--> Skip to main content

Informasi pencurian dengan modus Radio Jammer.

Kali ini saya hanya akan membagikan informasi yang sangat bermanfaat untuk semua orang yang menggunakan remote untuk mobilnya. Informasi ini juga sebagai himbauan yang dikeluarkan oleh Humas Kepolisian terkait pencurian kendaraan bermotor atau barang berharga yang berada di dalam kendaraan.
Isi Himbauan keamanannya adalah :

Himbauan kepada Mitra Humas yang pemilik mobil, hati-hati jika parkir di pusat keramaian seperti di mall, pasar atau tempat hiburan. Ketika kita sudah ke luar dari kendaraan, ternyata pintu tidak bisa dikunci dengan remote.
Sekadar mengingatkan, itu bukan berarti baterai remote sudah lemah. Lantas, jangan mnggunakan kunci kontak untuk mengunci pintu secara manual.
Mobil tsb sudah terkena "radio jamming" dari kendaraan lain yg berada tidak jauh dari kendaraan anda.
Kejadian ini pernah dialami, sebut saja Mr.X di 'rest area' tol- Jagorawi, beberapa waktu lalu. Saat ingin meninggalkan mobil, pintu tidak dapat dikunci dengan remote. Karena terburu-buru, akhirnya menggunakan kunci kontak u/mengunci pintunya.
Alangkah kaget ketika ia balik ke mobil. Pintu sudah tidak terkunci dan laptop yang teronggok di jok belakang raib. Setelah diteliti, rupanya lubang kunci di pintu sudah dijebol dengan kunci - T. Termasuk rumah kunci kontak, tapi mobil tidak dibawa kabur mngkin ramainya orang dilokasi.
Lantas, apa hubungannya dengan "radio jamming"? Alatnya disebut "Radio Jammer" yg didesain untuk mengacaukan sinyal, sehingga suara yang ke luar tidak sempurna.
Di negara totaliter, Radio Jammer dipakai untuk mengganggu frekwensi radio, terutama radio asing, sehingga suaranya tidak ke luar.
Kini, Radio Jammer dimanfaatkan u/menyikat mobil, atau minimal mengambil barang di dalam. Dengan alat ini, "sistem alarm & central lock" mobil akan lumpuh! ‪#‎JADI‬ KESIMPULANNYA : kalau pintu tidak bisa dikunci dengan remote control, sebaiknya kita BATALKAN parkir di area itu. PINDAH TEMPAT yg agak jauh dr jangkauan radio jammer itu, jangan ambil resiko.
Semoga info ini berguna, karena pelaku kejahatan 'terus belajar' & slalu meng-update modus mrk u/mencapai target di 2014.

@ PID Humas Polres Banyumas

Untuk radio jammer sendiri memang kadang digunakan oleh pihak hotel untuk mempermudah menemukan kendaraan ketika ada penemuan kunci oleh pihak lain.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar