Mengatasi shock belakang Calya Sigra yang amblas.

Hello om bro.
Hangat berita mengenai amblasnya shoch belakang Toyota Sigra dan Daihatsu Calya  sampai sekarang masih terdengar dan belum ada penyelesaian. Dan jika kita dengar jawaban dari pihak pabrikan mengatakan bahwa amblasnya memang wajar dan batas beban yang bisa dibawa oleh duo kembar ini adalah under 500 kg.
Mengatasi shock belakang Calya Sigra yang amblas.
Mengatasi shock belakang Calya Sigra yang amblas.
Padahal yang kita ketahui, orang indonesia membeli mobil tentu untuk membawa barang juga. Kalau dinaiki 7 orang saja sudah amblas gimana kalau dibawa mudik dengan penumpang penuh ditambah bagasi dan atas pake konde yang berisi oleh-oleh? Bisa ceper abis tuh mobil.

Klaim pertama keluar mobil ini adalah mobil 7 seater walaupun secara basicnya adalah sikembar Ayla Agya dan di upgrade menjadi 7 seater. Walaupun secara dimensi masih lebih lega dibandingkan Datsun GO+ karena Datsun GO 5+2 dan baris ketiga lebih cocok untuk anak-anak dan duo kembar Sigra Calya ini bisa muat orang dewasa 160cm.

Jika kita baca jawaban dari pihak pabrikan mengenai amblasnya shock Calya Sigra ini adalah sebagai berikut :

  1.     Calya dan Sigra diakui memang akan sedikit ambles jika diisi full muatan, penyebabnya adalah karena setingan suspensi-nya yang lembut, hal ini dibuat agar didapatkan kenyamanan terbaik oleh penumpang dan pengemudi!
  2.     Mesti “ambles” pihak Astra daihatsu dan toyota, mengatakan bahwa mobil ini akan tetap aman, bahkan sudah di test diisi full muatan dan melewati polisi tidur, memang akan sedikit jeduk tapi masih aman, karena adanya fender.
  3.     yang harud diperhatikan adalah jangan melebihi batas maksimal muatan! mobil ini beratnya 1 ton, Gross Vehicle Weight (GVW) mencapai 1,5 ton. “Jadi kalau bisa beban yang ditanggungnya baik orang dan barang jangan melebihi 500 kg, jadi boleh saja diisi 7 orang tapi usahakan jangan lebih dari 500kg, kenapa? karena nantinya akan mentok dengan fender sehingga tidak aman untuk jalan!

Ngomong-ngomong soal amblasnya shock belakang Calya dan Sigra tentu karena ukurannya yang lebih kecil dibandingkan sang kakaknya Avanza Xenia, tapi beban yang diterima sama, alias sama-sama buat 7 seater plus plus. Wajar amblas juga, dan jawaban dari pabrik juga memang wajar. Dan jika ingin diganti dengan yang lebih besar seperti milik sang kakak Xenia Avanza tentu akan berbeda bentuk dan ukurannya, juga pasti kekerasannya juga akan berbeda. Jika kita bandingkan bentuk dan dimensinya memang berbeda dengan punya sang kakak.

Lalu apakah ada solusi untuk mengatasi amblasnya shock duo kembar ini?

Bagaimana jika kita menggunakan shock belakang punya Grand Max? Sepertinya dimensinya sama dan bisa digunakan. Dan kita tahu bahwa Grand Max adalah mobil niaga tentu shocknya juga lebih kuat. Soft atau ga? Tentu akan mengurangi kenyamanan dari Calya dan Sigra, tapi untuk kekuatan membawa beban dijamin joss. Mw coba?
mengganti Shock belakang Calya-Sigra menggunakan Shock Grand Max
Plan mengganti Shock belakang Calya-Sigra menggunakan Shock Grand Max

Tunggu update terbarunya ya apakah shock dari Grand Max bisa digunakan di Calya dan Sigra? Mudah-mudahan bisa segera dapat terwujud planingnya.

Update :
Untuk shock Grandmax memang lebih panjang dikit dan hasilnya lebih keras. Akhirnya ikut dari beberapa teman kembali ke shock aslinya dan mengganti per menggunakan per Avanza. Sebenarnya ada juga yang nyaranin pake per Mobilio juga. Next event kalo ada problem kita ganti lagi. Jozz
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
BBM : 53FB5271

Support by your click


6 Responses to "Mengatasi shock belakang Calya Sigra yang amblas."

  1. Turut prihatin buat penggemar Cayla dan Sigra

    ReplyDelete
    Replies
    1. Basicnya adalah 5 seater, ditambah 1 meter kebelakang jadi muat 7 orang. Wajar amblas juga om..

      Delete
    2. Ada plus minus nya.
      Tidak ada mobil yang sempurna.

      Delete
    3. Yup benar om bro.
      Memang tidak ada yang sempurna tapi bisa di perbaiki atau dilengkapi agar lebih baik.
      Begitu menurut saya.

      Delete
  2. weleh ngeri sekali gan tapi kayaknya pakai dumper juga bisa mengurangi amblesnya om

    ReplyDelete

- [Order part dan aksesoris Blazer 081382239343 / 53FB5271]-
Untuk berdiskusi sehat, Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar.
Terima kasih.