Skip to main content

Chevrolet Morina yang mirip kijang buaya

Jika kita lihat gambar iklannya dibawah ini sekilas tentu kita akan mengira adalah Toyota Kijang Buaya padahal sebenarnya adalah Chevrolet Morina yang dikeluarkan tahun 1976. Body dari plat baja ini dijamin kuat untuk bawa barang apapun.

Sayang yang tersisa sekarang adalah kembarannya yakni Toyota Kijang. Harganya pas keluar baru Rp 1.250.000 tahun 1976 kalau sekarang mungkin sekian ratus juta ya?
Artikel mengenai mobil inipun hampir tidak ada, adapun yang saya temukan adalah :

Morina alias mobil rakyat Indonesia diproduksi PT Garmak Motor alias PT Garuda Makassar Motor yang berdiri pada 1976. Penelusuran Goerge junus Aditjondro, 84 persen saham perusahaan ini dimiliki Probosutedjo (saudara tiri mantan Presiden Soeharto) dan istrinya, Ratmini.

Awalnya perusahaan ini adalah agen tunggal dan perakit mobil merek Chevrolet produksi General Motors. Mengikuti saran M. Jusuf, Menteri Perindustrian saat itu, Probosutedjo kemudian memproduksi mobil dengan kandungan lokal mencapai 60 persen. Mobil yang diproduksi jenis pick up dan station wagon mencapai ratusan unit sebelum akhirnya tergerus Toyota Kijang.
Sumber :  http://m.nasional.rimanews.com/read/20150211/196015/2/Mobil-Rakyat-Indonesia-Morina-
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar