Bolehkah Mobil SUV menggunakan ban mobil sedan?

Mobil SUV dan mobil sedan adalah 2 jenis kendaraan dengan bentuk dan fungsi yang berbeda, bahkan untuk kedua mobil ini juga mempunyai jenis ban yang berbeda. Tapi apakah boleh mobil SUV menggunakan ban mobil sedan?


ban mobil untuk sedan dipakai mobil SUV
Ban diciptakan dengan peruntukannya yang berbeda-beda.sumber bandungtoyota.com


Ban mobil sedan biasanya memiliki downforce lebih rendah dan didesain untuk nyaman dan cepat. Kalau SUV, dimensinya agak tinggi dengan wheelbase yang lebih tinggi.

PDP Business Manager Michelin Indonesia, Refil Hidayat menyebut, setiap ban itu punya spesifikasi beban atau yang disebut dengan load index. Jadi, jika ban itu disalahgunakan untuk kendaraan yang buat mengangkut beban lebih berat, tentu akan jadi masalah.

"Kalau ban (sedan) itu kita salahgunakan untuk di SUV yang punya beban berbeda, yang terjadi akan overload. Pada saat overload, kalau tekanan angginnya tidak cocok, dia akan rusak bannya," kata Refil ditemui di Sirkuit Sentul, Bogor.

"Yang lebih-lebih lagi, kalau enggak kuat dia akan separasi. Separasi maksudnya adalah karena, panas menampung beban terlalu besar, panasnya itu ketransfer ke konsrtuksi yang di dalam. Jadi baja sama karetnya itu pisah. Makanya nanti akan kelihatan bannya itu kayak benjol. Itu salah satunya adalah faktor overload. Jadi, put the right tire on the right speed, on the right load, on the right pressure," tambahnya.

"SUV biasanya speed inde-nya enggak tinggi. Karena dia harus hitung G-Force. Biasanya horsepower-nya enggak begitu tinggi. Makanya ban untuk SUV dibikin enggak begitu kompleks desain tapaknya. Biasanya di SUV itu relatif simetris tapaknya," ucap Refil.

Jadi kesimpulannya adalah, semua type ban mempunyai spesifikasi yang berbeda. Ban untuk sedan dirancang untuk menahan beban layaknya mobil sedan dan akan bisa berbahaya jika digunakan pada mobil SUV karena bebannya akan over.



Modifikasi low rider menggunakan ban lebar
Modifikasi ceper low rider. Sumber google image

Modif keren boleh tapi harus memperhitungkan juga keselamatan diri kita, keluarga dan lingkungan.
Cmiww.

Sumber : oto.detik.com

Bantu support klik ya om..


0 Response to "Bolehkah Mobil SUV menggunakan ban mobil sedan?"

Post a Comment

- [Order part dan aksesoris Blazer 081382239343 / D9CCCDD7]-
Untuk berdiskusi sehat, Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar.
Terima kasih.
Admin Indoblazer