Skip to main content

Mengintip spesifikasi bis tingkat PO Putra Mulya.

Bis tingkat mewah di Indonesia

Bis tingkat di Indonesia memang sudah lama tidak ada, dan yang saya ingat juga terakhir beredar adalah bis tingkat yang ada di Jakarta sebagai bis angkutan sejenis Kopaja. Dan setelah itu tidak ada lagi bis yang beredar sebagai kendaraan umum. Sebagai kenang-kenangan sekarang tertinggal di Museum Transportasi Taman Mini Indonesia Indah.

Beberapa kali belakangan ini juga bis tingkat mulai bermunculan. Seperti contohnya adalah bis tingkat yang ada di Bandung dengan nama Bandros, namun bis yang dijadikan bis wisata daerah Bandung juga seperti mati suri, tidak terdengar lagi kehangatannya. Kalau istilah "anget-anget tai ayam", saat baru saja booming dan setelah beberapa saat akan hilang sendiri, bahkan pernah saya lihat juga hanya menjadi bis mati di Taman Alun-alun Bandung. Entah karena memang tidak dijalankan lagi atau mungkin saat tertentu saja.

Setelah sekian lama tidak ada kabar mengenai bis tingkat, kini ada lagi berita mengenai Bis tingkat. Kali ini bis tingkat yang hadir adalah jenis executive class dengan jalur antar kota antar provinsi Jakarta-Solo-Wonogiri.

Bis tingkat milik PO Putra Mulya ini adalah bis dengan sasis 3 sumbu roda keluaran Scania ini memang baru akan launcing 25 Desember 2016 besok. Menyediakan 2 kelas yakni First Executive Class dan Elegant Class.

Perbedaan dari kedua kelas tersebut adalah dari fitur yang ada didalam bisnya First Executive Class yang berada di dek atas memiliki total 38 kursi. Bus tingkat PO Putera Mulya ini juga menawarkan fasilitas soliter LCD passenger on seat, reclining seat, toilet, leg rest, dan water dispenser. Sementara, di kelas ini ada ruang merokok. Sedangkan untuk Elegant Class yang berada di dek bawah punya konfigurasi enam kursi, yang dilengkapi dengan soliter LCD passenger on seat, electric seat adjustable, leg rest, toilet, juga coffee maker.
First Executive Class PO Putra Mulya
First Executive Class PO Putra Mulya
Untuk tarif  Elegant Class mempunyai tarif Rp 325 ribu, sedangkan harga tiket First Executive Class lebih murah yakni dipatok Rp 225 ribu. Kedua kelas telah dipaket dengan makan prasmanan dan snack.
Elegant Class Bus Tingkat PO Putra Mulya
Elegant Class Bus Tingkat PO Putra Mulya

Bis Tingkat Scania dengan kode mesin K410IB mengandalkan mesin 13 liter DC13 yang sudah memenuhi standar emisi Euro 5. Mesin enam silinder segaris, 4-katup per silinder, turbo-charged, intercooled, yang didukung Scania PDE Injection (separate electromagnetically controlled unit injectors) dan air cleaner itu mampu menyemburkan tenaga 410 Tk pada 1.900 rpm dan daya puntir 2.000 Nm pada 1.000 - 1.350 rpm.

Scania K410IB telah menganut sejumlah fitur keselamatan yang mumpuni. Di mana, ada anti-lock braking system (ABS), electronic brake system , retarder, dan cruise control dengan opticruise transmission. Tak luput, adapula Engine Management yang merekam perjalanan dan perilaku pengemudi.

Bis tingkat PO Putra Mulya ini juga menjadi bis yang pertama yang melayani rute jarak jauh Jakarta-Solo-Wonogiri. Dan sebagai informasi terakhir bahwa bis ini akan rilis pada tanggal 25 Desember besok.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar