--> Skip to main content

Kupas Tuntas mesin dan Fitur Toyota Calya

Kupas Tuntas mesin dan Fitur Toyota Calya
Bagian Belakang Toyota Calya
Dari kemarin duni otomotif Indonesia sedang diramaikan kembali oleh kehadiran adiknya sikembar Xenia-Avanza dan kakak kelas dari Agya-Ayla. Walaupun lebih dikenal sebagai penerus atau pengembangan dari Agya dan Ayla tapi mobil mini MPV ini sepertinya tetap akan menarik minat masyarakat. Terlebih dengan merek Toyota dan Daihatsu yang masih menjadi produsen mobil yang mendominasi di Indonesia.
Kupas Tuntas mesin dan Fitur Toyota Calya
Gambar depan-belakang Toyota Calya
Nah kali ini IndoBlaze ga akan ketinggalan berita juga mengenai hadirnya penerus dari Agya dan Ayla yang dibuat dengan 7 seater mirip Datsun Go+. Dengan nama Toyota Calya dan Daihatsu Sigra sepertinya akan menuai ketenaran seperti sang adik kembar Agya dan Ayla.

Untuk saat ini kita akan membedah mesin dari Toyota Calya yang mempunyai Arti "Sempurna" alias tanpa cela.
 
Mesin
Mesin VVT-I untuk Toyota Calya
Perkiraan mesin yang nanti akan dipakai vvti Toyota
Gosip-gosip yang didapatkan bahwa untuk Toyota Calya ini juga menggunakan mesin yang dipakai oleh pendahulunya yakni Mesin Toyota Etios Valco dengan kode  3NR-FE. Mesin dengan konfigurasi 4 silinder dengan kapasitas 1.197cc. Dengan teknologi Dual VVT-i, selain lebih efisien konsumsi bahan bakarnya, juga kompresi ruang bakar jadi naik, mencapai 11,5:1.

Untuk mesin 4 silinder ini sepertinya akan diharamkan minum premium.

Tenaga yang dihasilkan mesin ini bisa dua pilihan, pertama 80 Dk dan satu lagi 86 Dk. Sedangkan torsinya ada yang 104 Nm pada putaran 3.100 RPM, juga 108 Nm pada putaran 4.000 RPM.

Banding dengan Datsun GO+

Sebagai perbandingan, Datsun GO+ Panca mengusung mesin dengan kapasitas 1.198 cc yang dibulatkan jadi 1.2 liter dengan konfigurasi 3 silinder. Mesin ini punya tenaga sebesar 68 dk dan torsi 104 Nm.

Secara adu irit dengan sama-sama menggendong mesin 1200cc sepertinya akan sama bahkan lebih irit dengan tehnologi dual VVTi ini.

Soal usungan fitur dan harga jualnya nanti pun mereka masih bungkam. Namun karena Toyota Calya diposisikan berada diantara Toyota Agya dan Toyota Avanza, maka harga jualnya pun ada di kisaran tersebut.

Harga

Diprediksi Toyota tetap akan menawarkan ragam varian tipe, dengan estimasi kisaran harga mulai dari Rp 130 jutaan sampai Rp 170 jutaan. Sebuah harga yang menggiurkan untuk MPV 7 penumpang terbaru ini.

Fitur :
  • AC double blower tersedia di semua tipe Calya namun Sigra hanya di tipe tertentu
  •  Varian tertinggi Calya mendapat bluetooth di headunitnya
  •   Posisi tuas transmisi Toyota Calya dan Daihatsu Sigra terletak di dashboard
  •  Kursi baris kedua sudah One touch tumble jadi dia bisa dilipat 50:50 tetapi baris ketiga tidak bisa dilipat 50:50
  • Calya sudah dual airbag disemua tipe sedangkan Sigra hanya di tipe tertentu
  •  Setir disebutkan mengadopsi model Avanza-Xenia (3 spoke) dan katanya pula rem tangan bentuknya mirip tuas perseneling (??)
  •  Tipe tertinggi calya-sigra akan dilengkapi dengan foglamp
  •  Calya punya seatbelt 3 titik disemua bangku termasuk penumpang tengah baris kedua + ISOFIX
  •  Baris ketiga diklaim dapat memuat 2 orang dewasa sehingga diklaim bisa 7 orang dewasa muat disitu
  •   Busa Jok katanya akan setebal milik Avanza-Xenia sehingga diklaim lebih nyaman dibandingkan kompetitor
  •  Toyota Calya akan tersedia dalam 2 tipe, E dan G. Masing-masing punya varian manual dan otomatis sedangkan Daihatsu Sigra punya lebih banyak varian.
  •  Untuk Daihatsu Sigra tampangnya sepeti UFC3 concept tapi lebih sederhana
Mudah-mudahan baris ketiganya tidak hanya muat untuk anak kecil.
 
Gimana? tertarik untuk meminangnya? Tunggu update selanjutnya, menurut info akan dipamerkan di Pameran OTomotig GIIAS tahun ini. 

Sumber : Otomotifnet.com
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar