Skip to main content

Waduh.. Landrover Discovery di isi Pertamina Dex, 10 meter langsung mati.

Landrover discovery mati karena di isi pertamina dex
Landrover discovery mati karena di isi pertamina dex
Ada-ada aja memang kelupaan seseorang pengemudi, entah lupa nyimpen kunci atau bahkan lupa tempat parkir kadang terjadi. Parkir di Hall A nyari-nyari di Hall B ya dijamin ga akan ketemu. Semua bisa jadi karena faktor usia bisa jadi karena faktor bingung. Ah sudahlah namanya juga manusia.

Ada lagi kejadian lupa ngisi bahan bakar, harusnya ngisi pertamax atau premium malah diisi dengan solar atau pertamina dex. Dan ini sering banget kejadian seperti ini dan biasanya adalah karena sedang melakukan aktifitas seperti telpon sehingga langsung saja berhenti dan bilang isi sekian. Padahal salah pompa.

contoh kasusnya adalah mobil Landrover Dicovery ini, harusnya isi pertamax tapi di isi pertamina dex, otomatis tuh mobil langsung berhenti di 10 meter pertama. Harga mobil milyaran seperti ini mungkin saat membetulkannya bisa seharga motor sport kali ya? Bisa jadi sih.

Katanya yang posting sih nih supir sudah ingetkan 3 kali kenapa isi pertamina dex tapi tetep dijawab isi aja dan setelah dituruti mak jlep tuh mobil mewah langsung mati mesinnya.

Hal seperti ini memang kerap terjadi pada orang-orang yang sering pake beda-beda mobil, terlalu banyak mobil dengan bahan bakar yang berbeda-beda juga membuat lupa sedang pakai mobil apa dan bahan bakar apa, dan akhirnya kesalahan membeli bahan bakar ini menjadi masalah. Mobil harus turun tangki, service injector dan segala macam hingga bisa normal lagi.

Tips dari saya untuk mencegah terjadinya salah isi bahan bakar adalah :
1. Saat masuk pom bensin pastikan dulu masuk ke pompa yang sesuai dengan bahan bakar yang dibutuhkan. Bensin ke bensin, solar ke solar. Walaupun kadang ada pom bensin yang mempunyai banyak pompa sekaligus seperti di rest area.
2. Turun dan pastikan kepada petugas pom bahwa kita akan mengisi bahan bakar tertentu dengan jumlah tertentu. Jangan malas untuk melihatnya langsung karena untuk mengurangi kesalahan pengisian dan jumlah yang kita beli.
3. Hindari menggunakan telpon. Selain memang dilarang menggunakan hanphone di pom bensin juga untuk mengurangi konsentrasi agar tetap fokus pada apa yang di ucapkan dan di lihat.
4. Jika sudah terlanjur mengisi bahan bakar yang salah segera tepikan kendaraan kita dan kuras bahan bakar yang terlanjur masuk. Atau telpon bengkel untuk melakukannya. Jangan memaksakan karena mobil akan rusak lebih parah dengan gejala berhenti mesin total disaat sedang jalan.
5. Jika perlu tempelkan stiker jenis BBM yang dipakai di panel lubang pengisian bahan bakar. Ini menjelaskan kepada petugas untuk mengisi BBM yang sesuai ketika kita lupa atau berhenti pada pompa yang banyak jenisnya.

Demikian yang bisa saya berikan tips mengenai hal-hal untuk mencegah terjadinya kesalahan pengisian bahan bakar.

Semoga bernanfaat dan jangan lupa tetap fokus untuk keselamatan berkendara.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar