--> Skip to main content

Mengetahui Perbedaan antara Toyota Sienta dengan Toyota Avanza.

Toyota baru saja rilis mobil baru 1500cc dengan mesin baru dan model baru di IIMS 2016 Kemayoran. Dan belum banyak orang tahu mengenai perbedaan dan apa yang baru dari mobil MPV Toyota ini dengan Toyota Avanza.

Body

- Toyota Sienta menggunakn pintu sliding door seperti mobil premium lainnya. Pintu geser ini mirip dengan model Honda Freed. Dengan pintu model sliding seperti ini bisa mengirit tempat untuk membuka pintu samping.
- Toyota Avanza menggunakan pintu model konvensional yang dibuka ke samping, tentu membutuhkan ruang lebih untuk membuka ke 4 pintu sampingnya.

Mesin
- Toyota Sienta menggendong mesin 4-silinder 1.497cc, DOHC, Dual VVT-i  berkode 2NR-FE. Sumber tenaga itu baru, belum pernah digunakan pada model Toyota lain di Indonesia.
Mesin Toyota Sienta
mesin 4-silinder 1.497cc, DOHC, Dual VVT-i  berkode 2NR-FE.
Mesin baru ini diproduksi di pabrik anyar Toyota di Karawang, Jawa Barat, yang diresmikan pada 8 Maret lalu. Mesin ini masih satu keluarga “NR” dengan Sienta versi Jepang, namun beda spesifikasi. Mesin ini juga menggunakan aluminium sebagai material utama, sehingga diklaim lebih ringan dan irit konsumsi bahan bakar

Di Indonesia, mesin 2NR-FE milik Sienta memiliki spesifikasi “F” yang merujuk pada penggunaan dua camshaft atau DOHC (dual overhead camshaft) dan “E” berarti Electronic Fuel Injection (EFI). Di Jepang, salah satu pilihan mesin  Sienta yaitu 2NR-FKE. Kode “FKE” artinya mesin itu mengadopsi siklus Atkinson dan VVT-iE (Variable Valve Timing-intelligent by Electric Motor). 

Sienta di Indonesia menghasilkan tenaga 105 tk dan torsi 140 Nm, sedangkan konsumen di Jepang mendapatkan tenaga lebih besar, 109 tk, namun torsinya lebih rendah yakni 136 Nm.

Beda lainnya yakni pada pilihan transmisi. Jepang sebagai negara pertama yang menjual Sienta hanya punya CVT (Continuously variable transmission), sedangkan di dalam negeri tersedia CVT dan manual 6-percepatan.

- Toyota Avanza memakai 4-silinder, 1.496cc, DOHC, Dual VVT-i dengan kode 2NR-VE.
Mesin grand new Avanza
Toyota Avanza memakai 4-silinder, 1.496cc, DOHC, Dual VVT-i dengan kode 2NR-VE.
“Nah spesial yang Avanza, (2NR-VE) itu kan pengganti yang dulu 1.5L 3SZ-VE. Daihatsu yang menamainya begitu,” kata Iwan Abdurrahman dari Technical service Division Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan, Kamis (7/4/2016),

Iwan mengaku sudah membandingkan kondisi mesin Sienta untuk Indonesia dan Avanza, kesimpulannya blok mesin sama tapi bisa dipastikan komposisi komponennya berbeda, misalnya posisi saringan oli, altenator, dan koil.

Prinsip kerjanya serupa, namun memang desainnya berbeda. Beda paling mencolok lainnya mesin Sienta menghadap ke depan sebab memiliki penggerak roda depan, sedangkan Avanza menghadap ke belakang karena yang digerakan mesin adalah roda belakang
Spesifikasi mesin toyota Sienta

Made in
Perbedaan paling mendasar mesin itu dengan Sienta yaitu punya Avanza dikembangkan dan diproduksi Daihatsu. Sedangkan Sienta, seperti sudah diketahui, dibuat Toyota Indonesia. Mesin Avanza juga masih memanfaatkan besi baja biasa, bukan aluminimum seperti milik Sienta.

Bentuk mesin Toyota Sienta.
Mesin Toyota Sienta

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar