Skip to main content

Penyebab Kopling Berat.

Update lagi setelah 2 hari libur hari kemerdekaan. Kali ini akan bagi-bagi modul kuliah mengenai penyebab kopling terasa berat. Disusun oleh dosen Baracuda Van Door Lock dari kelas Forum Blazer Indonesia.
Clutch Cover atau biasa disebut "matahari" oleh mekanik, terdiri dari bagian2 antara lain, per (spring pegas), plat baja pengungkit yang berbentuk seperti matahar (diaghfram spring)i, Housing dan Pressure plate yang menjepit plat kopling.
Penyebab yang menjadikan kopling berat adalah Cluth cover (blindes) sudah lama sehingga per penekan plat kopling sudah mati (tidak ngeper). Kalau semua bagian di kopling dalam kondisi baik dapat dipastikan injakan tidak terlalu berat. Di bagian kopling juga ada release bearing dan pilot bearing yang kalau sudah rusak bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Kalau ditemukan suara kasar saat menginjak kopling segeralah periksa, jangan membiarkan gejala karena mungkin dapat merusakkan fly wheel (roda gila).
Kerusakan pada Clutch cover selain kopling berat juga dapat menyebabkan, kopling bergetar pada waktu angkatan pertama,terlebih lagi posisi nanjak atau jalan macet...
Dapat juga menimbulkan kopling slip atau susah masuk gigi apabila Diagfhram springnya sudah lemah, sehingga pressure plate tidak menekan plat kopling dengan sempurna
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar