--> Skip to main content

Inilah masalah-masalah yang terjadi pada AC mobil, jangan malas untuk cek AC.

Inilah masalah-masalah yang terjadi pada AC mobil, jangan malas untuk cek AC.
Kondisi iklim jaman sekarang yang kadang suhu siang hari mencapai 40 derajat tentu akan sangat nyaman ketika mengendarai mobil dengan suhu kabin yang sejuk. Tapi kadang menjadi masalah kurang nyaman ketika siang hari harus membawa mobil tetapi kondisi AC tidak dingin. Serasa di Sauna.

Untuk postingan kali ini IndoBlazer akan menjelaskan penyebab  AC mobil yang kurang dingin. Kita akan menganalisa satu persatu masalah yang sering terjadi pada ac mobil kita.
kompressor
Kompressor AC

1. Cek hembusan angin, apakah hanya keluar dari atas dashboard atau dari bawah dashboard saja? Jika ya silahkan cek selang yang biasanya terpasang ke dalam bola-bola yang terletak di ruang mesin. Penyelesainya adalah cek selang tersebut apakah sudah pecah, lepas atau bahkan hilang.
ac mobil
Bola vacum Blazer

2. Angin keluar dari kisi-kisi tapi tidak dingin, hanya keluar angin saja bahkan kadang keluar angin hangat. Bisa jadi ini adalah karena freon sudah habis. Silahkan isi ulang freon ac mobil anda. Sebelum mengisinya silahkan anda cek kebocoran diantara selang dahulu.

3. AC kurang dingin. Silahkan cek dulu Evaporator, bisa jadi karena kotor sehingga aliran udara menjadi terhambat.

4. AC hanya dingin pada posisi paling tinggi atau posisi tertentu. Itu adalah kerusakan pada sistem westand. Silahkan ganti atau perbaiki dengan jumper.

5. Terdengar suara ngorok ketika menyalakan AC. Itu bisa jadi adalah tanda-tanda bahwa kompressor AC anda harus ganti atau sementaun diservice. Bisa jadi pelumas didalam kompressor sudah habis atau pulley kompressor sudah mulai aus.

6. Ketika menyalakan AC,mesin mobil menjadi mati. Ini adalah tanda pulley anda sudah aus, silahkan ganti pulleynya saja atau 1 gelondong dengan kompressornya.

Jangan sungkan untuk berkunjung ke bengkel AC langganan sekedar cek kondisi evaporator atau cek kondisi kompressor. Karena salah satu kenyamanan yang didapat dari sebuah kendaraan adalah sejuk ketika dipakai.

Semoga berguna untuk semuanya dan mudah-mudahan artikel singkat ini bisa digunakan sebagai acuan sebelum kita mendeteksi kerusakan AC mobil kita.

Cmiww
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
WA only : 0813822BLAZER (39343)
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar