28 December 2016

Pulau Papua digoncang gempa 7,9SR

Ada berita bencana lagi om bro, kali ini mengenai gempa yang baru saja terjadi di Papua Nugini sebesar 7,9 sampai 8 SR. Belum banyak informasi yang bisa saya share di sini, tapi ada di detik.com menyebutkan bahwa gempa tersebut tidak menyebabkan tsunami.

berikut info dari detik.com yang saya quote:

Pulau Papua digoncang gempa 7,9SR

Gempa bumi berkekuatan 7,9 Skala Richter (SR) mengguncang Papua Nugini. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami di wilayah Indonesia.

Gempa di Papua Nugini terjadi sekitar pukul 17.50 WIB dengan episenter 4.61 Lintang Selatan (LS) dan 153.41 Bujur Timur (BT) pada kedalaman 117 km di laut. Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) memberikan informasi bahwa gempa tersebut berpotensi menimbulkan tsunami lokal di sekitar pusat gempa yaitu Rabaul, Papua Nugini.

Namun, dari hasil pemodelan tsunami dan analisis yang dilakukan oleh BMKG, gempa hanya menimbulkan ancaman tsunami lokal di sekitar pusat gempa. Tsunami tidak berdampak hingga wilayah Indonesia.

"Gempa bumi tersebut menimbulkan ancaman tsunami lokal di sekitar pusat gempa bumi, tetapi tidak berdampak hingga wilayah Indonesia," kata Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Mochammad Riyadi dalam keterangannya, Sabtu (17/12/2016)

Mudah-mudahan tidak ada korban jiwa.


ARTIKEL TERKAIT

No comments :

Post a Comment

- [Order part dan aksesoris Blazer 081382239343 / 53FB5271]-
Untuk berdiskusi sehat, Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar.
Terima kasih.