--> Skip to main content

Mengatasi masalah Imobilizer error pada saat Ganti aki di mobil RangeRover.

Mobil yang menggunakan imobilizer tentu mempunyai penanganan khusus ketika kita mengganti aki. Tidak seperti mobil jaman old yang ganti aki tinggal ganti saja dan bebas kendala. Berbeda dengan mobil jaman now yang serba ribet karena sistem ECU yang riskan jika tidak ditangani dengan benar.

Seperti kasus dibawah ini mengenai sebuah mobil RangeRover yang katanya sudah 6 bulan mati suri di bengkel. Awalnya nih mobil service AC tapi entah kenapa problemnya hingga aki di cabut kurang lebih selama 3 jam dan pada saat dipasang lagi nih mobil malah ga mau nyala sama sekali. Walah ketempuhan..

Mengatasi masalah Imobilizer error pada saat Ganti aki di mobil RangeRover.

Kepiye iki mbah? Calon motuna ndongkrok di bengkel AC sudah 6 bulan, kronologinya aki dibuka selama 3 jam setelah itu calon motuba ga bisa di hidupkan. Kasihan nasibmu mbah..... 😑😑😑

Menurut beberapa mbah-mbah mekanik, ini mungkin ECU ke lock dan butuh direset. Berikut langkah-langkahnya untuk reset ECu imobilizer pada mobil Rangerover yang di share oleh mbah  bimo koesumowinoto.

Ga ada yg salah dengan RR itu.. semuanya juga bakal ga nyala mesin nya klo abis dilepas aki..
Tinggal tanya aja sama pemilik nya.. kode immobilizer nya berapa..
Klo pemilik tidak pernah rubah kode immo nya.. berarti masih pake kode bawaan pabrik.. 1234.
Cara reset koneksi ecu ke modul immo ya tinggal masukin aja kodenya..
Pastikan strum aki bagus dan terpasang dengan benar..
Tutup pintu dan kunci pake remote..
Lalu masukan kode immo nya..
Masukan anak kunci ke lubang kunci di pintu kanan..
1 putar kunci berlawanan arah jarum jam 1x
2 putar kunci searah jarum jam 2x
3 putar kunci berlawanan arah jarum jam 3x
4 putar kunci searah jarum jam 4x
Tunggu beberapa saat sampai lampu hazard atau klakson bunyi sekali.. Tunggu beberapa saat.. kunci pintu lagi pake remote dan buka pake remote..
Coba start mesin..
Semoga membantu..


Nah gitu om bro. Sepertinya tips ini juga berlaku untuk semua mobil yang menggunakan imobilizer atau keyless pada mobilnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar