan dan tahan tombol TRIP di sebelah kiri. Setelah sekitar tiga detik dan masih sambil menahan tombol tersebut, putarlah tombol di sebelah kanan ke kiri atau ke kanan untuk mengubah satuan konsumsi dari ‘L/100km’ ke ‘km/L’ dan sebaliknya.

Oh ya, memutar tombol di kanan terasa agak keras yaa.

3. Sedangkan berikut langkah untuk mengubah satuan temperatur pada MID di Ertiga GX atau Dreza: Arahkan MID ke bagian sisa jarak yang dapat ditempuh yang ditandai tulisan ‘RANGE’ di baris kedua.

4. Lakukan langkah kedua yang sama seperti cara untuk mengubah satuan konsumsi bahan bakar, maka satuan temperatur akan berubah dari F (derajat Fahrenheit) ke C (derajat Celcius) atau sebaliknya.

Mudah-mudahan informasi kecil ini bermanfaat bagi kita semua.
Silahkan share jika bermanfaat untuk kita semuanya.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar