Skip to main content

Tip melewati tol Cikapali (Cikampek Palimanan)

Melewati jalan lurus dengan kondisi bagus ditambah dengan kondisi jalan yang minim tanjakan dan turunan membuat kita harus extra waspada. Kondisi enak seperti itu membuat orang lalai dengan kecepatan maksimal yang anjurkan. Jangan pernah sekali-kali menancap gas melebihi 120 km/jam. Meskipun mesin masih mampu untuk melacu diatas kecepatan tersebut, hati-hati karena kita sedang berpacu dengan nyawa juga.

Ada beberapa tips yang mungkin bermanfaat untuk semua orang yang akan mengendarai mobil melewati Tol Cikapali :

1. Perhatikan kondisi ban, jaga tekanan ban 1-2 bar dibawah standar. Karena ketika ban panas udara didalamnya akan memuai dan akan menambah tekanan hingga 1 bar. Ditambah dengan kondisi kanan kiri masih gersang.
2. Perhatikan air radiator. Memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi dalam waktu lama akan membuat mesin bekerja lebih keras, dan air radiator akan lebih cepat. Hati-hati overheat, jika suhu sudah mencapai batas warning atau ada indikator warning lebih baik berhenti untuk cek kondisi mobil.
3. Jangan memacu mobil lebih dari 100 km/jam. Kondisi tol yang kanan kiri masih gersang membuat angin berhembus lebih kencang, jika memacu kendaraan lebih cepat, akan membuat mobil bergerak limbung karena terpaan angin dari samping.
4. Cek kondisi ban. Jika ban sudah agak gundul jangan memacu kendaraan dengan cepat. Kondisi jalan cor kadang ada jalan yang menonjol sisa cor, bisa tajam dan membuat ban meledak. Ini hanya perkiraan saya, mudah-mudahan jalan cornya mulus. xixixi
5. Jangan berpikir ingin cepat sampai. Santai saja om, ambil kecepatan 60-80 km/jam. Nikmati perjalanannya.
6. Jangan makan terlalu kenyang. Ketika perut kenyang akan naik ke mata alias ngantuk, ditambah dengan kondisi jalan lurus yang melelahkan mata.
7. Cukup istirahat tidur.
8. Jika ada rombongan, lebih baik ikut rombongan agar lebih tenang.

Demikian tips sederhana dari saya untuk melewati tol Cikapali (tol terpanjang di Indonesia). Mudah-mudahan menjadi perhatian dan bermanfaat untuk keselamatan kita semua.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar