--> Skip to main content

Ayo kita mengintip tehnologi canggih otomotif yang akan booming di tahun 2016.

tehnologi yang booming di 2016
Interior premium car
IndoBlazer mengawali tulisan di awal 2016 dengan tinjauan jauh kedepan mengenai tehnologi otomotif yang akan booming atau akan keluar di tahun 2016. Walaupun kebanyakan masih dalam bentuk prototive, tapi setidaknya gambaran akan hebatnya tehnologi ini sudah didepan mata.

Tehnologi keren ini memang masih didominasi oleh pabrikan otomotif Eropa, pabrikan Jepang dan 1 dari Korea. Informasi yang IndoBlazer ambil dari majalah Forbes, inilah 12 tehnologi otomotif yang akan diluncurkan dan booming di tahun 2016.


Fitur-fitur canggih tersebut antara lain:

1. Tesla Autopilot
Perusahaan mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla siap meluncurkan sistem Autopilot teranyar yang diterapkan pada produknya Tesla Model S.
Fitur ini berfungsi agar secara otomatis dapat menjaga kendaraan tetap stabil di jalurnya. Selain itu, mobil ini mampu mengatur kecepatan dengan menggunakan traffic-aware cruise control. Mobil juga telah dilengkapi change lanes automatically yakni bisa mengubah sendiri jalurnya.

2. BMW Active Driving Assistant Plus
Fitur Active Active Driving Assistant memang didesain ulang pada BMW Seri 7. Fitur ini secara otomatis dapat membantu menjaga mobil tetap fokus di jalurnya walaupun kecepatan mencapai 130 mph atau sekitar 215 km/jam.

3. Honda LaneWatch
Fitur LaneWatch ini semakin digencarkan Honda seperti yang kini akan disematkan pada Honda CR-V dan HR-V pada 2016. Dengan fitur ini, pengemudi mampu melihat sudut-sudut blind spot yang disebabkan pilar mobil.
Pengemudi dapat menggunakan LaneWatch berkat bantuan beberapa kamera pengintai yang mampu merekam kondisi sekitar. Fitur ini juga telah disematkan pada Honda Accord.

4. Ford Self-Washing Front/Rear Cameras
Fitur ini disematkan pada mobil SUV (Sport Utility Vehicle) Ford Edge dan Explorer. Fitur yang dilengkapi kamera wide angle depan dan belakang ini mampu melihat kondisi depan-belakang mobil hingga 180 derajat.

5. Cadillac Rearview Camera Mirror
Sedan mewah Cadillac CT6 terbaru kali ini akan dipasangkan menggunakan teknologi terbaru yang disebut GM Live Streaming Rear View Mirror.
Kelebihan fitur ini, spion kaca tengah yang dapat melihat ke belakang berubah menjadi kaca digital. Dengan ini pandangan menjadi lebih luas dan melebar.
Dengan fitur ini, setidaknya visibilitas menjadi lebih meningkat 300 persen dibandingkan dengan spion kaca pada umumnya.

6. Chevrolet/Cadillac Performance Data Recorder
Di tahun ini, Chevrolet juga akan menyematkan fitur anyarnya pada mobil Corvette dan Cadillac CTS-V berupa Performance Data Recorder. Fitur ini akan merekam setiap peristiwa dengan menggunakan kamera video dan mampu menyimpan data dengan menggunakan SD hingga 32 GB.


7. BMW iDrive with Gesture Control
Satu lagi fitur canggih yang dibuat BMW yang akan disematkan pada BMW Seri 7 di 2016 yaitu, Gesture Control.
Bak seorang raja, fitur ini dapat dioperasikan tanpa menyentuh panel alias bisa digerakkan dengan tangan atau jari untuk mengendalikan sejumlah tampilan yang ada pada dasbor.

8. Chevrolet Teen Driver
Sedan Chevrolet Malibu 2016 akan menawarkan fitur anyar ini yang pada intinya sangat membantu para orang tua agar tak khawatir ketika anaknya mengendara mobil.
Fitur ini mampu memantau pengendara yang juga dapat ditampilkan berupa sebuah data laporan di layar dasbor, termasuk ketika mengemudi sangat cepat, atau memberikan informasi mengenai kecepatan maksimum.
Bahkan, fitur ini juga dapat mematikan suara sistem audio jika penghuni kursi depan tidak mengenakan sabuk pengaman.

9. Apple Car Play/Android Auto
Setiap mobil ataupun truk yang meluncur di 2016 akan mendapatkan kesempatan menggunakan fitur Apel CarPlay ataupun sistem Android Autoconnectivity.
Fitur yang dibuat Apple dan Google ini membantu pengendara dapat melakukan aktivitas mengemudi maupun tetap berhubungan dengan orang lain, baik melakukan panggilan, mengirim dan menerima pesan, mendengarkan musik, serta akses memilih aplikasi melalui layar atau perintah suara. Aplikasi ini memang berfungsi sebagai media penghubung antara smartphone dengan mobil.

10. Smart Cross Connect
Fitur terbaru yang satu ini diciptakan pada Smart ForTwo microcar berupa sistem Cross Connect  yang memungkinkan pemilik Apple maupun Android dapat terhubung dengan mobil menggunakan adjustable cradle.
Dengan fitur ini, pengguna ponsel mampu mengontrol audio streaming, navigasi akses, display car ataupun informasi perjalanan serta mampu mencari ruang parkir.

11. Hyundai Smart Power Liftgate
Hadir sebagai mobil buatan Korea Selatam di 2016, Hyundai tak kalah menciptakan fitur anyar berupa Smart Power Liftgate/Trunk.
Fitur ini memungkinkan pemilik untuk mengaktifkan fitur pembukaan pintu belakang otomatis hanya dengan cara berdiri beberapa detik di belakang kendaraan, dengan kunci berada di saku atau tas.

12. BMW Key Fob Remote Parking
Fitur inovasi terbaru ini kembali diciptakan BMW untuk mobil BMW Seri 7 berupa Key Fob Remote Parking.
Fitur anyar ini memang terletak pada kunci mobil yang menampilkan sebuah layar video kecil. Kecanggihan fitur ini tak lain karena pemilik mobil dengan jarak cukup jauh mengendalikan mobil ketika akan dimaksudkan ke garasi atau tempat parkir yang sangat sempit.

Gimana om bro? Terdengar keren-keren kan fitur otomotif tahun 2016 ini. Dan memang fitur ini untuk mobil-mobil premium, bukan dan kemungkinan kecil untuk ada di mobil murah LCGC.

Kita tunggu aja releasenya semua tehnologi tersebut.
Cmiww.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
WA only : 0813822BLAZER (39343)
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar