--> Skip to main content

Istilah dalam koleksi hotwheels

Hobi otomotif bukan hanya berkutat pada mobil dan motor dalam ukuran sebenarnya, modif dan buang-buang duit demi kepuasan batin, tapi bisa juga disalurkan dalam hobi koleksi miniatur mobil hotwheels atau die cast. Saya salah satu newbie dalam koleksi ini, baru jalan 2 bulan ini suka sama hotwheels dan berniat koleksi. Daripada saya modif mobil blazer saya dan ngabisin uang dapur mendingan saya koleksi miniaturnya aja.

Walaupun baru terjun dan baru punya beberapa buah doang, tapi saya mau berbagi mengenai istilah dalam hotwheels ini.
- HotWheels
HotWheels adalah mainan mobil berbahan metal (die cast) yang diproduksi oleh produsen mainan anak-anak, Mattel Inc., Amerika Serikat, sejak tahun 1968, yang juga memproduksi mainan mobil-mobilan bermerk Matchbox yang telah lebih dulu masuk ke Indonesia sejak tahun1970’an.

- Blister
Blister adalah sebuah bentuk kemasan dalam penjualan sebuah diecast, dimana kemasan tersebut terdiri dari plastik bening dan kertas karton (card) yang di segel (heat seal coating), dimana dalam kemasan blister umumnya terdapat lubang yang memungkinkan diecast tersebut digantung. Contohnya adalah kemasan Hot Wheels.

- Mint
Istilah para kolektor untuk menyebut die-cast dalam kondisi istimewa (seperti baru), namun tanpa kemasannya. Biasanya bekas pajangan, bukan bekas dimainkan.

- Super Mint / Rare
Istilah para kolektor untuk menyebut die-cast dalam kondisi istimewa sekali (seperti baru) serta berada dalam kemasannya. Karena die-cast yang super mint susah didapat, sering juga disebut rare. Rare beda istilah dengan rare (langka) di Hot Wheels, misalnya Hotwheels Super Treasure Hunt. Rare-nya Hot Wheels karena memang dibuat dalam jumlah terbatas (sedikit).

- Chip
Istilah ini dipakai untuk noda atau goresan berbentuk titik (bocel) pada mobil die-cast.

- Scratch
Istilah ini dipakai untuk goresan berbentuk garis pada cat mobil die-cast.

- Akrilik
Sejenis plastik/fiber berwarna bening biasanya dipakai untuk membuat rak die-cast. Atau ada juga die-cast yang dikemas menggunakan kotak akrilik supaya kelihatan lebih eksklusif. Contohnya Saico Street Tuner.

- Blister : bungkusnya hotwheels

- AKTA : yg blisternya AKTA itu ada keterangan soal si mobil yg bersangkutan di belakang bungkusnya. Gak ada istilah hotwheels tanpa akta itu palsu. Yg ada adalah blister hotwheels ber-akta hanya keluar di pasar amerika aja. Jadi yg beredar disini trus gak ada aktanya ya sama orinya dengan yg ber-akta.

Untuk para kolektor yg tetep nyimpen hotwheels di bungkus alias blister-nya gak di loose atawa di buka kaya’ ane, itu ada nilai tambah tersendiri. Hotwheels dengan blister ber-akta biasanya yg jual bukan toko maenan biasa. Karena mereka dapetinnya langsung import dari US sana.

- LOOSE : artinya blister udah dibuka. Ada yg masih disimpen ato langsung dibuang. Buat kolektor kategori yg suka nge-loose, akta ato gak akta ya sebodo teuing. Gak ngaruh buat mereka. Toh nilainya sama2 aja.

- Gantungan : kalo ini bener2 harafiah kok artinya gan. Harga gantungan ya berarti harganya sama kaya’ kalo di dapetin di toko2 maenan biasa. Kaya’ toys city, toys kingdom, etc.

- Super mint /rare : istilah para kolektor untuk menyebut diecast dalam kondisi istimewa (seperti baru)serta berada dalam kemasannyaaa,karna diecast supermint susah didapat maka sering disebut rare (langka) ,misalnya tomi merah,atau tomi box hitam,tomi limited.

- first shot, itu kondisi dimana mobil baru abis cetak, bener2 base keliatan dasarnya mulai dari exterior sampe interior. pokoknya abis cetak langsung digabung jadi 1, ga dikasih warna dulu.. nah first shot itu sama aja kayak zamac, cuma beda penyebutan

- factory sealed, seperti kata om Hobi Koleksi, itu terdiri dari satu paket edisi tertentu lengkap yg digabung dalam 1 kemasan besar, disegel langsung dari pabrik dan produksinya terbatas.. kira2 begitu :)

- ‎error : produk cacat yg tidak disengaja dari pabrik, seperti beda posisi, missing tampo, salah blister, dll. biasanya ini kebetulan dan kejadian langka yg unik. makanya kadang2 harga jualnya juga tinggi :)

- chase car. hmm gimana yaa jelasinnya, yaa kira2 itu mobil kayak ada tandanya / signature tesendiri yg unik dan juga produksinya lebih sdikit.. contohnya hotwheels edisi phil’s garage sama larry’s garage, yg masing2 di bbrp mobil tertentu ada tanda tangannya mereka di bagian bawah / chassisnya.. agak susah nyarinya tuh, cuma faktor keberuntungan aja hehe :)

- Display Case : Kotak/box diecast yanf berbahan Plastik/acrilik..

- ZAMAC : Singkatan dari Zinc, Aluminum, Magnesium, and Copper alloy, yang merupakan bahan dasar dari diecast.

Sumber : http://www.hotwheelscorner.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar