--> Skip to main content

Penyebab Oli Mesin Berkurang

cek tinggi oli mesin
Informasi berharga di sore hari, dapet materi baru di FBI mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua. Selain kebocoran pada seal mungkin dibawah ini bisa menjelaskan mengapa oli mesin mobil kita berkurang.
Sok monggo disiapkan dulu kopi sama pisang gorengnya.

Pelumas adalah zat kimia, yang umumnya cairan, yang diberikan di antara dua benda bergerak untuk mengurangi gaya gesek. Zat ini merupakan fraksi hasil destilasi minyak bumi yang memiliki suhu 105-135 derajat celcius. Pelumas berfungsi sebagai lapisan pelindung yang memisahkan dua permukaan yang berhubungan. Umumnya pelumas terdiri dari 90% minyak dasar dan 10% zat tambahan. Salah satu penggunaan pelumas paling utama adalah oli mesin yang dipakai pada mesin pembakaran dalam.
Penyebab berkurangnya oli mesin.
Pertama jika tak ada kebocoran, berkurangnya oli karena terbakar di ruang bakar. Meskipun ring masih bagus, tetap ada sedikit oli yang masuk ke ruang bakar yang sudah jadi uap lantaran kena panas, namun jumlahnya tentu sangat sedikit.
Kedua karena penguapan.
Mengapa oli bisa menguap? “Tidak lepas dari sifat oli sebagai cairan, yaitu akan mengalami penguapan jika terkena suhu tinggi.
Oli menguap karena pada batas temperatur tertentu, energi dalam yang mengikat molekul hidrokarbonnya, sudah tidak sanggup lagi menahan diri akibat adanya energi panas dari luar.
Artinya jika suhu mesin terlalu tinggi, penguapan oli pun akan semakin tinggi. Suhu mesin tinggi biasanya diakibatkan oleh setingan yang tak normal, bisa dilihat dari kondisi elektroda busi yang putih sebagai tanda kurang bensin.
Ketiga adalah viscositas/kekentalan oli.
Selain itu, tingkat kekentalan atau viskositas ternyata juga berpengaruh ke penguapan. Makin encer makin mudah menguap, “Tapi itu dulu, saat ini oli pakai aditif yang baik, yang mampu menjaga suhu oli tetap optimal dan memindahkan panas secara cepat.
Pilihlah oli yang baik mengingat engine blazer didisain bekerja pada temperatur yang tinggi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar