Skip to main content

Perbedaan Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax plus.

Setelah launcing bulan ini bahan bakar baru pertalite, kita menjadi mempunyai pilihan lain selain premium dan peramax yang selama ini tersedia di SPBU. Walaupun sebagian besar tentu beradalihkan harga yang lebih cocok dikantong adalah Premium tentu harus di sesuaikan juga untuk kondisi mesin masing-masing. Yaa walaupun masih ada mobil mewah harga setengah miliyar lebih masih diberi minum Premium.
bahan-bakar-pertamina
Perbedaan Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax plus.

Nah karena kita sekarang banyak pilihan untuk bahan bakar, ada baiknya kita mengetahui keunggulan dari masing-masing bahan bakar ini. Dalam tulisan saya kali ini akan membandingkan Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Plus. Sengaja saya urutkan karena bedasarkan harga jual masing-masing dan tingkat RON yang dimiliki masing-masing.

1. PREMIUM.

    Premium yang memiliki oktan 88 cenderung berdenotasi. Nilai RON pada Premium yang terbilang rendah membuat intensitas denotasi atau knocking lebih tinggi, terutama jika digunakan di mesin dengan kompresi tinggi. Knocking sendiri dapat berimbas pada tenaga mesin yang berkurang hingga konsumsi bahan bakar yang lebih boros.
    Premium buat mesin minta sering dirawat. Masih berhubungan dengan denotasi. Knocking yang terjadi terus menerus akan mengakibatkan kerusakan pada piston mesin. Selain itu, menggunakan premium yang hadir tanpa zat aditif juga akan menyebabkan kerak pada ruang bakar. Sehingga jika mesin mengonsumsi premium dalam jangka waktu panjang, pengguna pun harus lebih sering melakukan perawatan mesin untuk membersihkan kerak di dalamnya.
    Dari segi pembakaran, penggunaan premium juga membuat gas buang kendaraan mengandung zat NOx dan Cox dalam jumlah yang cukup tinggi.

2. PERTALITE

Diharapkan, pengguna kendaraan buatan tahun 2000 ke atas dan sudah dibekali mesin berkompresi 10:1 dapat beralih dari penggunaan premium ke pertalite.

Dibanderol Rp 8.400, pertalite disebut sudah mengalami riset yang cukup panjang sebagai BBM yang lebih ramah lingkungan dibanding premium.

Berikut beberapa keunggulan Pertalite seperti diklaim Pertamina.

    Nilai RON yang dimiliki Pertalite sebesar 90, dua tingkat lebih tinggi daripada Premium.
    RON yang telah mencapai angka 90 dapat menstabilkan knocking mesin sehingga pembakaran lebih optimal.
    Harga yang ditawarkan lebih murah dari Pertamax, dengan hasil bakar yang lebih optimal jika dibandingkan dengan Premium.
    Tidak ada kandungan timbal, serta memiliki kandungan sulfur maksimal 0,05 persen m/m atau setara dengan 500 ppm.

3. PERTAMAX 92

Saat ini Pertamax 92 hadir di SPBU Pertamina dengan harga Rp 9.400.

Berikut keunggulan Pertamax 92 dibanding premium dan pertalite.

    Nilai RON yang dimiliki oleh Pertamax lebih tinggi daripada Premium yaitu 92 dan BBM satu ini juga bebas timbal.
    RON yang mencapai nilai di atas 90 memiliki tingkat denotasi atau knocking yang cenderung stabil. Sehingga pembakaran pada mesin lebih maksimal dan kerusakan pada mesin dapat lebih ditekan.
    Hasil pembakaran pada mesin yang menggunakan Pertamax, kandungan gas NOX dan CoX sangat sedikit jika dibandingkan dengan Premium.

4. PERTAMAX PLUS

Pertamax Plus merupakan bahan bakar kualitas premium yang telah memenuhi standar performa International World Wide Fuel Charter (IWWFC).

Namun, kualitas tinggi tersebut juga berpengaruh pada harga eceran Pertamax Plus yang cukup tinggi di pasaran.

Berikut keunggulan Pertamax 95 sebagai BBM paling mahal di Indonesia.

Nilai RON yang dimiliki Pertamax Plus lebih tinggi dari Pertamax, yaitu 95.

    RON setinggi Pertamax Plus dapat menghasilkan pembakaran yang lebih optimal daripada Pertamax. Jika dibandingkan dengan Premium, nilai RON Pertamax Plus jauh lebih tinggi.
    Bahan bakar beroktan rendah seperti Premium cenderung meninggalkan kotoran yang dapat menyumbat injektor kendaraan Anda. Namun dengan penggunaan Pertamax Plus, Anda dapat membersihkan timbunan deposit atau kotoran pada bagian injektor kendaraan Anda. bersihnya injektor dan dapur mesin, performa kendaraan Anda akan semakin Meningkat. Selain itu Pertamax Plus juga dapat melarutkan air di dalam tangki kendaraan Anda, sehingga mencegah karat dan korosi pada saluran dan tangki bahan bakar.
    Kadar NOX dan CoX yang dihasilkan jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan bahan bakar jenis lain.

Sumber :  www.merdeka.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar