--> Skip to main content

Perawatan ac mobil agar tetap sejuk

Hello om bro.
Musim hujan nih, tapi bukan berarti ga butuh AC kan? Silahkan disimak dulu tips perawatan AC mobil agar tetap sejuk di bawah ini.

Rawat Mobil dengan service secara teratur secara berkala - 6 bulan,paling lama 1th, pastikan suhu keluar di ventilasi sekitar 8-10 derajat celcius, sehingga suhu di kabin mobil berkisar 24-26 derajat celcius.

Ganti Oli Kompressor AC tiap 30,000km, Oli dengan kualitas sempurna dan jumlah yang tepat sangat vital untuk menjamin kompressor tetap awet dan enteng, Kompressor dengan kerja optimum akan membuat konsumsi bahan bakar lebih irit. Periksalah OLI yang dipakai, hindari oli murah / KW tidak jelas pembuatnya, karena resiko nya terlalu besar. Oli ibarat darah di dalam tubuh, harus sempurna membawa oksigen (freon) ke seluruh tubuh (sistem AC).

Pastikan jumlah/tekanan Freon di Mobil masih sesuai standar pabrik , Tekanan yang rendah/terlalu tinggi akan menyebabkan kerja kompressor yang berlebihan. Seperti ukuran tensi darah manusia, tekanan darah bisa bikin kepala pusing.
Perawatan ac mobil agar tetap sejuk

Hindari kontaminasi , Oli kompressor AC (PAG Oil) sangat rentan terhadap kontaminasi udara sehingga akan berubah menjadi asam dan jadi sumber endapan/awal korosi (kebocoran). Kontaminasi seperti cholestrol di dalam tubuh, bisa membuat serangan jantung (kompresor macet).

Bersihkan secara teratur kondenser mobil dari kotoran/serangga yang menempel. Ibarat manusia bernafas, pastikan seluruh jalan nafas (tidak ada sumbatan) sehingga udara dari paru2 (condensor) bisa keluar masuk sempurna.

Fan AC di Condenser harus bekerja (berputar) jika AC dinyalakan, jika Fan mati, suhu kompressor akan panas dan Suhu AC tidak akan maksimum, dalam 2-3 bulan kompressor akan rusak.

Perhatikan Indikator Panas Mesin Mobil, Suhu Mesin Mobil yang terlalu panas (overheat) akan menyebabkan Performance AC menurun, sehingga jika Mesin Mobil ada kecenderungan panas, segera ke Bengkel Mobil untuk diperiksa. Gantilah coolant radiator mobil sesuai anjuran. Seperti manusia jika berolah raga atau sakit panas, maka harus memakai pakaian tipis sehingga suhu badan bisa menurun.

Kompressor di AC Mobil di fungsikan oleh magnet clutch, yang menggunakan arus listrik dari Accu Mobil. Accu/Battery Mobil yang lemah dapat menyebabkan magnet clutch di kompressor rusak, segera ganti jika preforman accu di bawah 20%.

Rutin jaga kebersihan di dalam Mobil agar udara AC Mobil tetap bersih dan nyaman. Debu dapat menumpuk di bagian blower/evaporator dan mengakibatkan AC tidak nyaman.

Jika AC Mobil tiba2 tidak bekerja atau dirasakan tidak nyaman segera ke Bengkel /Reparasi AC terpecaya untuk dilakukan pemeriksaan. Hal ini untuk menghindari permasalahan lebih besar.
Perawatan ac mobil agar tetap sejuk

Sumber : Forum Blazer Indonesia post opa baracuda.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar