--> Skip to main content

Banjir Tol Cikampek-Jakarta, Penyebab dan Foto Galery Banjir dan Robohnya Gerbang Tol Cikunir.

Hello om Bro, salam So Sweet untuk semuanya.
Musim hujan mas bro dimana-mana dan curah hujan sekarang sedang tinggi-tingginya. Dan kemarin adalah hari yang mungkin puncak atau entahlah untuk sejarah jalan tol karena pertama kali dalam sejarah tol Jakarta-Cikampek terkena banjir. Lebih parahnya lagi ini banjir yang pertama kali langsung tinggi, ga nanggung-nanggung hingga setengah body mobil atau diatas 50cm.

Banjir di toll Cikampek ini terjadi di toll hampir mendekat pintu tol Cibatu Cikarang Pusat. Semua jalur terkena dampak banjir entah menuju Jakarta atau sebaliknya. Macet total hingga puluhan kilometer ini memaksa banyak mobil yang keluar pintu toll karawang barat untuk yang kearah Jakarta atau keluar pintu toll Cibitung untuk yang akan menuju Cikampek.

Jalur alternatif dengan kondisi banjir seperti ini membuat jalur Kalimalang dan Arteri Cikarang-Karawang juga terkena dampak macet.

Apa penyebab banjirnya toll kemaren? Bisa jadi karena aliran air tersumbat sampah, yang pasti ini adalah pertama kali selama puluhan tahun tol Cikampek-Jakarta terkena banjir parah.

Berikut Galerinya.

banjir tol

banjir tol

banjir tol

banjir tol

banjir tol
Kejadian kemaren ternyata bukan hanya banjir yang melanda Tol Cikampek saja, ternyata ada musibah lain di gerbang tol Cikunir yaitu robohnya canopi gerbang tol. Untungnya tidak ada korban berupa rusaknya kendaraan atau korban jiwa.

Berikut Galerinya.
tol cikunir

gerbang cikunir

Waspada Hujan Lebat Jabodetabek 15 – 17 Februari 2016
Dari perkembangan kondisi dinamika atmosfer menunjukkan adanya indikasi potensi kejadian hujan lebat dalam beberapa hari kedepan, terutama di wilayah Jabodetabek.

Dihimbau agar seluruh instansi dan masyarakat bersiaga dalam menghadapi potensi hujan lebat yang diperkirakan akan terjadi mulai Senin sore hari dan akan semakin lebat pada Selasa dini hari hingga pagi (16 Februari 2016).

Demikian pada hari berikutnya 17 Februari 2016 potensi hujan masih cukup tinggi dengan pola yang hampir sama.

Terpantau mulai hari ini di wilayah Selatan Jabodetabek intensitas hujan relatif meningkat, sehingga perlu diantisipasi beberapa hari kedepan akumulasi curah hujan juga akan semakin tinggi. Kondisi ini terindikasi dari beberapa skala indikator aktifitas atmsofer yang mendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia.

Indek fenomena seruakan dingin (cold surge index) dan fase basah Madden Julian Oscilatiion (MJO) masing-masing kembali berkolaborasi dan diperkirakan akan kembali menimbulkan potensi kejadian cuaca ekstrem di beberapa daerah. Keadaan tersebut diiringi dengan fenomena cuaca regional yang menandakan adanya daerah belokan dan pertemuan angin yang sering menjadi pemicu potensi terjadinya hujan lebat.

Dalam seminggu kedepan, hujan lebat akan kembali berpotensi terjadi di beberapa tempat di Indonesia.
Antara lain:

- Sumatera Barat, Kep.Riau, Babel, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Lampung,
- Banten, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Tengah dan Timur
- Bali dan NTB
- Kalimantan Barat dan Tengah
- Papua bagian Selatan.
Melihat masih tingginya potensi curah hujan di Indonesia masyarakat dihimbau terutama di daerah yang termasuk dataran tinggi/pegunungan untuk mengantisipasi kejadian banjir bandang dan tanah longsor. Serta wilayah yang relatif mudah terjadi potensi bencana banjir agar dapat menyiapkan lingkungannya untuk mengurangi dampak bencana yang mungkin terjadi.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam. melalui:

- call center 0216546315/18
- web.meteo.bmkg.go.id
- follow @infobmkg
atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
WA only : 0813822BLAZER (39343)
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar