--> Skip to main content

Ayo kita mengenal fungsi dari Crankshaft posision sensor (CKP). Penting dan wajib dibaca.

IndoBlazer kali ini akan membagikan kembali ilmu yang barusan didapat dari FBI. Inilah akibat saya jarang kuliah di FBI, banyak ilmu yang hanya bisa saya like dulu dan baru bisa share setelah beberapa hari kemudian. Materi kuliah kali ini mengenai sensor CKP (Crankshaft Posision).
sensor ckp

Sensor bertugas memberi signal ke ECU tentang keberadaan TMB dan TMA.
ECU akan memerintahkan injector untuk fuel delivery dan juga memerintahkan kepada ICM waktunya pengapian di busi..
Kegagalan dari CKP dapat membuat engine tidak hidup karena tidak ada pengapian dibusi sama sekali,atau engine mberebet karena fuel delivery tidak sesuai dengan yg dibutuhkan.
diagram CKP

Dulu si Hitam juga pernah mengalami hal yang menakutkan, karena mobil tidak bisa distater, seperti tidak ada bensin, seperti tidak ada pengapian. Awal dari pulang kampung si Hitam kok dijumper-jumper sama bengkel rumahan disana, kabel stater dipake buat jumper kipas biar ikutan nyala ketika kontak on, hasilnya aki menjadi tekor. Mobil nyala tapi harus didorong.

Karena ga mau penyakit si Hitam lama-lama akhirnya dibawa ke bengkel untuk dibenerin, suhu normal di 103 baru kipas nyala. OK done. Pas mau dibawa pulang tuh mobil ga bisa stater. Orang bengkel aja ga ngasi solusi, entah karena ada stiker beda bendera kali ya. Entahlah.!
Setelah dicoba beli aki baru tetep ga nyala, dan karena iseng-iseng di utak atik sensor-sensor di mesin, nyala tuh mesin. Allhamdulillah!

Nyata oh ternyata tuh si Hitam soket sensor CKP sudah patah, jadi tidak nyambung alias lepas dari dudukannya. Walah..! ini juga ketahuan pas udah dirumah , sampe depan rumah pas mau dinyalain lagi ga bisa dan setelah Dr Andi datang cuma dipegang CKP langsung jreng.

Nah karena pentingnya sensor CKP ini alangkah baiknya kita mengetahui fungsi dari Sensor CKP ini. Karena cek busi, koil dan fuel pump juga kalau CKP mati ya tetep aja mati nih mobil.

Demikian ilmu kecil ini semoga bermanfaat untuk kita semua. 

Letak CKP dibawah.
posisi ckp
Letak di atas.
posisi ckp

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
WA only : 0813822BLAZER (39343)
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar