--> Skip to main content

Mengatasi kopling Daihatsu Sirion yang Keras dan ciri-ciri kopling aus.

Mengendarai sebuah mobil manual tentu kopling menjadi juru kunci berjalannya mobil itu. Namun bagaimana jika kopling kita terasa keras? 3/4 kopling baru jalan atau bahkan kopling terlalu rendah? Nah jika mengalami hal tersebut siap-siap saja kampas komping tidak akan berumur panjang, bisa jadi cepat habis.

Untuk mengatasi kerasnya atau terlalu empuknya kopling mobil kita mungkin tips dibawah ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya, terutama untuk pengguna mobil Daihatsu Sirion. Tapi bukan tidak mungkin untuk mobil lain pun akan mempunyai cara seting yang sama atau tidak akan berbeda jauh dalam hal penyetingannya.

Nah untuk Daihatsu Sirion cara seting kopling agar lebih empuk adalah sebagai berikut.
Mengatasi kopling Daihatsu Sirion yang Keras dan ciri-ciri kopling aus.

Silahkan buka kap mesinnya dan cari kabel seperti yang ditunjuk di gambar, lalu putar berlawanan dengan arah jarum jam. Silahkan disesuaikan banyaknya putarannya dengan kenyamanan kopling kita.

Dengan tips sederhana seperti ini dijamin akan lebih empuk koplingnya.

Sumber : Group Sirion Indonesia Club.

Sebagai catatan tambahan mengenai ciri-ciri dari kopling yang sudah mulai aus atau habis adalah sebagai berikut:

  •     Akselerasi mesin lemah
    Jika anda mengalami kampas kompling habis biasanya akan mengalami penurunan power tenaga yang mentrasfer ke mesin dengan begitu akselerasi menjadi lemah dan hal ini tidak mempengaruhi top speed namun membutuhkan waktu yang lebih panjang untuk memaksimalkan kecepatan. Misalnya saja kecepatan motor kita sudah mencapai 100km/h saat kampas kopling masih tebal hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik namun jika kampas kopling mulai aus mungkin membutuhkan waktu skitar 15 detik atau bahkan bisa lebih .
  •     Selip Kopling
    Gejala gelip kopling biasanya akan sering timbul jika kampas kopling sudah habis, akan tetapi gejala in juga bisa disebabkan oli mesin yang tidak cocok atau terlalu digunakan dan belum pernah diganti.
  •     Starter ringan atau ngelos
    Hal ini terntunya terasa di kala cara menghidupkan motor menggunakan kick starter ( atau orang motor bilang dengan istilah engkol) , nah saat melakukan ayunan di kick starter ( engkol) maka akan terasa ringan atau istilahnya ngelos dan tentunya sangat susah di hidupkan ,nah hal ini juga bisa menjadi gejala kampas kopling aus atau habis.
  •     Putaran mesin tinggi
    Sudah tentu putaran mesin menjadi tinggi karena pengaruh dari akselerasi yang melemah dan kampas kopling mulai licin sehingga menjadi mesin memiliki putaran yang tinggi walau kecepatan standard. Contoh saat kampas kopling masih tebal biasanya bisa mendapatkan kecepatan 40km/h membutuhkan putaran mesin sampai 5000 rpm namun jika kampas kopling aus untuk mendapatkan kecepatan 40km/h membutuhkan putaran hingga 8500 rpm.
  •     Perpindahan gigi perseneling
    Gejala berikutnya yaitu jika terjadi gejala kampas kopling habis biasanya saat pengendara sepeda motor mengganti persenelingnya bukan tenaga yang keluar tapi hanya suara raungan alias ngowos.
  •     Tenaga mesin berkurang
    Untuk cara mendetekinya kampas kopling habis bisa juga dengan mencoba cara ini yaitu dengan memasukan gigi transmisi ke perseneling 4 atau 3 lalu tahan tarik gas secara spontan, jika mengalami kenaikan yang pas berarti masih bagus tapi kalau sudah aus rpm sudah semakin tinggi namun kecepatan masih rendah maka bisa dipastikan harus diganti.

Mudah-mudahan informasi sederhana ini bermanfaat untuk kita semuanya. Silahkan share dan like jika artikel ini bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar