05 January 2016

Mengenal apa itu turbo, fungsi dan manfaat menggunakan turbo pada mobil anda.

turbo
Apa sih keuntungan menggunakan turbo pada kendaraan anda?
Turbo adalah perangkat yang dulu hanya ada di kendaraan dengan kegunaan balap saja. Tapi sekarang sudah banyak pabrikan yang menggunakan turbo untuk kendaraan harian. Dan biasanya kendaraan yang menggunakan turbo ini adalah menggunakan mesin lebih kecil dari mesin non turbo.

Tapi apa itu turbo dan apa keuntungannya menggunakan turbo?
Perangkat turbo biasanya membantu daya tambahan pada kendaraan. Sebuah turbo secara signifikan bisa meningkatkan tenaga mesin tanpa meningkatkan bobot kendaraan secara signifikan.

Seperti IndoBlazer kutip dari laman Detik.com dan Carwow, Selasa (5/1/2016), mesin konvensional membutuhkan pencampuran bahan bakar dan udara untuk bekerja. Perangkat turbo bertugas untuk memaksa lebih banyak lagi asupan udara ke dalam silinder mesin yang bisa dicampur dengan bahan bakar sehingga menghasilkan tenaga lebih.

Turbo menggunakan energi dari gas buang mesin untuk menempatkan udara ke dalam mesin. Perangkat turbo ini terdiri dari dua bagian utama yaitu turbin dan kompresor. Keduanya berkaitan erat, ketika salah satunya berputar, yang lainnya juga ikut berputar.

Saat bahan bakar dalam mesin terbakar, gas buang dipaksa keluar dari mesin pada tekanan tinggi, selanjutnya sebuah tabung memutar turbin. Turbin ini berputar pada kecepatan yang sangat tinggi, bahkan sampai 250.000 RPM dan menyebabkan kompresor ikut berputar.

Hal itu menyebabkan aliran udara lebih banyak masuk ke dalam mesin daripada mesin non-turbo. Alhasil, tenaganya lebih besar.

Turbo bekerja pada kecepatan yang sangat besar. Artinya, perangkat ini beroperasi di bawah tekanan dan suhu tinggi.

Untuk mencegah risiko, biasanya intercooler dipasangkan dengan turbocharger untuk mendinginkan udara. Dan, sistem minyak pendingin juga memastikan turbo tidak bekerja terlalu panas.

Memang, tenaga yang lebih besar merupakan keuntungan penggunaan turbo yang paling umum. Namun, kelebihan tenaga tersebut sebenarnya merupakan satu dari sekian keuntungan lainnya.

Keuntungan lainnya dari mesin turbo adalah efisiensi bahan bakar. Mesin turbo bisa menghasilkan tenaga yang sama dengan mesin non-turbo (biasa disebut normally-aspirated). Namun, dengan tenaga yang sama tersebut, bahan bakar yang digunakan justru lebih sedikit.
sistem turbo

Karenanya, banyak pabrikan yang mengganti mesin yang lebih besar menjadi mesin kecil namun dilengkapi dengan turbo. Ford misalnya, pabrikan itu telah menggantikan mesin bensin 1.6 liter dengan mesin 1.0 liter turbo. Hal itu menghasilkan power yang sama namun lebih irit bahan bakar.

Turbo juga memberikan torsi yang lebih besar. Biasanya, torsi sudah tersedia di putaran mesin rendah.
diagram turbo

Tak hanya itu, turbo bisa membuat kinerja mesin lebih senyap, sehingga berkendara lebih nyaman. Sebab, dengan adanya turbo, biasanya suara dari intake bisa diredam.

Dan informasi saja, bahwa turbo ini sendiri untuk pemasangannya sangat mahal, bisa seharga blazer second. hehehe
Cmiww
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
WA only : 0813822BLAZER (39343)
BBM : 53FB5271


ARTIKEL TERKAIT

No comments :

Post a Comment

- [Order part dan aksesoris Blazer 081382239343 / 53FB5271]-
Untuk berdiskusi sehat, Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar.
Terima kasih.