--> Skip to main content

Kupas Tuntas Daihatsu Sigra Toyota Calya.

Hello om bro.
Masih hangat mengenai mini MPV keluaran Daihatsu dan Toyota yang bernama Sigra dan Calya. Duo kembar adiknya Xenia Avanza ini sepertinya menjadi mobil terlaris di akhir tahun 2016 ini. Sejak diluncurkan Agustus lalu sampai bulan November ini rata-rata indent 2-3 bulan untuk semua pemesan Calya dan Sigra. Ini bukan hal yang aneh memang, terlebih ketika melihat bentuknya yang sporty dari berbagai sisi.

Calya dan Sigra memang awalnya adalah Agya Ayla yang ditambahan body belakangnya menjadi 7 seater. Dan ini menjadi penantang paling tangguh untuk Datsun GO+ yang lebih dulu keluar tanpa saingan selama beberapa tahun di segmen mini MPV 7 seater.

Nah untuk tulisan kali ini IndoBlazer akan memberikan informasi kupas tuntas Daihatsu Sigra dan Toyota Calya dari perawatan rutin hingga menjawab kegalauan anda yang sedang bingung memilih Daihatsu Sigra atau Toyota Calya.

Biaya Serta Rincian Servis Daihatsu Sigra Hingga 50.000 Km

Biaya Serta Rincian Servis Daihatsu Sigra Hingga 50.000 Km

Biaya Serta Rincian Servis Daihatsu Sigra Hingga 50.000 Km

Seperti diketahui, selain harga mobil, ongkos perawatan juga menjadi salah satu pertimbangan konsumen saat ingin membeli mobil. Nah, bagi yang penasaran, Otomania punya angka perhitungan biaya servis perawatan (periodical maitenance) Sigra bermesin 1.200 cc transmisi otomanis dengan perhitungan sampai 100.000 km.

Untuk servis bekala hingga 50.000 km atau satara tiga tahun, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan kemudahan berupa gratis jasa servis, artinya konsumen cukup membayar komponen saja.

Untuk servis 10.000 km biaya dikeluarkan hanya Rp 364.000 untuk pergantian oli, sedangkan di 20.000 km sedikit naik menjadi hingga Rp 391.000 untuk pergantian oli beserta filternya. Masuk ke masa 30.000 km biasa servis kembali seperti awal, yakni Rp 364.000.

Sedangkan untuk periode 40.000 km biaya mengalami kenaikan karena adanya komponen tambahan yang diganti, yakni oli mesin, filter, minyak rem, dan filter kabin yang totalnya menjadi Rp 647.000. Sedangkan untuk periode 50.000 biaya servis kembali menjadi Rp 364.000.

Bila dirunut, total biasa servis Sigra hingga 50.000 sebesar Rp 2.130.000. Jumlah biaya servis rutin ini berlaku baik untuk Sigra 1.200 cc bertransmisi manual dan matik dalam masa gratis jasa servis. Untuk biaya servis berikutnya, yakni 60.000 km sampai 100.000 km.

Besarnya biaya service ini juga berlaku untuk Calya pada bengkel resmi Toyota.

Letak rem tangan Daihatsu Sigra.

Kehadiran Toyota Calya dan Daihatsu Sigra sangat dinantikan oleh konsumen di Indonesia. Kami pun telah mendapat kesempatan untuk mencoba keduanya baik First Impressions maupun First Drive. Di saat itu, kami mencoba desain rem parkir Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang unik.

Desain rem parkirnya tergolong unik karena bentuknya yang melebar dan terletak dibawah sandaran tangan. Kalau diperhatikan mirip tuas transmisi otomatis. Kami pun sempat keliru mengira itu sebagai tuas transmisi. Apalagi posisinya saat dilepas berada di bawah dan terhalang oleh alas jok penumpang depan.

Untuk menarik rem parkirnya cukup mudah. Tinggal tarik ke atas saja maka ia akan langsung mengunci. Pergerakan tuasnya pun terbilang pendek. Dengan posisi yang rendah membuat posisi bahu akan bergerak lebih maju ke bawah untuk mengoperasikannya. Pun untuk melepasnya tuas tersebut mesti diungkit sedikit ke atas sembari menekan tombol dan baru dilepas ke bawah.
letak rem tangan daihatsu sigra

Dari sisi ergonomis sepertinya akan cukup mengganggu. Belum lagi jika armrest Sigra atau Calya diturunkan. Bukan tidak mungkin ketika menghadapi kemacetan dan harus bermain dengan rem parkir maka tubuh berpotensi terasa cepat lelah. Meski begitu harus dibuktikan terlebih dahulu melalui sesi test drive.

Konsumsi BBM Daihatsu Sigra dan Toyota Calya.

Konsumsi BBM Daihatsu Sigra dan Toyota Calya.

Konsumsi BBM Daihatsu Sigra dan Toyota Calya.

Hadirnya LCGC seven seater dari Daihatsu yang diberi nama Sigra, banyak menghadirkan pertanyaan tentangnya. Kami pun ingin mengetahui lebih dalam proses perancangan dengan berbicara langsung dengan product plannning.

“Dalam proses perancangan Sigra lebih cepat dibandingkan dengan Xenia yang memakan waktu hingga 3 tahun,” kata Toshinari Yonezawa, Manager Product Plaanning Div. R&D Group Daihatsu Motor Co.,LTD.

Melihat terciptanya Daihatsu Sigra berasal dari platform yang serupa digunakan oleh Daihatsu Alya, tentunya akan lebih mudah dalam proses perancangannya. “Yang tersulit adalah menyesuaikan catatan konsumsi bahan bakar Sigra dengan aturan pemerinntah di Indonesia,” jelas Toshinari.

Jelas saja, Daihatsu Sigra yang memiliki kapasitas 7 penumpang tentunya memiliki dimensi yang lebih besar dari Alya. Dimensi yang lebih besar ini tentu berimbas pada bobot yang lebih berat, hingga butuh perhitungan yang matang untuk mengikuti aturan LCGC yang diberikan pemerintah, bahwa catatan konsumsi BBM yang diraih harus 20 km/l.

Air Sirculation Daihatsu Sigra dan Toyota Calya.

Air Sirculation Daihatsu Sigra dan Toyota Calya.

Air Sirculation Daihatsu Sigra dan Toyota Calya.

Berbeda dengan model MPV lainnya, Daihatsu Sigra tak dilengkapi dengan AC double blower untuk penumpang tengah dan belakang. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengganti model AC Double blower dengan fitur baru bernama rear air circulator.


Direktur Marketing ADM, Amelia Tjandra mengatakan tidak dipasangnya double blower terkait harga pendingin udara kabin tersebut memiliki harga mahal.

“Kami pake air circulator. Kami bisa aja menyiapkan AC double blower, tapi nantinya harga enggak akan masuk di kendaraan low cost green car (LCGC). Lebih karena harga,” ujarnya.

Amelia menambahkan, meski lahir sebagai mobil LCGC, ADM berusaha agar mobil tetap membuat penumpangnya merasa nyaman, karenanya dirancanglah rear air circulator.

“Meski demikian kami harus menyiapkan yang terbaik, makanya circulator ini yang pertama di dunia dipake oleh mobil Daihatsu. Ini adalah inovasi baru dari sebuah mobil, pakai fitur seperti itu,” tambahnya.

Diketahui rear air circulator merupakan pendingin udara yang terletak di plafon bagian tengah Daihatsu Sigra. Sistem pendingin ini bekerja untuk mengalirkan angin dingin dari AC depan. Namun pengaturannya bisa dilakukan dari konsol tengah

Mengulas pilihan Daihatsu Sigra atau Toyota Calya.

Mengulas pilihan Daihatsu Sigra atau Toyota Calya.

Mengulas pilihan Daihatsu Sigra atau Toyota Calya.


Nah sekarang yang masih galau mau ambil SIgra atau Calya silahkan baca ulasan dibawah dari para usernya langsung ya om bro.
1. mending calya om lebih lengkap tdnya waktu itu sy mau ambil sigra tp karena harganya cuma beda tips&lebih lengkap calya makanya saya plih calya, maaf bukan saya meremehkan sigra/ meragukan sigra.
2. Pake type G at warna putih utk tarikan lumayan kencang cuma lemah ditanjakan doank, dia membutuhkan waktu 3detik utk tenaga yg maksimal ditanjakan.
3. Mau calya atau sigra ambil yang abs, kalo manual harus ambil calya karena sigra ga ada yang abs, kalo matic sigra bisa jadi pilihan.
4. Ambil sigra AT R deluxe, dari sisi tampilan paling oke, minusnya dari calya buat saya cuma ga ada auto door lock, tapi bisa pasang sendiri, kalo seatbelt sensor sama seatbelt 3 titik dibaris 3 memang saya ga butuh, dan ga suka sama seatbelt gantung di atap yg ada di calya, balik lagi ke pertimbangan pribadi masing-masing.
5. Tentukan dulu kebutuhan anda,
- Manual atau Matik
- Harus ABS atau tidak
- Harus ada Isofix atau tidak
- Harus ada autolock atau tidak
- Harus semua seatbelt 3 titik atau tidak
- Harus sdh anti karat atau tidak

Kalkulasikan semua kelebihan dan kekurangan, bandingkan kepantasan harga dan selera tampilan, lebih lengkap belum tentu kita butuh kan, harga lebih murah tidak berarti tidak punya kualitas/keunggulan, fitur bisa jadi keunggulan, harga juga bisa jadi keunggulan, itu pilihan.

Pada jok baris kedua ada kait khusus untuk jok bayi, tapi harga jok bayi khusus untuk isofix mahal banget (bagi sy tidak perlu)

Target pemasarannya beda om, klo daihatsu sih menegah kebawah, klo toyota menengah keatas dan cari konsumen untuk mengeluarkan duit lebih buat gengsi, padahal sama mobilnya...itu dari segi pemikiran saya, maaf klo salah ya....

Nah itulah ulasan memilih Sigra atau Calya menurut user langsung yang saya ambil dari groupnya CALSIC.

Perbandingan harga Daihatsu Sigra dan Toyota Calya.

Perbandingan harga Daihatsu Sigra dan Toyota Calya.

Perbandingan harga Daihatsu Sigra dan Toyota Calya.


Setelah kita galau dengan pilihan Calya dan Sigra mungkin dari sisi Harga bisa membuat kita makin joss mau ambil yang Calya atau Sigra.
+ Toyota Calya akan dibanderol mulai Rp 125 juta sampai Rp 149 jutaan. Berikut rincian lengkap harga Toyota Calya on the Road Jakarta:

- Toyota Calya Tipe E 1.2 MT STD Rp 129.650.000
- Toyota Calya Tipe E 1.2 MT Rp 132.450.000
- Toyota Calya Tipe E 1.2 AT Rp 145.450.000
- Toyota Calya Tipe G 1.2 MT Rp 138.000.000
- Toyota Calya Tipe G 1.2 AT Rp 150.000.000

+ Daihatsu Sigra akan dibanderol mulai Rp 106 juta sampai Rp 147 jutaan. Berikut rincian lengkap harga Daihatsu Sigra  on the Road Jakarta:
Sigra 1.0 D MT Rp 106.600.000
Sigra 1.0 M MT Rp 115.500.000
Sigra 1.2 X MT Rp 124.850.000
Sigra 1.2 X MT DLX Rp 130.350.000
Sigra 1.2 X AT Rp 137.650.000
Sigra 1.2 X AT DLX Rp 143.550.000
Sigra 1.2 R MT Rp 130.750.000
Sigra 1.2 R MT DLX Rp 134.550.000
Sigra 1.2 R AT Rp 143.550.000
Sigra 1.2 R AT DLX Rp 147.350.000

Komparasi Mesin Toyota Calya, Daihatsu Sigra dan Datsun Go Panca


Toyota Calya menggunakan mesin yang memiliki kode 3NR DOHC, berkapasitas 1.2 liter dengan teknologi Dual VVT-i sehingga menghasilkan tenaga lebih besar sesuai dengan ukuran bodi mobil yang juga diperpanjang yaitu  mencapai 88 PS dengan torsi 10,8 Nm. Untuk transmisi hadir dalam hanya menggunakan 5 percepatan dan otomatis. Jika dibandingkan dengan datsun Go tentu lebih besar tenaganya, karena Datsun Go hanya mampu mengeluarkan daya 68 dk dan torsi 104 Nm.

Teknologi Dual VVT-i ini juga membuat konsumsi bahan bakar menjadi irit dan kompresi juga menjadi naik yaitu 11,5:1 sehingga tidak disarankan untuk menggunakan bahan bakar beroktan 88 atau premium.

Sedangkan Daihatsu Sigra menggunakan mesin baru 3NR-VE Dual VVT-i berkapasitas 1. 2 liter serta ditambah dengan pilihan mesin 1.0 liter berkode 1KR-FE 3 silinder dengan tenaga 67 PS dan torsi 8,7Nm. Mesin ini merupakan mesin yang sama dengan Toyota Agya/Daihatsu Ayla.
Komparasi Mesin Toyota Calya, Daihatsu Sigra dan Datsun Go Panca

Komparasi Mesin Toyota Calya, Daihatsu Sigra dan Datsun Go Panca

Dari berbagai sumber.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
FanPage : IndoBlazer
Twitter : @djosave
BBM : 53FB5271
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar