--> Skip to main content

Gambaran mobil penantang Avanza dari Mitsubishi semakin jelas. Mitsubishi Expander.

Duo kembar Xenia-Avanza adalah mobil dengan angka penjualan yang sangat aduhai. Dari awal keluar tahun 2004 hingga sekarang 2017 masih tetap eksis dengan menjadi primadona warga Indonesia yang membutuhkan mobil keluarga 7 seater. Walaupun ada Suzuki Ertiga, Nissan Grand Livina, Chevrolet Spin dan Honda Mobilio, tapi angka penjualan Xenia avanza masih saja stabil. Namun entah setelah hadirnya penantang baru segmen 7 seater dari wuling yang murah tapi mempunyai spesifikasi yang mumpuni dan bisa dibilang mid level.

Pasar mobil MPV memang menggiurkan, terbukti dengan semua pabrikan mengeluarkan versi MPV 7 seater kecuali dari Mitsubishi yang bisa dibilang terlambat mengeluarkan senjata mobil keluarga 7 seater untuk menantang yang lainnya. Gosipnya sudah dari tahun lalu tapi baru minggu ini terdengan lagi dengan adanya beberapa gambaran mengenai desainya.
bagian depan mitsubishi expander mirip Pajero Sport
bagian depan mitsubishi expander mirip Pajero Sport

Jika kita perhatikan desain grilnya mirip dengan Mitsubishi Pajero sport yang baru dengan desain lampu sipit yang entah sebagai lampu senja atau sebagai lampu utama.
kesan sporty dan mewah dari bagian belakang dengan stoplamp led.
kesan sporty dan mewah dari bagian belakang dengan stoplamp led.

Lampu belakang juga terlihat kokoh dengan model led semakin terlihat mewah, dan untuk ground clearance sepertinya tinggi terlihat dari modelnya yang meninggi bagain belakangnya.
lekukan body samping sporty mengingatkan saya pada Mitsubisi Grandis
Add captionlekukan body samping sporty mengingatkan saya pada Mitsubisi Grandis

Sisi sampingnya mengingatkan saya pada Mitsubishi Grandis dengan lekukan body yang sporty.

Penampakan Jok yang diperkirakan untuk mobil Mitsubishi terbaru karena sumber yang saya baca dari blog mang Kobayogas menyebutkan bahwa jok tersebut berada di lokasi pabrik Mitsubishi Delta Mas CIkarang.

penampakan jok diyakini untuk Mitsubishi Expander
penampakan jok diyakini untuk Mitsubishi Expander. sumber kobayogas.com

    Selamat malam, baru baru ini saya menemukan sebuah foto di Instagram dari akun @sarbinipaoel dengan caption “New projek”. Foto ini menampilkan sebuah jok berwarna beige dengan motif jaring-jaring yang diduga kepunyaan mobil Mitsubishi karena lokasi fotonya di “PT. Mitsubishi Kawasan GIIC II DeLta Mas” maksudnya pabrik PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI), Cikarang, Jawa Barat.

    Foto tersebut juga menampilkan beberapa tumpukan jok di belakangnya yang desainnya mirip, bedanya ada yang berwarna sama (beige) dan warna hitam. Kalaupun ini buat Mitsubishi, desain joknya berbeda daripada beberapa produk Mitsubishi lain seperti Mirage, Pajero Sport, Lancer dan Outlander Sport, sehingga saya menduga jok ini untuk sebuah Small MPV Mitsubishi yang desainnya mirip dengan XM Concept, Mitsubishi Expander.

    Menurut saya, desain jok tersebut cukup mirip dengan XM Concept, cuma pada jok ini berwarna beige sedangkan XM Concept warnanya putih, serta tentunya lebih sederhana karena sudah versi produksi. Melihat tempat pengunci sabuk pengaman di sebelah kanan, jok ini kemungkinan buat pengemudi. Intinya, jok kursi depan di foto ini diduga buat Mitsubishi Expander, karena berbeda dibanding mobil Mitsubishi yang lain. Terima kasih…


Mobil yang diklaim lebih luas dari penantangnya yang sudah ada ini memang belum diluncurkan, tetapi bebera diler Mitsubishi, khususnya di DKI Jakarta sudah mulai mendata calon konsumen potensial. Masing-masing pembeli hanya diminta mengumpulkan foto copy KTP dan tidak dipungut uang sama sekali.

Estimasi harga yang dibocorkan para tenaga penjual diler Mitsubishi, yakni termurah dibanderol Rp 175 jutaan dan termahal Rp 275 jutaan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar