Skip to main content

Mengenal ECU/ECM Blazer.

ECU atau ECM adalah perangkat keras yang menyimpan data-data atau otaknya mobil, dan ECM ini bisa saja rusak. Secara garis besar berikut adalah tanda-tanda kerusakan pada ECU mesin mobil. Dan dibawah ini adalah tanda-tanda dari masalah yang ditimbulkan karena ECM/ECu rusak.

Tanda-tanda ECU rusak :
1. Ecu rusak akan membuat mesin tidak bisa hidup
2. Ecu rusak akan membuat mesin mobil nyendat
3. Ecu rusak akan menyebabkan tenaga mesin turun
4. Ecu rusak juga akan menjadi penyebab konsumsi bbm boros
5. Ecu rusak juga akan membuat lampu cek engine mati tetapi juga ada yang membuat lampu cek engine nyala, ini tergantung kerusakan.

Kerusakan Ecu mobil biasanya adalah perkasus dengan gejala mobil yang berbeda-beda, terkadang kerusakan Ecu mobil tidak bisa di deteksi dengan Diagnostic Tool. Bagaimana mau mendeteksi jika yang dideteksi mengalami kerusakan.

Kenapa Ecu mobil Bisa rusak?
Ecu mobil perangkat kerasnya adalah komponen elektronika yang dibuat sedemikian rupa oleh pabrikan dengan memiliki daya tahan yang lama,terkecuali ada masalah-masalah teknis yang berasal dari dalam dan luar ecu bisa menjadi penyebab kerusakan Ecu.

Perbaikan
Kerusakan ECU biasanya akibat dari faktor usianya, bisa juga karena faktor external,misal karena jamur,mengingat lokasi ECU di daerah lembab.
Dapat juga disebabkan oleh penambahan accessories yg mengurangi arus atau tegangan yg dibutuhkan ECU.
Kerusakan karena faktor internal adalah disebabkan oleh capasitor yg mulai mengering,karat,bocor dll, shg tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik waktu dilalui arus.
Bila menemukan ECU error yg pertama diperiksa adalah capasitornya, gantilah dengan ukuran yg sama sesuai nominalnya.
ecm_mobil_blazer
mengenal ECU / ECM

Materi kuliah kali ini dibuat oleh : Dosen Forum Blazer Indonesia opa Baracuda VDL.

Semoga berguna.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar