Skip to main content

Mengenal marmer berkualitas dari fagetti sebagai supplier marmer utama di indonesia


Artikel yang sedang anda baca mengandung beberapa hal yang juga di cari banyak orang di google.

  1. Apa itu marmer
  2. Daerah penghasil marmer
  3. Manfaat dan penggunaan marmer
  4. Cara memilih marmer
  5. Jenis-jenis produk marmer
  6. Harga marmer terbaru tahun 2020
  7. Pengalaman customer marmer Fagetti

Apa itu marmer

Sebelum kita mengenal lebih jauh dari marmer, ada baiknya kita mengenal apa itu marmer. Marmer dikenal sebagai batuan alami yang banyak digunakan untuk lapisan lantai atau dinding sebuah bangungan, entah rumah atau gedung akan lebih elegan dan mewah jika menggunakan marmer sebagai bagian interiornya. Bahkan sekarang banyak hiasan interior dan furniture yang menggunakan bahan marmer dalam pembuatannya.


Batu marmer dari fagetti sebagai supplier marmer utama di Indonesia
Batu marmer dengan kualitas terbaik. Image from Fagetti
 
Secara arti marmer adalah batuan yang berasal dari kristalisasi batu kapur atau dolomit. Corak yang terlihat pada marmer selalu unik, tidak pernah sama untuk setiap bagian marmer. Dan corak yang bisa kita lihat ini tersusun dari mineral kalsit dengan jangka waktu yang lama.

Namun secara umum yang banyak dikenal oleh banyak orang, marmer adalah batu bercorak yang sangat bagus dan banyak dipakai sebagai pelapis lantai, dinding dan dijadikan furnitur seperti meja kursi dan sebagainya.


Daerah-daerah penghasil marmer

Untuk mendapatkan batu alam marmer kita harus menambang bahannya dari gunung-gunung kapur atau dari gua yang tidak semua tempat mempunyai batuan marmer berkualitas dan bisa diambil. Untuk Indonesia sendiri banyak daerah kapur dan tentu menjadi daerah penghasil marmer juga salah satu yang terbesar adalah di daerah Tulungagung, jawa timur. 
 

tambang batu marmer, Fagetti sebagai supplier marmer utama di Indonesia
Ilustrasi tambang batu marmer. Image from kilastimor.com

Namun, luasnya negara Indonesia dan bentuk wilayah yang bergunung-gunung menjadikan Indonesia tidak hanya Tulungagung sebagai one stop penghasil marmer, setidaknya ada 9 wilayah di Indonesia yang juga menghasilkan marmer dengan kualitas terbaik, diantaranya :

1. provinsi Aceh
2. provinsi Lampung
3. provinsi Sumatera barat
4. provinsi Bangka belitung
5. provinsi Jawa Barat
6. provinsi Jawa tengah
7. provinsi jawa Timur
8. provinsi Sulawesi Selatan
9. provinsi Papua.

Untuk aceh sendiri pernah di kunjungi oleh salah satu supplier marmer utama di indonesia yakni PT PT Fajar Gelora Inti (Fagetti) dan menyebutkan bahwa akan dibangun pabrik di sana. Selain untuk meningkatkan perekonomian daerah juga akan melakukan transfer of knowledge kepada pemuda-pemudi Aceh dalam rangka peningkatan SDM di Aceh.

Fagetti merupakan produsen dan supplier batu alam grade premium di Indonesia. Portofolio batu alam yang dimiliki di antaranya adalah marmer, onyx, granit, travertine dan limestone. Perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 1986 ini memiliki lebih dari 900 jenis batu alam. Koleksi batu alam tersebut dipajang di showroom dan pabrik Fagetti seluas 23 hektare yang berlokasi di Cibitung, Bekasi.

PT Fajar Gelora Inti (Fagetti) dan Pemerintah Provinsi Aceh akan menjalin kerja sama pembangunan pabrik dan pengelolaan batu alam di Aceh. Keseriusan kerja sama ini ditunjukkan dengan kunjungan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah MT. ke pabrik Fagetti di Cibitung, Bekasi pada Senin, 27 Januari 2019

Aceh sendiri memiliki sejumlah potensi tambang batu alam yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian daerah. Aceh memiliki kandungan batu marmer atau granit dengan nilai jual tinggi di pasar nasional. Hal tersebut juga diakui langsung oleh Ferdinand Gumanti yang sebelumnya telah berkunjung ke Aceh. Untuk itu, Nova berharap kerja sama antara Pemerintah Aceh dan Fagetti dapat berlanjut pada tahap berikutnya.

"Inti dari kerja sama ini bukan saja pembangunan pabrik yang nantinya akan berlokasi di Ladong, Aceh Besar, namun sekaligus pula melakukan transfer of knowledge kepada pemuda-pemudi Aceh dalam rangka peningkatan SDM di Aceh," ungkap Nova.

Pabrik tersebut akan menjadi pabrik pertama yang menjadi contoh dan bisa saja tumbuh di daerah lainnya yang memiliki batu-batu alam yang punya nilai jual tinggi baik di pasar nasional bahkan internasional. (https://www.fagetti.com/post/fagetti-dan-pemprov-aceh-siap-kerja-sama-kelola-pabrik-batu-alam-di-aceh)

Manfaat dan penggunaan marmer

Marmer bisa di manfaatkan untuk berbagai kebutuhan seperti untuk konstruksi interior dan eksterior bangunan bahkan banyak juga digunakan sebagai bahan baku untuk furniture karena batuan ini bisa dipahat sesuai dengan kebutuhan dan mempunyai sifat yang lunak. Marmer juga merupakan batuan yang tembus dengan cahaya sehingga banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat patung, plakat, atau jendela rumah.

Dengan sifat marmer yang  tahan terhadap panas dan tidak bisa dibakar menjadikan marmer menjadi pilihan untuk lapisan lantai atau dinding karena akan membuat ruangan menjadi sejuk. Banyak gedung-gedung atau proyek rumah mewah yang menggunakan marmer sebagai bahan interiornya karena akan meningkatkan kesan elegan dari bangunan tersebut. Salah satu marmer berkualitas adalah produk dari Fagetti yang mempunyai banyak pilihan corak dan motif yang alami.

Bahkan marmer buatan Fagetti juga menghiasi proyek prestisius yang tengah digarapnya pada tahun 2019 di antaranya adalah Park Hyatt - MNC Media Tower, Menara Astra - BOD Area, Intercontinental Hotel Pondok Indah, Arkadia Tower Blog G dan PIK Office. Selain itu, ada Jakarta Box, Kota Kasablanca 3, Mangkuluhur City, Eka Hospital Cibubur, Graha Binakarsa dan Green Sedayu Apartment.


Masjid Suciati Saliman - Yogyakarta yang menggunakan marmer berkualitas terbaik dari Fagetti
Masjid Suciati Saliman - Yogyakarta. Image from fagetti

Sedangkan di luar Jakarta, tahun ini marmer Fagetti menjadi simbol kemegahan Masjid Suciati Yogyakarta, Springwood Residence Tangerang, Radisson Hotel Lampung, Eka Hospital Bekasi, Golden Tulip Resort Batu Malang dan SOHO SKYLOFT Ciputra World Surabaya.


Skyloft SOHO Ciputra World - Surabaya yang menggunakan marmer berkualitas terbaik dari Fagetti
Skyloft SOHO Ciputra World - Surabaya. Image from fagetti
 
Teknologi yang dimiliki Fagetti mampu menciptakan sejumlah inovasi seperti marmer tembus cahaya, menciptakan tekstur pada marmer polos menjadi garis-garis atau bergelombang, membentuk marmer dengan desain 3D serta menjadikan marmer sebagai artwork.(https://www.fagetti.com/post/marmer-fagetti-menghiasi-proyek-proyek-prestisius-di-indonesia)

Cara memilih marmer

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengetahui kualitas dari marmer yang akan kita beli. Dibawah ini adalah 4 hal yang bisa kita lakukan untuk memilih marmer berkualitas bagus.
  • Cara pertama adalah memperhatikan teksturnya. Setiap marmer memiliki tekstur yang berbeda, namun tetap saja marmer yang alami lebih menonjol dan jelas teksturnya dibanding marmer hasil buatan tangan. Anda bisa membandingkan satu marmer dengan lainnya untuk bisa mendapatkan marmer dengan tekstur alami.
  • Cara kedua adalah memperhatikan unsur mineralnya. Marmer biasanya memiliki beberapa kandungan seperti kapur, zat besi dan mineral. Salah satu ciri marmer yang berkualitas adalah yang memiliki ketiga kandungan tersebut dalam jumlah yang seimbang. Untuk hal ini memang tidak bisa diketahui olh semua orang, dan untuk mengetahuinya bisa kita tanyakan kepada penjualnya langsung mengenai kandungan mineral dari marmer yang dijualnya.
  • Cara ketiga adalah melihat corak atau motifnya. Jika marmer itu benar-benar asli dari batuan alam maka Anda akan sulit menemukan motif yang seragam dalam satu jenis. Tentu ada sedikit perbedaan antara satu marmer dengan marmer lainnya. (isibangunan.com)
  • Cara ke empat adalah melihat hasil dari potongan dan polesan marmer tersebut. Hasil potongan yang pas dan polesan yang bagus akan menghasilkan marmer yang lebih halus dan terlihat jelas corak dari marmer tersebut.

Salah satu supplier marmer utama di indonesia yakni PT PT Fajar Gelora Inti (Fagetti) sudah menggunakan mesin dari Italia yang bisa membentuk batu alam dengan detail sesuai keinginan para arsitek, interior designer dan product designer dengan ukuran yang sangat presisi. Demi menjamin kepuasan pelanggan, Fagetti memiliki laboratorium sendiri untuk menguji kekuatan dan kualitas batu alam sebelum dikirimkan ke pelanggan.(https://www.fagetti.com/post/fagetti-jadi-sponsor-marmer-di-pameran-divine-touch-interni-asia)

Jenis-jenis marmer

Marmer yang kita kenal ternyata mempunyai banyak jenis yang beragam tergantung dari proses pembuatannyanya, diantaranya :
  • Flamed finish batu marmer, batu marmer yang kasar dan harus dibakar terlebih dahulu sebelum di gunakan. Biasanya digunakan untuk bagian eksterior rumah.
  • Rought cut finish adalah batu marmer yang mempunyai kekuatan yang bagus yang terdiri dari campuran batu andesit. Untuk jenis ini membutuhkan pemolesan sebelum digunakan.
  • Polish finish adalah batu marmer yang berbentuk rata dan halus, sosok untuk digunakan sebagai bagian interior.
  • Ppfolish finish hampir sama dengan polish finish, hanya tidak mengalami proses pemolesan sehingga terlihat lebih kusam.
  • Hones finish terbuat dari baru marmer yang hanya sedikit berkilap.
  • Acid finish adalah batu marmer yang kasar seperti flamed finish tapi tidak melalui pembakaran, melainkan melalui cairan kimia atau larutan asam.

Harga marmer terbaru


Untuk harga marmer terbaru bisa berubah-ubah tergantung dari jenis marmernya dan coraknya. Sedangkan untuk harga jual marmer biasanya permeter persegi bahkan untuk sekarang sudah banyak marmer dalam ukuran besar dan bisa mengkuti ukuran yang dibutuhkan, salah satu dari supplier marmer berkualitas di Indonesia adalah Fagetti dengan aneka jenis marmer seperti marmer, onyx, granit, travertine dan limestone.

Pengalaman menggunakan marmer fagetti

Nama besar dan pengalaman dari Fagetti membuatnya banyak digunakan oleh banyak orang dan perusahaan untuk mensupport proyek-proyeknya entah untuk interior atau exterior rumah dan gedung.

Keunggulan marmer Fagetti salah satunya diakui oleh Sonny Nyono Riswondo, pemilik Golden Tulip Holland Resort Malang. Sonny yang sedari awal ingin mengoptimalkan penggunaan material dari alam memilih marmer Fagetti karena memenuhi ekspektasinya. "Fagetti punya range batu alam yang lengkap, mau yang excellent juga ada. Fagetti sangat mendukung kemewahan," kata Sonny.

"Saya rasa, saat ini Fagetti supplier marmer terbesar dan terlengkap bukan hanya di Indonesia, tapi di Asia Tenggara," kata Sonny.

Mira Agusnani, arsitek yang banyak menggarap proyek rumah mewah di Jakarta juga mengakui Fagetti sebagai perusahaan marmer terbaik. "Kualitas marmernya oke. Kita survei ke sana ke mari, Fagetti tepat the best sih. Corak batunya beragam dan unik. Di tempat lain jenisnya bisa sama tapi uratnya tidak sama dengan Fagetti. Coraknya sudah pilihan kalau di Fagetti," tutur Mira.

 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar