--> Skip to main content

Mengintip baris ketiga dari toyota Sienta, cocok untuk dewasa atau anak kecil?

Toyota Sienta memang baru saja direlease minggu kemarin di IIMS. Dan unit yang ada di lokasi Booth Toyota tersebut memang bisa kita coba untuk menikmati sisi kenyamanan dan berbagai posisi didalamnya. Nah untuk ulasan kita saat ini adalah mengenai bangku ke 3 dari Toyota Sienta.

Menurut informasi yang diketahui dari kompas otomotif, bahwa baris ketiga sepertinya memang diperuntukan untuk anak kecil. Kenapa? Karena ketika dicoba dengan tinggi badan 170cm ternyata lutut tidak bebas bergerak terasa mentok pada kursi baris kedua. Duduk semakin tidak nyaman, karena kaki harus mengangkat atau tidak bisa menempel ke bawah, sebab lantainya dibuat sedikit mengembung. Saat mencobanya, semua diatur standar, artinya posisi jok tengah diatur sesuai dengan aslinya.

Posisi kaki di baris ketiga Sienta
Kaki harus ditekuk agar masuk
Namun, jika jok di depannya sedikit dimajukan, posisi lutut tidak mentok. Tetapi, penumpang tengah yang akan merasa sempit karena posisinya tidak sesuai dengan standar. Bukan hanya legroom, urusan headroom juga kurang baik, apalagi ketika duduk paling kanan. Kepala mentok dengan atap kabin, bahkan jika terlalu pojok posisi kepala menjadi miring.

Buat penumpang setinggi 178 cm, duduk di baris ketiga rasanya sempit, apalagi bila duduk di jok sebelah kanan. Ruang kepala terpangkas karena posisi sabuk pengaman untuk penumpang tengah di jok baris kedua ada di plafon.
posisi kepala duduk di bangku belakang Sienta
kepala mentok di kabin
Kenapa bisa begitu, karena desain atap kabinnya didesain tidak rata dan yang menonjol itu dibuat untuk menyimpan sabuk pengaman, bahkan ketika ditanyakan ke tenaga penjual di booth Toyota IIMS 2016, itu merupakan tempat isofix atau untuk memasang car seat balita.

Tetapi, jika duduk disebelah kiri posisi kepala normal, namun ruangnya tidak terlalu luas atau kurang lebih hanya tiga jari orang dewasa.

Kesimpulannya adalah, jok baris ketiga Toyota Sienta ini hanya cocok untuk anak kecil atau penumpang yang punya tinggi badan di bawah 150 cm. Lebih dari itu, Anda tidak akan merasakan kenyamanan, apalagi jika pergi dengan perjalanan lebih dari 30 menit.

Secara keseluruhan, Sienta yang dibuat berdasarkan permintaan masyarakat Indonesia ini memiliki dimensi panjang 4.235mm, lebar 1.695mm, tinggi 1.695mm, dan jarak sumbu roda (wheekbase) 2.750mm.
Sumber gambar dan artikel : kompas otomotif
Kita lihat secara visual via youtube ya.
 
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar