--> Skip to main content

Putaran RPM naik turun saat menyalakan AC.

Putaran RPM naik turun saat menyalakan AC.
Speedometer Blazer normal
Om bro.
Kali ini saya share saja pertanyaan dan jawaban mengenai RPM yang tiba-tiba anjlok menjadi 500 lalu naik sendiri ke 1000 saat menyalakan AC. Nih saya quote saja pertanyaan dan jawabannya ya on bro.


selamat malam opa dan para suhu,mau tanya :
1.pada saat ac dinyalakan Rpm drop ke 500,lalu naik lagi ke 1000.Motor fan condensor ac berputar pelan dan magnet clutsch on off sendiri,dryer dingin, putaran mesin seperti berat, lampu MIL ikut nyala, ketika kabel thermostat ac saya lepas motor fan condensor ac putaran nya kencang(normal), putaran mesin tidak berat(stasioner halus di 1000 RPM) namun lampu mil masih tetap nyala.
Mesin dimatikan sebentar dan di start lagi, tanpa ac dinyalakan mesin berputar halus, lampu MIL mati.Namun setelah stasioner sekitar 5 menit lampu MIL nyala kembali.

jadi dimanakah permasalahan nya?
mohon bantuan nya Opa dan para suhu, terimakasih.

note:
-Motor fan radiator diJumper, on ketika mesin hidup, sebelum starter motor fan radiator mati.


Jawaban dari master Blazer :
Sepertinya harus kebengkel ac di cek tekanan freonnya, kalau terlalu tinggi clutch compresor on/off sendiri, putaran mesin jadi berat, motor fan juga putarannya lemah ga kebagian arus, kesedot kompresor waktu on...
Bisa orifice di evap buntu, bisa kompresor macet, biasanya orifice buntu.

Untuk lampu Mil yang nyala harus tetap di cek DTC dulu.

Mudah-mudahan informasi kecil ini bermanfaat untuk semuanya.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar