Skip to main content

Keunggulan dan kelemahan mobil blazer

Setelah 2 tahun menggunakan Mobil Blazer mungkin saatnya saya mengulas mengenai keunggulan dan kelemahan dari mobil Blazer ini agar yang ingin mempunyai Blazer lebih punya bayangan kedepannya.

Keunggulan Mobil Blazer

1. Murah
Dibandingkan dengan semua SUV yang ada di Indonesia, saya piikir Blazer adalah yang termurah dengan rentang harga 40-80 juta kita bisa mendapatkan sebuah mobil SUV yang siap mengantar anda keliling Indonesia dengan mesin bandelnya.


2. Model tidak Kuno
Mobil Blazer modelnya tidak kuno
Mobil Blazer modelnya tidak kuno
Coba perhatikan dari pertama keluar 1996 sampai 2003 mobil Blazer, modelnya sama cuma beda aksesoris dan lampu aja, ini menunjukan bahwa model yang dipakai oleh General Motor untuk membuat mobil ini adalah mengikuti perkembangan jaman disana (eropa).  Lalu keluarlah model baru mulai 2003 dengan nama Blazer Samba dengan model lampu yang bebeda dan body samping belakang menggelembung.
Blazer SLi


Blazer Mata Belo

Blazer mata Sipit

Blazer samba
Bandingkan dengan mobil SUV atau mobil lain yang keluar tahun 1995 tentu masih mempunyai model kotak dan belum menggunakan mesin injeksi. Dulunya dipakai oleh orang-orang berduit yang pake serta bebrapa unit untuk kendaraan operasional aparat pemerintah.

3. Mesin Injeksi.
Mesin Blazer sudah Injeksi dari Gen awal
Mesin Blazer sudah Injeksi dari Gen awal

Seperti poin diatas, model yang modern dan menggunakan mesin injeksi membuat Blazer mempunyai daya konsumsi yang bisa ditekan iritnya (asal kaki om sekolah sampe sarjana dulu). Bandingkan dengan Nissan Terano, Daihatsu Taft, Toyota Landcruiser, Hardtop dan SUV lainnya, hanya Blazer yang menggunakan mesin injeksi.

4. Spare Part awet
Sparepart Blazer lebih awet
Balljoin Blazer Ori GM, Awet

Terkenal dengan spare part yang susah dan mahal membuat mobil blazer mengalami penurunan harga melebihi mobil lainnya. itu dulu. Jaman sekarang mau ganti Spare Part apa aja, Aksesoris apa aja, Modif model gimana juga bisa karena semuanya sudah banyak dipasaran. Mau spare part Asli GM ada, KW banyak dan yang Handmade juga banyak asal ada duit. hehehe. Bandingkan dengan mobil jepun, walaupun sparepart melimpah juga tapi kualitas dan lifetime jauh beda. Misalnya sparepart kebo harganya 500ribu dan mobil jepang cuma 300ribu tapi lifetime mobil jepang paling lama 3 tahun harus ganti tapi blazer bisa tahan > 6 tahun. contoh nyata adalah Blazer saya, saya liat banyak spare part asli masih nempel dan mesin masih OK.

5. Tenaga Kebo, Kuat
Bukti kalau Blazer bisa diajak Offroad dan main Lumpur
Blazer main Lumpur, OK!

Dengan mesin ber cc 2200 memungkin kan mobil Blazer mampu menempuh berbagai medan kecuali lumpur dalam dan air dalam (kecuali sudah modif offroad). Jadi jangan khawatir dengan jalan-jalan ke puncak bakalan ga kuat nanjak. DIJAMIN kuat. Medan semi Offroad juga bisa di hajar dengan Blazer. Seperti gambar diatas, terbukti kalau Blazer ga cuma kuat buat nanjak, diajak Offroad dan main lumpur juga bisa kok.

6. Pajak Murah
Walaupun bayar setahun sekali dan bisa dibilang murah, Blazer mempunyai range Pajak 900 ribu-1,2 juta karena di STNK dan BPKB termasuk kedalam minibus. Tapi Blazer saya sudah mau 3 tahun saya matikan pajaknya. hahaha
Update : Blazer saya sudah mutasi dan balik nama sekalian bayar pajak dengan biaya 8 juta 500 ribu. Jadi sekarang sudah jadi Kebo Lancar jaya tanpa denda tanpa nunggak pajak. Taat Pajak uy.
Pajak mobil blazer
Pajak Blazer lebih murah dibandingkan mobil lain di cc 2000-an


7. Gampang di Modif.
Blazer adalah SUV dengan body bongsor membulat, tentunya ini akan lebih aerodinamis dalam perjalanan. Dan Blazer ini mau modif 4x4 off road atau jadi kebo kota yang blink-blink juga bisa. cocok untuk modif apa aja. Kabin luas juga memungkinkan untuk membuat mini bar didalamnya dan soundsistem super dahsyat.
Blazer Modif Elegant
Blazer Modif Elegant

Blazer modif ceper
Blazer modif ceper
Blazer modif jadi double kabin
Blazer modif jadi double kabin

Blazer modif off road like, POLICE
Blazer modif off road like, POLICE


8. Nyaman
Intip interior Blazer
Intip interior Blazer

Suspensi yang empuk, kabin senyap dan luas membuat kita nyaman didalamnya. Kenyamanan mobil Blazer yang harga beli dulunya 260 jutaan itu, walaupun sekarang murah bisa setara dengan mobil sekarang yang 300 jutaan. Ayoo bandingkan, mau murah 60 juta tapi badan nyaman ato mendingan beli mobil mahal 100jutaan tapi ga nyaman?

Setelah keunggulannya, tentu saya harus menuliskan kelemahannya juga dong, biar mikir-mikir beli Blazernya makin mateng.

Kelemahan Mobil Blazer

1. Harga Jual Murah
Blazer adalah mobil murah
Tapi ga murahan kayak gini, ini Penipu

Kalo kita mau beli memang murah dan terjangkau, tapi ketika kita akan jual lagi harganya mungkin bisa hampir setengahnya hilang dan tentunya susah menjualnya kecuali memang mobilnya mulus bener dan sudah siap pakai. Sekedar info ringan dan sudah biasa, dimata orang kita mobil eropa mempunyai nilai jual yang buruk, sehingga mempengaruhi pasar padahal dari segi model, kekuatan dan tehnologi masih lebih dibanding jepun punya.

2. Spare Part Mahal
Sparepart Mobil Blazer diganti dengan mobl lain
Sparepart ORI mahal? Pake pengganti saja
Mahal memang lebih mahal dibanding mobil jepun, tapi sesuai poin kelebihan diatas tentunya lebih awet. Spare part mahal juga adalah pemikiran masa lalu, sekarang sudah banyak orang jual Original GM atau KW. (hubungi saya jika butuh spare part Blazer)

3. Boros
Blazer mobil Boros
Blazer mobil Boros

Pandangan orang mempunyai mobil selain mewah adalah irit. Jangan pernah bandingkan dengan mobil sejuta umat Blazer ini karena dari cc jelas berbeda. Dan saya pikir keborosan bensin adalah hal wajar untuk mobil SUV 2200 cc dan berat 2 ton. Effisiensi bensin pada Blazer adalah 1:7-9 km/L dalam torsi maksimun di RPM 3500.

4. Tidak tahan panas
Blazer tidak tahan panas adalah Gosip
Radiator Blazer

Katanya tidak tahan panas? itu dulu, persepsi orang yang menggunakan mobil jepang karena takut dengan panas mesin, padahal mesin blazer ini diseting untuk tahan panas hingga 103 derajat dan exfan akan menyala turun hingga 80 derajat. Tapi berjalan dengan pengetahuan orang-orang pecinta Blazer, sekarang sudah banyak di jumper dengan 90 derajat exfan on. Artinya bukan tidak tahan panas, tapi memang mobil ini diseting untuk panas segitu. Power tetap kuat kecuali ada kerusakan.

5. AC tidak dingin

AC Blazer tidak dingin. Entah betul atau tidaknya, karena saat penulis membeli Blazer kondisi sudah bukan Ori lagi. Sekarang rata-rata umur Blazer sudah diatas 10 tahun, dan usia Kompressor aslinya dengan merek Delphi mahal (3 jutaan) sudah banyak yang diganti menjadi AC Sanden 508 atau yang lebih kuat. Jadi jangan khawatir dengan AC mas bro.. Bahkan sudah ada juga yang modif menjadi double blower menggunakan blower punya Avanza atau Panther.
Kata beberapa suhu di forum, bawaan Blazer asli yang Delphi bisa bikin menggigil. Yang benar-benar sehat ya Kompressornya.

6. Susah Parkir.
Body bongsor mempunyai kendala susah parkir, butuh garasi yang luas dan tempat parkir luas. garasi saya lebarnya 320 cm tapi masih susah untuk masuk harus maju mundur untuk ngepasin mobil (entah sayanya kali yang ga profesional hahaha). Sekarang saya juga karena terbiasa jadi biasa, sekali langsung masuk.

7. Bengkel Khusus.
Bener kata orang, ga bisa kita pake bengkel sembarangan harus di bengkel khusus Opel atau Chevrolet, kecuali untuk aksesoris dan hal umum. Misalnya saya masuk bengkel biasa hasilnya mobil makin kacau karena biasanya dijadiin ajang percobaan.

Setelah panjang lebar membaca keunggulan dan kelemahan versi saya, silahkan baca juga alasan kenapa harus membeli mobil blazer, cek artikelnya di Alasan Membeli Mobil Blazer.

Untuk om bro yang minat mobil Blazer, dan ada keinginan menggunakan lising. Silahkan baca juga artikel Apakah Blazer bisa di Kredit?

Tips membeli mobil blazer bagi newbie silahkan cek Cara Membeli Mobil Blazer.

Jadi setelah membaca Keunggulan dan Kelemahan mobil Blazer ini apakah om-om masih ingin miara Kebo Amrik ini? Saya saranin sih jangan om, karena bisa kena racun modifikasi dan lupa akan nyamannya mobil lama anda. Dan yang lebih penting adalah diskusikan dengan sensor kiri anda karena biasanya biaya modif kebo ini mengalahkan biaya kosmetiknya dan biaya asap dapur.
Liat model-model modifikasi mobil Blazer DISINI
Bengkel-bengkel Blazer yang terpercaya DISINI
Sparepart mobil Blazer DISINI
Tips seputar mesin mobil Blazer DISINI


Semoga bermanfaat.
Noted : ini hanya pengetahuan dari penulis yang kurang wawsan soal Blazer, pengalaman pribadi dan ga ngerti banget soal Blazer. Mudah-mudahan berguna untuk newbie yang sedang mencari mobil murah.
Cmiww

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
WA only : 0813822BLAZER (39343)
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar