Skip to main content

Kenapa stir mobil Blazer berat ketika mesin mati?

Pertanyaan itu muncul dari konsumen saya yang baru saja meminang Blazer muda tahun 2005. Kenapa stir mobil Blazer berat ketika mesin mati? Untuk menjawab pertanyaan tersebut saya coba post di Forum Blazer Indonesia agar jawaban saya ga salah dan membuat informasi yang salah untuk orang lain.
pompa-power-stering
Pompa Power Stering

Jawabannya adalah karena Blazer menggunakan menggunakan sistem Power Stering Hidrolis, yang mana dengan sistem ini membutuhkan putaran mesin untuk membantu pompanya. Artinya ketika mesin on otomatis pompa on dan Power Stering juga main. Inilah yang membedakan dengan mobil lain yang stir terasa enteng walaupun mobil dalam kondisi mesin mati ini karena mobil itu menggunakan sistem Power Stering Elektrik.

Lalu apa keuntungan dari menggunakan sistem Power Stering Hidrolis ini? Menurut saya pribadi bisa jadi sebagai safety agar ketika mobil mati tidak nyelonong kiri kanan atau ketika mobil mati tidak ada yang bisa bawa maling. hehehe. Tapi menurut dosen FBI, Opa Baracuda sistem hidrolis ini tidak ada hubungannya dengan safety yang saya sebutkan barusan hanya untuk membantu menyalurkan tenaga dari supir ke Power Stering agar tidak terlalu berat. Karena dapat dibayangkan dengan bobot 2 ton pasti beban Stering lebih berat dari mobil lain. Dan bukan hanya itu, basic dari Blazer di negara aslinya adalah Truk dengan kode GMT 330. Artinya sistem kemudi Power Stering Blazer sama dengan Truk-truk Chevrolet di Amerika sana. Wow bukan.. hehehe

Beberapa pertanyaan mengenai materi kali ini.
1. Pertanyaan bagaimana jika mobil mogok lalu stir yang keras dipaksa untuk belok apakah akan merusak Power Stering? Jawabannya adalah  tidak, jika hanya dipakai untuk menepikan ke pinggir jalan.
2. Jika diderek dengan kecepatan 10-20kpj apakah stir masih berat? Jawabannya adalah Stir akan terasa lebih ringan ketika mobil dalam kondisi bergerak. Tapi jangan terlalu jauh dan berkelok-kelok, karena karet shaft ster akan rusak atau robek.

Demikian materi pembahasan kita mengenai pertanyaan kenapa Stir mobil Blazer lebih berat ketika mesin dalam kondisi mati. Mudah-mudahan berguna untuk semuanya.

Thanks to :
- Opa Baracuda VDL sebagai dosen pembimbing FBI
- Om dan suhu di FBI yang telah memberikan masukan dan ilmu tambahannya.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - 
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
WA only : 0813822BLAZER (39343)
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar