10 December 2015

Beginilah modif kendaraan yang sesuai dengan aturan dan ga kena tilang.

Dari kemaren masih aja rame soal modifikasi yang bakalan kena denda 24 juta. Berbagai pihak juga banyak yang kontra dengan adanya aturan ini, dari biker yang hobi turing sampe penyandang tuna daksa yang modif motornya menjadi roda 3. Bahkan berita sempet keluar juga kalau biker akan demo untuk aturan tersebut. weleh pie?

aturan modifikasi
Masa modif gini buat harian kan susah ya?
Kalo menurut IndoBlaze sih santai aja om bro, boleh aja modifikasi sesuka hati tapi harus sesuai penggunaanya dan tidak membahayakan pengguna dan pengguna jalan lainnya. Kecuali modif extrim, tentu niatan awalnya bukan buat harian, palingan buat kontes aja. Bener ga? lagian pasti ribet kalo mau dibuat harian.

Berikut IndoBlazer ambil dari rekan yg lebih berkompeten di bidangnya

Ada beberapa yang perlu diperhatikan saat kita memodifikasi motor yang legal di jalan raya. Pastikan beberapa hal berikut :
1. Spion tetap ada, berjumlah dua dan berfungsi.
2. Lampu depan, belakang, dan dua buah sein depan serta belakang ada dan safety.
3. Jika untuk kontest boleh saja semau anda berkreasi, tapi jika buat harian(daily use) wajib mematuhi peraturan lalu lintas.
4. Data pada motor sesuai STNK seperti Nomer Rangka, Nomer Mesin, Nomer Registrasi Kendaraan, Plat Nomer sesuai, Warna sesuai. Jika dirubah, harap melakukan registrasi ulang untuk mutasi.
5. Modifikasi yang tidak merubah kapasitas mesin, dimensi kendaraan, daya angkut tidak wajib melapor ke Kepolisian.
6. Aksesoris custom diperbolehkan asal tidak melanggar ketentuan UU dan ketentuan dari ATPM Produsen motor tersebut.
7. Knalpot aftermarket yang di pakai di jalan raya wajib dbKiller ataupun memiliki standart Road Legal serta tingkat kebisingan rendah.
8. Thailook adalah modifikasi yang tidak direkomendasikan pada sisi ban yang terlampau kecil, lebih cocok ke motor kontest.
9. Japstyle, Caferacer, dan aliran-aliran motor classic lainnya diperbolehkan asal Plat Nomer, Nomer Mesin, Nomer Rangka, Warna, sesuai STNK. Serta poin 1, 2, 3, 5, 7 wajib dipatuhi.
10. Motor Touring, tidak diperbolehkan berlebihan memakai lampu tembak, serta pemakaian box harus sesuai dengan dimensi motor dan tidak melebihi daya angkut motor.
11. Penggunaan stang super lebar tidak diperbolehkan jika melebihi dari 50mm jarak dari stang standart.
12. Semua motor yang dikendarai di Jalan Raya wajib pajak hidup.

Nah dengan 12 point diatas diharapkan ga jadi bahan ribut lagi nih aturan. Toh aturan juga dibuat untuk safety semuanya kok.

Monggo yang ga setuju dengan  12 point diatas ditunggu komengnya dibawah asal no caci maki karena caci maki hanya ketika akan tidur dan setelah main lumpur. wkwkwk
cmiww.

As informasi mengenai aturan modifikasi secara hukum.

Adapun mengenai modifikasi menurut Kententuan Pasal 1 angka 12 PP No. 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan (“PP No. 55/2012”), menjelaskan bahwa Modifikasi Kendaraan Bermotor adalah perubahan terhadap spesifikasi teknis dimensi, mesin, dan/atau kemampuan daya angkut Kendaraan Bermotor.


Setiap kendaraan bermotor yang dimodifikasi yang menyebabkan perubahan tipe berupa dimensi, mesin, dan kemampuan daya angkut akan dilakukan penelitian rancang bangun dan rekayasa Kendaraan Bermotor, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 52 ayat (1) UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (“UU No. 22/2009”) juncto Pasal 123 ayat (1) huruf b juncto Pasal 131 huruf (e) PP No. 55/2012. Adapun penelitian tersebut meliputi aspek:

1.    rancangan teknis;
2.    susunan;
3.    ukuran;
4.    material;
5.    kaca, pintu, engsel, dan bumper;
6.    sistem lampu dan alat pemantul cahaya; dan
7.    tempat pemasangan tanda nomor Kendaraan Bermotor.
 
Khusus mengenai modifikasi sebagaimana tersebut di atas hanya dapat dilakukan setelah mendapat rekomendasi dari agen tunggal pemegang merek. Dan yang berhak untuk melakukan modifikasi adalah bengkel umum yang ditunjuk oleh menteri yang bertanggung jawab di bidang industri. Hal ini diatur dalam Pasal 132 ayat (5) dan ayat (6) PP No. 55/2012.


Artinya, modifikasi kendaraan yang dapat dilakukan, antara lain:

-          modifikasi dimensi hanya dapat dilakukan pada perpanjangan atau pemendekan landasan (chassis) tanpa mengubah jarak sumbu dan konstruksi Kendaraan Bermotor tersebut;

-          modifikasi mesin dilakukan dengan mengganti mesin dengan mesin yang merek dan tipenya sama;
-          Modifikasi daya angkut hanya dapat dilakukan pada Kendaraan Bermotor dengan menambah sumbu bagian belakang tanpa mengubah jarak sumbu aslinya dan sumbu yang ditambahkan harus memiliki material yang sama dengan sumbu aslinya dan harus dilakukan perhitungan sesuai dengan daya dukung jalan yang dilalui.


Selain dari pada itu, merujuk pada Pasal 50 ayat (1) UU No. 22/2009 mensyaratkan bahwa setiap kendaraan yang dilakukan modifikasi dengan mengakibatkan perubahan tipe maka diwajibkan untuk dilakukan Uji Tipe. Uji Tipe dimaksud terdiri atas:

1.    pengujian fisik untuk pemenuhan persyaratan teknis dan laik jalan yang dilakukan terhadap landasan Kendaraan Bermotor dan Kendaraan Bermotor dalam keadaan lengkap; dan

2.    penelitian rancang bangun dan rekayasa Kendaraan Bermotor yang dilakukan terhadap rumah-rumah, bak muatan, kereta gandengan, kereta tempelan, dan Kendaraan Bermotor yang dimodifikasi tipenya.

Adapun Kendaraan Bermotor yang dimodifikasi sehingga mengubah persyaratan konstruksi dan material wajib dilakukan uji tipe ulang. Selain itu, dalam hal telah dilakukan uji tipe ulang kendaraan bermotor tersebut wajib untuk dilakukan registrasi dan identifikasi ulang, hal ini sesuai dengan ketentuan Pasal 50 ayat (3) dan ayat (4) UU No. 22/2009.

Persyaratan lain yang perlu untuk diketahui adalah setiap Modifikasi Kendaraan Bermotor tidak boleh membahayakan keselamatan berlalu lintas, mengganggu arus lalu lintas, serta merusak lapis perkerasan/daya dukung jalan yang dilalui, sebagaimana diatur dalam Pasal 50 ayat (2) UU No. 22/2009.


Selanjutnya, dalam hal kendaraan bermotor akan melakukan modifikasi maka wajib untuk mengajukan permohonan kepada menteri yang bertanggungjawab di bidang sarana dan prasarana lalu lintas dan angkutan jalan, sehingga apabila kemudian kendaraan dimaksud telah diregistrasi Uji Tipe maka instansi yang berwenang akan memberikan sertifikat registrasi Uji Tipe, dalam hal ini Kementerian Perhubungan.


Adapun Sertifikat Uji Tipe diterbitkan oleh menteri yang bertanggung jawab di bidang sarana dan prasarana lalu lintas dan angkutan jalan. Sedikitnya pada Sertifikat Uji Tipe nantinya memuat tentang identitas dari pemodifikasi dan hal-hal lain sebagaimana dimaksud dalam Pasal 129 ayat (1) PP No. 55/2012.


Berdasarkan hal-hal kami sampaikan di atas maka jelas bahwa setiap pihak yang hendak melakukan modifikasi atas kendaraan bermotornya, diwajibkan untuk memiliki izin atas modifikasinya sebagaimana dipersyaratkan dalam UU No.22/2009 dan PP No.55/2012.

Jika modifikasi dilakukan tanpa memiliki izin, maka berdasarkan Pasal 277 UU No.22/2009 pihak yang melanggar dapat dikenakan sanksi pidana berupa pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp24.000.000,00 (dua puluh empat juta Rupiah).
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
WA only : 0813822BLAZER (39343)
BBM : 53FB5271


ARTIKEL TERKAIT

77 comments :

  1. Info yang bermanfaat...
    Mau nanya juga neh... Klau cuma ganti bodi dari tiger revo ke cb klasik ribet gak urusannya untuk registrasi... Gak ada perubahan mesin dll... Bodi saja.. Mksh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau ngurus sih ga ribet bang.. Tapi ga diburus juga ga masalah bang yang penting jangan dibawa ke cirebon.wkwkwk

      Delete
  2. Info yang bermanfaat...
    Mau nanya juga neh... Klau cuma ganti bodi dari tiger revo ke cb klasik ribet gak urusannya untuk registrasi... Gak ada perubahan mesin dll... Bodi saja.. Mksh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ente mau ganti silahkan gampang kok ngurusnya.. Tapi kalo ga mau aman aman aja kok kondisi kayak gitu juga

      Delete
  3. Boleh info nya.sedikit modif warna Yamha Nmax apa modul seperti ini harus ganti tambah warna di STNK.
    Warna yg di rubah
    1 cover samping asli silver ganti gold
    2 sayap depan samping asli abu"ganti gold
    3behel blakng silver gold
    4 tutup lampu bljang pareasi gold
    5 tutup kenalpot dan pelek gold
    Kemren saya pas ke Lampung kena tilang dengan denda 500 rbu yg di masalahin warna kena surat"lengkap mohon info nya atau di wa 085215097777

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warna asli motor abu abu

      Delete
    2. Kalo bayangan saya ini motor udah jadi gold semua dan warna asli sudah sangat sedikit terlihat.
      Modif boleh asal warna asli masih ada sisa min50%.
      Begitu mas bro..

      Delete
  4. Oow.gitu ya minamal warna asli harus brapa pres ya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sisain minimal 30% bro warna aslinya.

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Warna asli sih hanya di robah sayap dpn aja Om.mungkin jga sih lbh banyak gold nya..ini juga mau ku robah warna lgi krna trauma waktu ke Lampung Om heee

    ReplyDelete
  7. Warna asli sih hanya di robah sayap dpn aja Om.mungkin jga sih lbh banyak gold nya..ini juga mau ku robah warna lgi krna trauma waktu ke Lampung Om heee

    ReplyDelete
  8. Mendingan balik warna asli aja mas bro.. Kalo mw modif ya tinggaling warna aslinya..

    ReplyDelete
  9. Velg depan racing supra fit ane speleng. Jadi ane ganti jd jari-jari sesuai standar honda. Apakah kena tilang juga? Depan jari2 belakang racing? Ukuran ban juga sesuai standar honda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Ngetes ane ya ente?
      Itu ga ga ngerubah bentuk bro, jalan aja lanjutkan kecuali lo lewat cirebon trus ketemu rajia. Siap2 aja..

      Delete
  10. Velg depan racing supra fit ane speleng. Jadi ane ganti jd jari-jari sesuai standar honda. Apakah kena tilang juga? Depan jari2 belakang racing? Ukuran ban juga sesuai standar honda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lanjutkan bro..
      Kecuali lo lewat cirebon dan ketemu rajia. Lewat hidup lo.

      Delete
  11. mas mau nanya kalau cuma ganti model dan bentuk wadah lampu dan speedo meter gimana? harus diurus juga ga ya?
    saya kan motornya revo, mau di ganti kepalanya jadi kaya scoopy/lebih classic

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal tidak menggangu dan tetap bisa dipakai dengan safety sepertinya boleh. Tapi saya ga bisa judgement sih.
      Yang penting aman dan tidak berlebihan om bro.

      Delete
  12. Mau nanya mas , kalo menambahkan body tumpuk aja dan menambahkan beberapa aksesoris lampu apa diperbolehkan mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak bisa judgement.
      Yang penting tidak menggangu untuk keselamatan berkendara dan orang lain sepertinya boleh.
      Dan tidak berlebihan.

      Delete
  13. Mau nanya mas , kalo menambahkan body tumpuk aja dan menambahkan beberapa aksesoris lampu apa diperbolehkan mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak bisa judgement.
      Yang penting tidak menggangu untuk keselamatan berkendara dan orang lain sepertinya boleh.
      Dan tidak berlebihan.

      Delete
  14. Pertanyaan
    1. Kalau ganti model lampu siren depan (motor sport) apakah itu merubah dimensi, dan haruskah mengganti STNK?
    2. Kalau penambahan accessories (holder phone, etc) apakah merubah dimensi dan haruskah ganti STNK?
    3. Kalau ada razia (misal di cirebon) dan knalpot kita enggak standart, nilai kebisingan normal/aman apakah nanti kena tilang? Dan haruskah ganti STJK?
    4. Apakah melakukan nomor 1 & 2 tanpa merubah stnk akan terkena tilang (misal razia di cirebon / daerah lainnya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah nguji atau nanya nih bro?
      1. Selama ga mengganggu berkendara boleh saja.
      2. Apakah menambah holder menambah dimensi? selama meletakan tidak menggangu berkendara boleh saja, kecuali anda menggunakan holder buat tablet 10" di motor.
      3. apakah ada beruntung atau tidak saja.! ketika anda ditilang karena knalpot tidak standar, coba anda tanyakan ke pak pol berapa db tingkat kebisingan yang diperbolehkan, lalu bandingkan dengan motor besar punya pak pol nya.
      4. Tidak. Tapi kembali ke lucky atau ga lucky anda saja.
      mudah-mudahan jawaban saya bisa bermanfaat untuk anda.

      Delete
  15. Saya berniat modifikasi honda grand atau prima menjadi c70, itupun hanya bagian ekor (spakbor) dan stang berikut lampunya. Yang lain tetap asli grand atau prima. Apakah harus lapor dan rubah stnk ? Mohon petunjuk para expert sekalian..terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalanin aja tanpa rubah stnk. Kan cuma belakangnya aja bukan rubah total.

      Delete
  16. Terimakasih atas masukkannya Pak Yosep..monggo para expert yg lain ditunggu masukkannya...suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 terima kasih sudah mampir bang.

      Delete
  17. Thanks Infonya mas..
    Gimana Kalau modif Vixion 2014 jadi r25 atau r6 ??
    Tapi mesin,warna sm knalpot standart
    Itu Ngerubah Dimensi ?
    Apakah stnk harus jg di rubah??

    Karena Fisik uda r25 tp di stnk vixion..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngerubah dimensi. Tapi masih aman dipakai dan aman dari tilang.

      Delete
  18. son solidrifar15 October, 2016

    motor asli legenda, dirubah total jdi honda monkey, hanya diambil no rangka n mesin nya, apa itu bisa kna tilang? jika kena tilang, sya minta solusi nya. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik urus surat ganti dimensi udah beda bang. Bentuk juga total sudah berubah.

      Delete
  19. Mas ane mau tanya, motor ane cs1 shock breaker depan mau di ubah pake punya byson dan tangki yg semula di bawah jok ane mau pasang di tangah, model jadi cb klasik

    Nah pertanyaannya apakah melanggar? Dan bagaimana ngurusin izinnya
    Ane gak ngubah mesin cuma ngubah yg tadi ane bilang aja,, mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama bentuk awalnya masih terlihat tetap santai bawa aja normal.

      Delete
  20. Bang..
    1.klo ganti lampu depan satria fu 150 fi dengan lampu eagle eyes kena tilang gk..?
    2.spakboard blakang di lepas di ganti kek moto gp boleh..?
    3.klo salah satu plat nomor tidak di pasang bagaimana..?
    4.ada batas untuk menambahkan stiker(biasa) ..?
    5.last.. Hehe.. Cara simple bedain razia resmi sama non resmi(polisi yg suka damai.. Hehe) gmn..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Angle eyes kali? kalo iya sama saya juga mau tanya itu XD

      Delete
    2. Iye bang.. Angel eye.. :v

      Delete
    3. No 12 boleh.
      No 3 harus tetap dipasang dua duanya.
      No 4 yang penting warna sesuai stnk.
      No 5 resmi ada pemberitahuan didepan sebelum lokasi.

      Delete
  21. Kalo scrambler kan harus potong sasis tapi ngga sampe ngerubah dudukan shock itu boleh ngga sih ? Terus ngerubah body atas semua kaya arm shock depan lampu tangki bodi belakang ban velgtetep boleh kah ? Makasih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Basic nya motor apa?
      Sisakan 50% kondisi dan warna motor.

      Delete
  22. kalao motor mx di rubah sock depan jadi trail klx dan arm belakangnya di buat lebih tinggi biar egk nyangkut di jalan lobang apakah kena tilang?.....
    karena faktor ekonomi dan harga motor trail harga 20 keatas rencanya saya mau modif motr mx ane menjdi trail karena faktor jalan yang saya lallui 10km aspal 50km jalan aspal rusak berlobang n terkdang bercampur tanah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting bentuk dan warna mx disisakan.

      Delete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Bang mau tanya, motor ane kan megapro mau modif body cb kan motor motong rabgka belakang, ganti tanki juga, tapi nomor rangka dan mesin sama dengan STNK, apakah aman kalau ada tilangan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara bentuk ga amaN karena udah berubah bentuk dari mega pro ke cb style. Tapi kalau kelengkapan keselamatan masih ada no problem.
      Surat surat juga jelas dan hidup.

      Delete
  25. Kalo motor ruby jadi harley itu melanggar gak y trima kasih sebelum nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara bentuk kan masih sama bang..
      Ruby itu 11-12 dengan harley cuma beda di mesin aja. I think is no problem.

      Delete
  26. 1. Ganti lampu projie pada honda vario 150?
    2. Pasang lampu sorot U7 tapi dinyalakan waktu touring saja
    3. Ganti warna full body pakai rubber paint ( cat yang bisa dikupas jika sudah bosan )
    4. Ganti bohlam sein dan stoplamp dengan Led
    5. Pakai klakson mobil (denso disc yg suaranya kaya' innova)
    6. Ganti ban yang agak lebar dari aslinya velg bawaan ( ban belakang asli 90/90 r14 dan ban depan asli 80/90 r14 diganti dengan ban belakang modif 120/70 r14 dan ban depan modif 90/80 r14.

    Hal diatas boleh dilakukan atau tidak?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Ganti lampu projie pada honda vario 150? Boleh
      2. Pasang lampu sorot U7 tapi dinyalakan waktu touring saja = boleh
      3. Ganti warna full body pakai rubber paint ( cat yang bisa dikupas jika sudah bosan ) = asal sesuai warnanya dengan STNK no problem
      4. Ganti bohlam sein dan stoplamp dengan Led = tidak boleh membuat silau pengendara di belakang
      5. Pakai klakson mobil (denso disc yg suaranya kaya' innova) = boleh
      6. Ganti ban yang agak lebar dari aslinya velg bawaan ( ban belakang asli 90/90 r14 dan ban depan asli 80/90 r14 diganti dengan ban belakang modif 120/70 r14 dan ban depan modif 90/80 r14. = boleh.

      Diperbolehkan asal tidak menganggu keselamatan diri sendiri dan orang lain

      Delete
  27. 1. Ganti lampu projie pada honda vario 150?
    2. Pasang lampu sorot U7 tapi dinyalakan waktu touring saja
    3. Ganti warna full body pakai rubber paint ( cat yang bisa dikupas jika sudah bosan )
    4. Ganti bohlam sein dan stoplamp dengan Led
    5. Pakai klakson mobil (denso disc yg suaranya kaya' innova)
    6. Ganti ban yang agak lebar dari aslinya velg bawaan ( ban belakang asli 90/90 r14 dan ban depan asli 80/90 r14 diganti dengan ban belakang modif 120/70 r14 dan ban depan modif 90/80 r14.

    Hal diatas boleh dilakukan atau tidak?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Ganti lampu projie pada honda vario 150? Boleh
      2. Pasang lampu sorot U7 tapi dinyalakan waktu touring saja = boleh
      3. Ganti warna full body pakai rubber paint ( cat yang bisa dikupas jika sudah bosan ) = asal sesuai warnanya dengan STNK no problem
      4. Ganti bohlam sein dan stoplamp dengan Led = tidak boleh membuat silau pengendara di belakang
      5. Pakai klakson mobil (denso disc yg suaranya kaya' innova) = boleh
      6. Ganti ban yang agak lebar dari aslinya velg bawaan ( ban belakang asli 90/90 r14 dan ban depan asli 80/90 r14 diganti dengan ban belakang modif 120/70 r14 dan ban depan modif 90/80 r14. = boleh.

      Diperbolehkan asal tidak menganggu keselamatan diri sendiri dan orang lain

      Delete
  28. Mas aku dari grand ubah ke c70 warna tetap sama stnk, rubah bentuk dari grand ke pitung / c70 harus rubah stnk juga? Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya ga usah mas bro, secara bentuk sama sama bebek.
      Cmiww

      Delete
  29. Mas aku dari grand ubah ke c70 warna tetap sama stnk, rubah bentuk dari grand ke pitung / c70 harus rubah stnk juga? Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya ga usah mas bro.. Bentuk ga beda jauh sama sana bebek.
      Semoga membantu.

      Delete
  30. Mas motor ane mio soul mau ganti velg 17 ukuran ban 1.15 semua depan belakang. Kira2 aman ga mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jelas ga aman.
      Ring nambah gede dan pake ban cacing keselamatan berkendara bisa hilang om bro. Thailook cocok untuk kontes bukan buat harian.

      Delete
  31. Mas kalau ganti footstep jadi underbone boleh ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh. Tapi dari segi kenyamanan dan keselamatan berkurang.
      Ergonomis kaki juga terganggu.

      Delete
  32. mas kalau motor f1zr ganti body jupiter full, gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga masalah sih, body tetep bebek. Selama nosin dan noka akur sama STNK ga masalah mas bro.

      Delete
  33. Mau tanya boss... kalo mwrubah warna menjadi warna modifikasi atau kombinasi bisa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya bukan jasa bang..
      Untuk merubah warna silahkan ajukan perubahan warna kendaraan di samsat setempat. lebih mudahnya saat ganti STNK atau plat baru aja.

      Delete
  34. Mau tanya boss saya kan mau memodifikasi motor tiger 2000 nahh saya mau rubah menjadi stelan bobber/japstyle nahh apakah itu melanggar aturan dan apakah itu akan kena tilang kalau ada razia, apa perlukah rubah stnk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara dimensi memang merubah body aslinya bro. Silahkan lengkapi kelengkapan surat-suratnya dengan mengajukan perubahan bentuk dari kendaraan kita, minimal lengkapi kelengkapan berkendara dulu agar tidak kena tilang (SIM, STNK,Lampu, spion, sein, speedometer harus ada)
      Selebihnya jika mau diuruskan silahkan, tapi jika tidak lengkapi saja untuk diperjalan semua hal yang saya sebutkan diatas.

      Delete
  35. Mau tanya boss saya kan mau memodifikasi motor tiger 2000 mau saya rubah jadi stelan bobber atau japstyle apakah itu melanggar aturan dan apakah itu akan kena tilang haruskah rubah stnk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara dimensi memang merubah body aslinya bro. Silahkan lengkapi kelengkapan surat-suratnya dengan mengajukan perubahan bentuk dari kendaraan kita, minimal lengkapi kelengkapan berkendara dulu agar tidak kena tilang (SIM, STNK,Lampu, spion, sein, speedometer harus ada)
      Selebihnya jika mau diuruskan silahkan, tapi jika tidak lengkapi saja untuk diperjalan semua hal yang saya sebutkan diatas.

      Delete
  36. Saya mau tanya saya kan mau memodifikasi motor tiger 2000 saya jadi stelan bobber/ japstyle apakah itu akan melanggar aturan dan apakah akan kena tilang, haruskah rubah stnk??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara dimensi memang merubah body aslinya bro. Silahkan lengkapi kelengkapan surat-suratnya dengan mengajukan perubahan bentuk dari kendaraan kita, minimal lengkapi kelengkapan berkendara dulu agar tidak kena tilang (SIM, STNK,Lampu, spion, sein, speedometer harus ada)
      Selebihnya jika mau diuruskan silahkan, tapi jika tidak lengkapi saja untuk diperjalan semua hal yang saya sebutkan diatas.

      Delete
  37. Saya mau tanya saya kan mau memodifikasi motor tiger 2000 saya jadi stelan bobber/ japstyle apakah itu akan melanggar aturan dan apakah akan kena tilang, haruskah rubah stnk??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara dimensi memang merubah body aslinya bro. Silahkan lengkapi kelengkapan surat-suratnya dengan mengajukan perubahan bentuk dari kendaraan kita, minimal lengkapi kelengkapan berkendara dulu agar tidak kena tilang (SIM, STNK,Lampu, spion, sein, speedometer harus ada)
      Selebihnya jika mau diuruskan silahkan, tapi jika tidak lengkapi saja untuk diperjalan semua hal yang saya sebutkan diatas.

      Delete
  38. Mau tanya boss saya kan mau memodifikasi motor tiger 2000 nahh saya mau rubah menjadi stelan bobber/japstyle nahh apakah itu melanggar aturan dan apakah itu akan kena tilang kalau ada razia, apa perlukah rubah stnk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara dimensi memang merubah body aslinya bro. Silahkan lengkapi kelengkapan surat-suratnya dengan mengajukan perubahan bentuk dari kendaraan kita, minimal lengkapi kelengkapan berkendara dulu agar tidak kena tilang (SIM, STNK,Lampu, spion, sein, speedometer harus ada)
      Selebihnya jika mau diuruskan silahkan, tapi jika tidak lengkapi saja untuk diperjalan semua hal yang saya sebutkan diatas.

      Delete
  39. halo.
    tanya. motor saya supra x, rencana ingin saya rubah saya beri tangki cb. apa itu termasuk merubah dimensi? saya masih ragu.
    tolong dong, saya minta dijelaskan prosedur registrasi ulang / uji tipe kendaraan itu seperti apa kira-kira? saya kepengen jadi pemodif yang taat hukum hehehe..
    terimakasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jelas merubah dimensi dan bentuk brow.
      Bentuk awalnya bebek lalu mau dibuat motor CB, walaupun secara rangka dan mesin sama dengan STNK tapi bentuk sudah berubah, lebih baik urus surat untuk modifikasi bentuknya. Apalagi nanti mungkin akan merubah warna aslinya juga.
      Semoga membantu.

      Delete

- [Order part dan aksesoris Blazer 081382239343 / 53FB5271]-
Untuk berdiskusi sehat, Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar.
Terima kasih.