--> Skip to main content

Cara seting Chamber ban mobil agar ban tidak habis setengah dan stir tidak lari

Hello om bro,
Kali ini IndoBlazer akan memberikan informasi mengenai seting chamber/chaster secara sendiri a.k.a Do It Yourself. Lokasi baut penyetelan Camber/Caster...DIY, dengan catatan bautnya masih bagus, karena bentuknya berbeda, kalau dah cacat, ga bisa dapet setelan Camber/Casternya.
 
baut chamber
posisi baut chamber
Akibat yang dirasakan ketika salah seting chamber / Caster adalah :
  • kalau Caster salah setel, stir jadi berat untuk manuver.
  • kalau Camber salah setel, ban makan sebelah.
  • Kalau Toe-in atau Toe-out salah setel, stir narik kiri/kanan, kalau belok bunyi berdecit, ban juga bisa makan sebelah bagian dalam.

Intinya gini aja, untuk mengatur ban ..chamber (tegak nya) dan caster (maju mundur) ..cuma arm atas yg diatur.

Utk chamber (tegaknya ban) c om bisa pake patokan ban belakang. Yg penting tegaknya, lurus sama ban belakang. Utk mengejar agar steer bisa kembali biasanya roda bag atas di bikin sedikit keluar..(jadi nantinya bagian sisi luar ban akan sedikit tergerus/botak sebelah luar..makanya tetap di perlukan rotasi ban).

Knp sih bag atas ban di bikin keluar..sengaja om biar saat belok steer bisa kembali sendiri..why? Saat belok ban akan mendapat tekanan dan beban berat body..sehingga akan akan mencari titik rata dari permukaan ban yg menapak di tanah.

Kemudian utk caster (maju mundur nya roda depan) ..c om bisa tarik benang dari roda belakang ke roda depan sebelah kanan. Tarik benang dan ukur panjangnya..ambil aja bibir velg roda depan n belakang.
Kemudian bandingkan dengan hasil ukuran roda kiri (antara depan n belakang).

Ukuran panjang antara semua roda kiri dan semua roda kanan harus di samakan.

Utk caster agak sulit om..kalo ban depan kurang mundur ..maka baut adjust arm atas depan di keluarkan...n baut adjust arm atas belakang di tenggelam kan..sehingga di dapat knuckle atas tertarik kebelakang..dan efeknya roda jd sedikit mundur.

Kalo manualan..bagusnya sih kejar caster dulu (samakan jarak antara roda depan dan belakang..kiri dan kanan). Setelah itu baru cari chamber nya (tegaknya roda). Biar lebih mudah aja.

Steer berat,nikung kecepatan 70 kpj up berdecit suara ban. .bila caster berbeda, maka saat belok salah satu roda depan gak kompak. 1 roda seperti di seret paksa..akhirnya berdecit di aspal.

note : setiap perubahan caster 3 ° akan merubah nilai chamber 1 °
baut chamber
seting chamber dengan alat digital

baut chamber
seting chamber dengan waterpass

baut chamber
seting chamber sederhana dengan bandul
baut
baut chamber

chamber
posisi chamber
 
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
WA only : 0813822BLAZER (39343)
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar