--> Skip to main content

Waspadai Lima Penyebab Mobil Terbakar Tanpa Diduga

Kasus mobil terbakar marak terjadi akhir-akhir ini. Agar tidak terulang sudah seharusnya pemilik memperhatikan hal-hal penting, terutama yang berpotensi menyebabkan terjadinya kebakaran pada mobil maupun kendaran bermotor yang lain. So, perhatikan beberapa penyebab mobil terbakar berikut ini!

Beberapa waktu lalu publik dihebohkan dengan berita mobil terbakar milik artis Neno Warisman. Usut punya usut, polisi memastikan penyebab mobil terbakar milik artis kawakan tersebut adalah masalah kelistrikan.

 
Foto mobil Neno Warisman usai terbakar

 
Mobil Daihatsu Xenia milik Neno Warisman yang terbakar sendiri saat diparkir

 
Sebenarnya kasus mobil terbakar di atas bukanlah satu-satunya. Ada banyak kejadian mobil terbakar tiba-tiba baik saat mobil berhenti maupun sedang dikendarai. Hal ini tentu mengundang perhatian banyak kalangan terutama produsen dan yang berkaitan dengan industri otomotif sebab insiden semacam ini selalu menimbulkan korban, bahkan tidak menutup potensi timbulnya korban jiwa.

 

 
Beberapa waktu lalu salah satu mekanik bengkel Toyota di kawasan Jakarta Timur memberikan penjelasan seputar penyebab mobil terbakar dengan sendirinya serta solusi yang harus dilakukan.

 “Kebakaran pada mobil adalah masalah yang serius, sama parahnya dengan kecelakaan di jalan, bisa menyebabkan korban jiwa, bahkan jika muncul ledakan akan membuat kendaraan di sekitar juga ikut terbakar,” tutur mekanik tersebut.

 

 
Secara garis besar, ada lima hal yang bisa menjadi penyebab mobil terbakar. Empat diantaranya berasal dari mobil itu sendiri (faktor internal), sedangkan yang satu karena faktor lain.

1. Kebocoran oli

Oli yang bocor ataupun merembes dan menemmpel pada mesin yang panas saat melaju bisa memicu timbulnya percikan api dan menjadi sebab mobil terbakar. Yang harus dilakukan para pemilik saat mengetahui ada oli yang merembes atau bocor meski dalam jumlah sedikit adalah segera memperbaiki. Jangan paksa mobil terus dibawa karena risikonya sangat besar.

 

Gambar mobil terbakar di jalan tol


Dimanapun tempatnya, kebakaran mobil bisa terjadi tanpa diduga

2. Instalasi listrik tidak sempurna


Ini adalah penyebab mobil terbakar yang paling banyak. Pemasangan kabel instalasi yang tidak sempurna setelah perbaikan atau usai memasang aksesoris tambahan yang berhubungan dengan listrik bisa menyebabkan hubungan arus pendek atau korsleting.
 

“Hubungan singkat (short-circuit) yang bisa menimbulkan listrik karena kabel muatan positif langsung bersetuhan dengan kabel muatan negatif, Maka dari itu jangan sembarangan ketika memasang aksesori yang berkaitan dengan listrik,” lanjutnya.

 


3. Kebocoran selang bahan bakar


Aliran bahan bakar dari tangki ke sistem pembakaran harus dipastikan benar-benar aman. Sedikit kebocoran pada selang atau retak pada tangki bisa memicu timbulnya api saat mobil sedang melaju karena mesin dan berbagai komponen dalam keadaan panas.

4. Exhaust system tidak sempurna


Exhaust system atau sistem pembuangan gas tidak sempurna juga bisa jadi satu penyebab mobil terbakar. Penyebabnya karena kotoran yang menyumbat di sistem pembuangan. Bahkan kotoran itu sendiri bisa saja terbakar saat mobil sedang melaju karena tekanan panas saluran pembuangan gas.

5. Faktor ekternal


Beberapa faktor eksternal bisa menjadi penyebab mobil terbakar seperti parkir di dekat sumber api, tersambar petir, terkena bom, terjebak kebakaran rumah/gedung/kapal dan yang lain.

 


 


Mobil terbaka sering kali menimbulkan korban harta dan jiwa

 


 

kw : mobil terbakar, penyebab mobil terbakar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar