22 July 2017

Review kemampuan Sigra di Tanjakan Leuwiliang Bogor.

Hello om bro.
Iseng-iseng browsing di group Motuba menemukan sebuah review mobil Daihatsu Sigra untuk menempuh jalur menanjak di Leuwiliang Bogor. Daihatsu Sigra atau Toyota Calya memunyai mesin dengan kubikasi 1200cc. Dengan mesin sebesar itu banyak yang menyangsikan akan kemampuannya dalam merambah jalur tanjakan curam, nah dengan review dibawah ini mudah-mudahan bisa berguna untuk semua pengguna Sigra atau Calya, dan makin pede membawanya.
sumber : postingan mbah Mubyarto Retowiarjo di Motuba.
Review kemampuan Sigra di Tanjakan Leuwiliang Bogor.
Review kemampuan Sigra di Tanjakan Leuwiliang Bogor. sumber postingan bah Retowiarjo di group Motuba.

Setelah kemarin puas tes sigra X 1.2 MT di jalur relatif datar, akhirnya datang juga kesempatan untuk nyobain sigra muatan 6 dewasa di jalur menanjak Lewiliang Bogor.

Jalur tanjakan panjang mau ga mau sigra saya geber di rpm 5000-5500. Tenaga nya terasa kecil sekali. Di dalem mobil semua pada takut, ngga yakin ini mobil kecil kuat nanjak. Sempet kepikiran kenapa ga pake VNTur aja kemari.. Tapi kalo ngga dicoba gimana caranya bisa tau..
Harap harap cemas semoga ga ketemu papasan dengan mobil lain di tengah tanjakan.
Dua tanjakan panjang berhasil dilewati dengan mesin meraung raung meskipun ga sampe sebegitu heboh nya kaya kakak nya xenia. Asal jangan berenti di tengah pasti bisa nanjak. Kalo terpaksa berenti nyerah deh.

Kekacauan muncul justru di tanjakan gambar kedua, tanjakan cukup curam yang lagi rame pejalan kaki yang juga lagi nanjak. Merayap pelan tanpa bunyikan klakson. Ngga enak klakson, toh mereka juga lagi cape nanjak. Lama lama rpm turun jadi 1000. Ga bisa naik rpm nya biarpun pedal gas dijejeg.


Kalo orang bilang mobil gerak roda depan bukan ngga kuat nanjak tapi roda spin, yang saya alami justru kebalikan nya. Ga ada roda spin, ga ada raungan mesin, ga ada bau gosong. Tau nya lemes aja. Langsung saya netral kan, mulai mundur pelan pelan sekali. Sangat sangat berbahaya kalo sampe lepas kendali, ada puluhan pejalan kaki di belakang.
 

Untung nya, mobil bisa balik ke titik pendakian awal, petugas disana ngeh kalo ngga kuat nanjak. Orang orang langsung disuruh minggir biar saya leluasa ambil ancang ancang.

Beruntung akhirnya bisa juga sampai di parkiran atas.




Dari review diatas dapat dipastikan untuk menaiki jalur tanjakan curam ada baiknya mengambil ancang-ancang terlebih dahulu.

Nah yang penting juga dalam menaiki jalur tanjakan curam adalah soal nyali dan skil yang kita miliki, jika merasa ragu mendingan di urungkan saja niatnya untuk bisa naik jalur tanjakan curam, karena bisa mengakibatkan hal-hal yang tidak kita inginkan seperti mundur kembali dan bisa membuat kecelakaan untuk kita sendiri atau orang disekitarnya.

Satu lagi, jangan lupa berdoa.


Mengapa ban second yg dibeli lebih cepat habis padahal masih terlihat tebal.

KOndisi sedang tidak punya dana lebih tapi ban sudah harus ganti tentu membeli ban second yang masih mempunyai kodisi kembang masih bagus adalah pilihan yang harus diambil agar tetap aman. Tapi mengapa ban second yg dibeli lebih cepat habis padahal masih terlihat tebal.... dan kondisi fisik masih layak pakai.....?

Untuk menjawab pertanyaan diatas saya sadur dari salah satu member AXS mengenai penjelasan kenapa ban second lebih cepat botak.
Mengukur panas ban yang mempengaruhi lifetime ban mobil
Mengukur panas ban yang mempengaruhi lifetime ban mobil. sumber group facebook AXS

Mungkin beberapa rekan2 AXS tidak menyangka.. bahwa musuh utama ban adalah Panas....

Beberapa hal yg perlu di ingat.

A. Untuk ban muatan :

- Ban yg kuat belum tentu tahan tekanan angin tinggi...

- Ban yg tahan tekanan angin tinggi belum tentu tahan panas....

- Ban yg tahan panas, tahan tekanan angin tinggi belum tentu tahan terhadap beban muatan yg berat.

- Ban yg tahan panas, tahan tekanan angin tinggi, juga mampu untuk muatan berat.. belum tentu karet compound telapak bisa dan mampu meredam berbagai kontur jalan...

B. Untuk ban PCR, (Passenger car Radial)

+ kemapuan tiap ban berbeda2.
+ jika ban telah di isi angin sd max batas toleransi / diatas toleransi kemampuan ban tsb, seberat apapun muatannya jangan menambah angin lagi
+ lebar velg jg mempunyai peranan yg sangat penting,
+ pilihlah ban seauai dengan mobilitas dan kegunaan.

JANGAN FANATIK TERHADAP SATU BRAND / MERK BAN TERTENTU.

Yakin masih memilih ban yg terbaik.....?

Semua ban adalah baik kualitasnya...
Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan...
Dan pengetahuan penjual ban yg di dapat dari pengalaman adalah ilmu yg berharga...

Pabrik ban selalu yakin bahwa produk yg di hasilkan adalah yg terbaik....tetapi fakta dan realita yg akan menunjukan performance di kemudian hari.

Ket :
- pengukuran suhu pada beberapa ban dengan tekanan angin sama , beda pula suhu panas yg dihasil kan.

semoga berguna.


Lugu, ke kantor polisi mau buat SKCK tapi ga bawa otak. Akhirnya pulang bawa surat tilang. Gimana ceritanya ya?

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau disebut juga sebagai surat kelakuan baik dari kepolisian memang dibutuhkan dalam berbagai hal seperti melamar pekerjaan. Dan dalam membuat surat SKCK ketika datang ke kantor polisi juga harus dalam kondisi sehat dan tidak dalam kondisi yang melanggar hukum.

Jangan sampai seperti yang dilakukan oleh 2 orang pemuda yang akan membuat SKCK di daerah Purbalingga ini. Datang dengan niat membuat SKCK malah pulang membawa surat tilang dan motor di tahan. Bagaimana ceritanya? Dibawah ini saya ambil dari facebook Nol Kilometer :

Lugu, ke kantor polisi mau buat SKCK tapi ga bawa otak. Akhirnya pulang bawa surat tilang. Gimana ceritanya ya?

Kelakuan dua rekan sepermainan, Adi Guntoro (23) dan Wahyu Budi Utomo (18), bisa dibilang konyol. Dua pemuda itu berboncengan masuk ke dalam Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) Kalimanah tanpa mengenakan helm saat mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Tidak hanya tak mengenakan helm yang merupakan pengaman wajib bagi pengendara kendaraan bermotor roda dua, mereka juga tidak membawa STNK dan tidak bisa menunjukkan Surat Izin Mengemudi (SIM). Alhasil, warga Desa Babakan, Kecamatan Kalimanah, Purbalingga, itu mendapat tindakan tegas dari polisi.

"Awalnya kita akan berikan teguran saja kepada pengendara sepeda motor tersebut. Namun saat diminta menunjukkan surat kelengkapan kendaraan, pengendara tersebut tidak mempunyai SIM maupun STNK," ujar Kapolsek Kalimanah, AKP Jaenul Arifin, Selasa, 18 Juli 2017.

Menurutnya, pemberian tilang dilakukan untuk memberikan efek jera sehingga pengendara sepeda motor tersebut tidak mengulangi lagi perbuatannya. Apalagi, pelanggaran yang dilakukan pengendara motor tersebut berlapis.

Motor bernomor polisi AG 5601 HH akhirnya diamankan di Polsek Kalimanah. Kedua pemuda yang berangkat untuk dapatkan SKCK akhirnya pulang berjalan kaki.

"Nantinya, pelanggar lalu lintas bisa membayar denda sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan serta harus dapat menunjukkan STNK untuk pengambilan barang bukti sepeda motor," kata Jaenul.

Meski ditilang, polisi masih berbaik hati. Kedua pemuda itu tetap bisa mengurus pembuatan SKCK.

Mudah-mudahan di daerah lain tidak ada lagi kejadian seperti ini ya om bro.


Avanza versi crossover. Apakah ini penantang Honda BRV?

Avanza adalah satu dari dua kembar siam dengan Xenia yang tahan lama dalam penjualan selalu mendapat angka paling tinggi setiap bulannya. Mulai keluar 2004 hingga saat ini sudah beberapa kali ganti wajah dan sellsu laku dipasaran.

Ada versi murah untuk pasar taksi dengan nama Avanza Transmover dan pasar export, ada juga versi mahalnya dengan mesin 1500cc yang dikenal dengan Avanza Veloz.
Avanza versi crossover. Apakah ini penantang Honda BRV?

Nah di ajang GIIAS tahun ini sepetinya ada yang baru dari versi Avanzanya, terlihat lebih gemuk dan sedikiti pajang dan tertulis dibagian plat nomornya TIGRE. Nah loh apakah Avanza akan mempunyai versi lainnya atau hanya konsep untuk pameran kali ini?

dilihat dari ground clearance sepertinya lebih tinggi dari avanza biasa, dilengkapi dengan fender berwarna hitam mengingatkan kita pada mobil honda HRV yang juga menggunakan fender. Lalu apakah Avanza Tigre ini adalah penatang bagi Honda BRV? Entahlah yang pasti sampai sekarang belum ada kabar rilisnya kapan. Mungkin hanya mobil konsep saja.


21 July 2017

serba-serbi. Inilah cuci motor steam paling mahal di dunia hanya ada di Indonesia.

Artikel serba-serbi kali ini adalah mengenai cuci motor paling mahal yang ada di dunia ternyata ada di Indonesia loh om bro. Cuci mobil biasanya kita paling murah 10 ribu paling mahal 100 ribu di tempat cuci motor kayak cafe plus ngopi dan pijat.heheh. Tapi di tempat cuci motor yang satu ini untuk 1 kali cuci motor adalah $8000 atau kalau dikalikan dengan Rp 13000 bisa mencapai angka 104 juta rupiah.




serba-serbi. Inilah cuci motor steam paling mahal di dunia hanya ada di Indonesia.
cuci motor termahal di Indonesia

Aduhai banget ya om bro harga cuci steamnya.