Skip to main content

Cara menurunkan menaikan dan menurunkan body mobil Panther dengan menyetel torsi dan permasalahan kaki-kaki.

 Hello IndoBlazer reader.
Pernah berpikir untuk menaikan body mobil agar terlihat lebih gagah? Atau ingin menurunkan body mobil agar terlihat lebih ceper look dan street performance. Dan biasanya ketika body diturunkan akan semakin stabil dalam kecepatan tinggi.

Nah untuk kali ini sebagai ajang percobaan adalah mobil Isuzu Panther Grand Touring yang akan di turunkan torsinya agar terlihat lebih ceper dan terlihat street performance.

Berikut kita perhatikan dulu gambarnya.
Cara menaikan torsi isuzu panther grand touring
image: http://yamatoikwan.blogspot.com

Keterangan Gambar:
1. Siapkan alat dan bahan, Dongkrak beserta perlengkapane, Kunci Sock 22, dan Cutter2. Dongkrak roda depan seperti gambar2
3. Coba mengolong di belakang roda depan, nanti akan ada pipa panjang sekitar 1 meter yang di ujungya ada kepala baut 22. Gambar 3 dan gambar 4 itu adalah baut torsi, Putar kekanan searah jarum jam untuk menaikkan body mobil dan putar kekiri buat menurunkan ... ( ingat pertama coba putar 1/4 putaran dulu )
4. Setelah itu setel juga bagian satunya, Torsi roda kanan dan kiri.
5. Lalu turunkan dongkrak dan lihat hasilnya ? bila udah ceper sesuai keinginan lanjut ke Gambar 5 dan 6 disebelah sock depan,.. ada karet dumper, Kalau mobil diceperken maka karet perlu dipotong ujungnya biar ngak menganggu jarak main ... silahkan potong diujungnya roda kanan dan kiri, sesuai penurunan, bila diturunkan 1 cm maka karet dipotong 1 cm juga.
6. Selesai turunkan dongkrak lalu coba test jalan,...
untuk mobil yang diceperkan 1-3 cm tidak perlu di spooring, Tetapi bila anda tidak Pede lalu kepengin melakukan ritual Spooring ya lebih baik.

Sumber : http://yamatoikwan.blogspot.jp/2013/02/setel-ketinggian-torsi-roda-depan.html

Nah untuk beberapa permasalahan yang terkait meninggikan body mobil dengan menyetel baut torsi dan kaki-kaki Isuzu Panther Grand Touring.

1. Body sudah ceper,kiri-kanan jaraknya 3 jari tapi kiri mentok kanan tidak mentok alias gasruk ke body.
1. kemungkinan bagian yang mentok socknya lebih lemah dari yang tidak mentok.
2. Kondisi Terot long terot, setelan Trail dan caster dll dan lain2 kemungkinan beda (biasanya agak oblak)
3. Kemungkinan setelan jarak main belok roda di worm sterr ngak rata antara membelok pol kekanan dan kekiri ( tapi ini hanya untuk kondisi mentok waktu roda dibelokkan)

2. Dimana posisi meletakan dongkrak agar roda menggantung?
 besi yang dekat tempat oli mesin yng model besinya seperti huruf U yang tempat gantungan arms roda depan

3. Apakah bagian belakang bisa dibuat lebih tinggi?
Bagian belakang bisa ditinggikan dengan menganti anting belakang yang lebih panjang atau menganti peer yang lebih parabolic

4. Baut torsi berkarat dan tidak bisa diputar.
Berikan pelumas anti karat dan jika masih terasa susah untuk diputar bisa menggunakan sistem pemanasan pada bagian yang berkarat.

5. Bagaimana caranya agar body belakang lebih tinggi dari body depan?
Untuk hal ini jangan menggunakan metode roll, karena akan sia-sia alias balik lagi seperti kondisi sebelum di roll dalam 1-2 minggu. kalau mau hemat anda bisa ganti peer 2 baris teratas, ntar yang 2bisa pake yang lama, lalu kalau mau pasang 5 ya bisa dengan cara bagian peer ke 5 terbawah dikurangi panjangnya atau jangan diklem. untuk menambah tinggi bisa ganti anting aja, itu cara termudah dan termurah dan tercepat.

6. Tinggi sudah sama tapi sisa baut torsi berbeda.
No Problem, yang penting tinggi mobil sama.

7. Rem depan kanan kiri tidak sama pakemnya, dan membuang.
kalau stir lari kekanan waktu direm, kebanyakan itu hanya karena kepakeman rem depan ngak sama, yang kiri lebih tiak pakem dari yang kanan, jadi stir lari kekanan. untuk kondisi tertentu kadang gara gara baljoint, terot sudah aus juga ya bikin lari seperti itu
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar