--> Skip to main content

Apakah mobil tua sama dengan barang investasi?

Diantara banyak orang tentu berpikir jika investasi adalah tanah, emas atau surat berharga dan Uang. Dan itu memang benar, karena secara ekonomi barang tersebut adalah hal yang sangat bisa dijadikan sebagai bahan investasi masa depan. Selain karena mudah untuk menguangkannya, juga karena nilainya yang tetap bahkan naik di waktu kedepanya.
Apakah mobil tua sama dengan barang investasi?
Apakah mobil tua sama dengan barang investasi?
Lalu mengenai kendaraan apakah bisa dijadikan investasi? Untuk kendaraan sebenarnya bukan merupakan investasi, karena nilainya terus berkurang setiap waktu. Penyusutan harga juga lebih cepat dibandingkan barang apapun. Resiko rusak bahkan hilangpun lebih besar. Lalu bagaimana dengan judul postingan saya diatas?

Mobil tua bagi sebagian orang memang bisa dijadikan sebagai investasi ketika bentuk bukan lagi sebagai ukuran jual beli. Untuk mobil tua yang langka, kondisi seperti apapun aja laku dijual dengan harga tinggi, bahkan tinggal body dan pintu saja masih ada yang jual dan membelinya dengan harga puluhan juta.

Memang tidak semua orang menyukai mobil tua seperti ini, tapi bagi kolektor bentuk mobil tinggal bodynya saja sudah merupakan harta karun yang tak ternilai. Suka-Cocok-Angkut itulah istilah yang ada di kalangan kolektor mobil tua. Ketika mereka menyukai bentuk dari mobil yang diincar, menemukan bangkainya sekalipun akan diteruskan untuk membayar dan membangunnya.
Apakah mobil tua sama dengan barang investasi?
Truk tua berkarat dijual hampir seratus juta
Misalnya saja truk tua diatas, mobil tua berkarat tanpa bak, mesin mati tanpa ac dan tanpa power stering masih saja laku puluhan juta bahkan banyak juga yang berminatnya. Bahkan jika kita perhatikan truk tersebut tinggal kepala dan sasis saja, mesin juga bisa jadi butuh mesin baru untuk membangkitkan truk tua tersebut. Jika memang terjual seharga 90 juta, untuk membangunnya kembali bisa 2-3 kali lipat dari harganya, bisa ratusan juta. Sebuah harga yang mahal untuk hobi restorasi mobil tua.

Hobi memang mengalahkan segalanya.

Restorasi mobil tua memang harus mempunyai budget yang tak terbatas. Tidak bisa sekaligus rapi, karena biasanya mencari part-part orisinil yang sangat susah didapat. Interior, exterior akan dibuat se-original mungkin, walaupun di sisi mesin biasanya diswap engine ke yang lebih muda karena mesin bawaan mobil sudah benar-benar punah atau terlalu sulit untuk direstorasi.

Jika kita punya niat untuk restorasi mobil tua harus fokus. Fokus dalam pikiran mencari part-part original sampai fokus dalam dana juga. Karena ketika kita tidak fokus, terganggu oleh mobil model lain akan buyar semua rencana restorasi kita.

Lalu apakah setelah restorasi akan bisa dijadikan investasi mobil tua kita itu? Tentu saya jawab bisa.!
Apakah mobil tua sama dengan barang investasi?
Restorasi mobil tua
Sudah banyak cerita jual beli mobil hobi,mobil tua yang sudah di restorasi dibuat mulus lagi seperti jaman dulu dengan harga selangit. Ya memang wajar jika harganya bisa sampe ratusan juta karena memang berbanding lurus dengan biaya dan waktu yang dikeluarkan untuk semuanya.

Saya coba ambil tips restorasi mobil tua dari http://www.asapmobil.com/tips-membangun-restorasi-mobil-retro-klasik/

1. Fokus pada satu jenis mobil yang akan direstorasi. Seperti yang saya tulis diatas, jika kita sudah tidak fokus, otomatis semuanya akan terbengkalai.
2. Bergabung dengan club atau group mobil tua. Karena dengan adanya hubungan yang mempunyai tujuan yang sama akan lebih mudah untuk share informasi dan mudah dalam mencari barang yang sedang kita cari. Minimal informasinya.
3. Pelajari seluk beluk mobilnya dari Internet. Spesifikasi interior, exterior dan mesinnya.
4. Hati-hati dalam memilih atau membeli part dan aksesoris. Cari penjual yang terpercaya. Jika membeli online pun harus benar-benar pada situs yang terpercaya.

Jadi, Bagaimana kabar mobil tua anda?
Blazer anda mungkin 20 tahun lagi akan menjadi barang langka yang harganya selangit seperti semua keluarga Chevrolet Tua lainnya.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar