Skip to main content

Menaikan performance Xenia Avanza dengan teori "Jamu Gendong" agar tarikan enteng dan napas panjang dari AXS

Anda punya Avanza? Sudah VVTi tapi masih suka ndut-ndutan dan kurang ngacir?

Secara keilmuan permobilan, kondisi mobil ndut-ndutan adalah salah satu satu akibat adanya ketidak normalan dalam sistem pembakaran. Entah dari businya yang pengapiannya tidak sempurna, injector yang mulai kotor, pompa bensin yang mulai lemah atau bahkan asupan udara yang kurang.

Dari semua hal diatas yang paling mudah dan murah adalah cek pada asupan udara yang masuk kedalam throttle untuk pembakaran. Ketika udara tersendat dan asupan terlalu kecil bisa mengakibatkan pembakaran tidak sempurna dan ujungnya adalah konsumsi bahan bakar banyak terbuang alias boros.

Lalu gimana caranya menaikan performace mobil yang murah meriah ketika semua pengapian sudah bagus tapi napas masih saja pendek pendek dan terkesan ngos-ngosan.

Tenang om, jangan buru-buru bawa ke bengkel modifikasi untuk pasang turbo atau sejenis meningkat performance dari mobilnya, karena kita mempunyai kabar baik nih. Tips murah meriah untuk menaikan performance dari Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan beberapa mobil sejenis VVTi atau injeksi dengan filter udara Horizontal.

Tips ini sebetulnya ditemukan oleh Sejati Bengkel Purwokerto yang telah mencoba sendiri peningkatan performance dari Avanzanya, napas lebih panjang dan tidak ada lagi suara ngelitik dan ndut-ndutan di RPM rendah sampai tinggi. Sudah banyak dipakai oleh member dari group Avanza Xenia Solution.

baca juga : Cara reset ECU Xenia Avanza.

Gimana caranya?

Berbekal Aluminium foil untuk peredam panas kap mesin, filter udara yang tadinya mempunyai sekat kotak-kotak kini di tutup sekatnya menggunakan aluminium. Kenapa bisa?

Secara teorinya seperti ini yang bisa saya jelaskan. Awalnya filter udara terdapat 2 ruangan. 1 ruangan untuk filter udara dan 1 ruangan free untuk jalur udara menuju throttle. Dan udara yang menuju throttle ini kadang terperangkap ketika akan masuk ke throttle di kotak-kotak tersebut. Bisa di mengerti sampe sini?

Nah karena kita tutup dengan aluminium foil, udara yang tadinya ke blow dalam sekat-sekat kini bisa bebas masuk ke dalam throttle tanpa halangan, lebih free flow saja. Dan dampaknya adalah asupan udara ke dalam mesin menjadi lebih lancar, lebih banyak dan ini yang menjadika tarikan bisa lebih enteng dan mempunyai napas yang panjang.

Bisa dimengerti ya om sampe sini? Kalau bisa silahkan praktekan sendiri dirumah masing-masing aja, ga usah ke bengkel karena bengkel resmi kan ga pake ginian. wkwkwk
Menaikan performance Xenia Avanza dengan teori "Jamu Gendong" agar tarikan enteng dan napas panjang dari AXS
Tips Jamu Gendong untuk Avanza dan Xenia New

Modalnya murah kok ga sampe 3 bungkus rokok. Atau kalau mau lebih murah mendingan patungan sama yang lainnya, karena biasanya peredam kap mesin ini  dijual permeter dan 1 meter cukup untuk 20 mobil.
Menaikan performance Xenia Avanza dengan teori "Jamu Gendong" agar tarikan enteng dan napas panjang dari AXS
Pemasangan pada Avanza dan Xenia non VVTi

Beberapa testimoni yang sudah menggunakan tehnik ini mengatakan puas dan napas untuk nyalip-nyalip lebih panjang. Gigi 4  RPM di 1000 saja sudah ngacir. 1000 cc terasa seperti 1300cc.

Oh iya, tehnik ini dinamakan sebagai tehnik "Jamu Gendong" Entah apa yang mendasari penamaan "Jamu Gendong" itu sendiri yang penting tarikan mesin jozz dan mempunyai napas panjang.

Tapi kalau saya quote dari penemunya langsung penjelasannya adalah sebagai berikut:

Rumusan jamu gendong adalah teori aerodinamis, jika mengerti hal ini maka yang belum paham akan menjadi paham karena dalam.hukum aerodinamis kita akan mengerti tentang gerak udara.

Demikian sedikit bocoran mengenai jamu gendong, kenapa mengunakan aluminium? Karena disitulah jawabannya dan kenapa kok tidak mengumakan bahan yang lain? Karena kita tidak untuk berdagang dan mencari keuntungan, hanya untuk sodaqoh ilmu. Jd bahan yg termudah dan murah adalah lapisan peredam mesin.

Jika ada yg mengatakan meniru menjiplak.atau apapun silahkan saja karena konsep jamu gendong ini terlahir.dari ide pengamatan, analisa sistem kalburasi yg dicompare dengan injection dan dikombinasi dengan sistem.teori aerodinamis.

Sehingga ide ini berjalan dengan tertuang melalui pengembangan dan riset cara gerak udara dan pergerakan laju udara.

Sehingga tercipta jamu gendong, teori ini valid dan terbukti kenapa terjadi peningkatan secara tekanan udara dan berhubungan dengan volume udara karena gerak aerodinamis itu terjadi dan mengakibatkan peningkatan performa dalam performa avanza dan xenia all variant.

Testimoni, video, dll sudah lengkap di group yang kita cintai ini dan di youtube pun bisa disearch untuk dipelajari.

Video testimoni :
Gigi 4 di RPM rendah : https://www.facebook.com/sejati.bengkel/videos/1049692638457825/

Gigi 4 di RPM 900-3000 tanjakan.
https://www.facebook.com/sejati.bengkel/videos/1049727825120973/

Jika mengamati kalimat yang kami jelaskan ini maka akan ada kata kunci yang membuat performa meningkat dari jamu gendong ini.

Selamat menikmati JAMU GENDONG.....semoga bermanfaat.
Efek Jamu Gendong terhadap bahan bakar.

Apabila penempatan yang tepat ada yang menceritakan langsung dengan bahan bakar pertamax tembus 1: 16 dalam kota. Luar kota bisa lebih dari itu sesuai laporan yang kami terima langsung dilapangan.

Kondisi busi baru, throttle body dan rekan2nya kondisi bagus. Jenis kendaraan yang dipakai all new.

Tips ketika memasangnya diusahakan wajib untuk menggunakan double tape yang kuat atau lem, karena takutnya lepas dan tersedot masuk ke dalam mesin, bisa membuat mampet di throttle.

Sumber dan credit : Avanza Xenia Solution dan dikembangkan dengan bahasa sendiri.

 
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar