--> Skip to main content

Cara parkir yang aman di tempat miring

Perhatikan gambar diatas.
Jika kita lihat gambar diatas tentu akan berpikir bagaimana cara parkir yang aman di tempat miring seperti itu. Nah untuk kasus parkir  miring seperti itu, entah tanjakan atau turunan tentu membutuhkan cara parkir yang aman untuk mobil kita atau lingkungannya juga.
Baiklah, tips ini saya kutip dari masalah yang diajukan oleh om https://www.facebook.com/mk.arifin24?fref=nf dalam group Chevrolet Spin Indonesia.
1. Gunakan handbreak.
inilah kegunaan dari handbreak, untuk mengunci roda agar tidak bergerak. namun untuk parkir jangka waktu lama (diatas 1 minggu) hindari menggunakan handbreak ini, karena bisa mengakibatkan sling macet atau rem menjadi karatan yang akibatnya roda benar-benar macet dan harus bongkar roda dan rem.
2. Masukan gigi transmisi
Untuk melengkapi handbreak agar lebih aman kita lengkapi dengan memasukan transmisi. Jika posisi turunan atau kepala menurun gunakan transmisi untuk mundur dan jika kepala yang menanjak gunakan transmisi gigi 1, atau jika menggunakan tipe Automatic masukan saja keposisi P otomatis mengunci. Jangan sampai tertukar dalam memasukan transmisi.
3. Ganjal roda
selain 2 cara diatas bisa juga dilengkapi dengan mengganjal roda, minimal 2 roda karena beban yang diterima untuk menahan kendaraan posisi miring lebih berat.
4. Belokan roda kearah trotoar
Kenapa harus dibelokan?  Hal ini mencegah mobil bergerak sendiri tanpa kendali dan bisa mencelakai orang lain. Jadi ketika mobil meluncur bebas bisa tertahan oleh trotoar. Tapi jangan memarkir kendaraan dalam posisi belok terlalu lama, karena akan merusak power stering.

Semoga beberapa tips memarkir kendaraan dalam posisi miring tersebut bisa bermanfaat untuk kita semua.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar