--> Skip to main content

Hati-hati mencuci mesin mobil, perhatikan dulu hal berikut.

hati-hati mencuci mesin mobil blazer

Kondisi mesin yang bersih dan konclong memang menjadikan kita lebih sayang dengan kendaraan kita. Saat kita buka kap mesin dan melihat ruang mesin kotor dan penuh debu tentu kita akan berpikiran bagaimana cara membersihkan yang aman dan tidak akan membuat masalah pada mobil.

Terlebih pada Blazer, mobil tua dari tahun 1996 ini sudah dilengkapi dengan berbagai sensor yang menjadikan kita harus sedikit berhat-hati ketika akan membersihkannya.

Baca juga : Inilah cara penyukuran CKP DTC error 19 pada Blazer 
 


hati-hati mencuci mesin mobil blazer

Banyak orang yang membersihkan mesin bisa dengan cara disiramnya seperti mencuci body, bisa di steam halus juga. Tapi untuk saya sendiri hanya menggunakan gayung dan kuas serta kain untuk membersihkan ruang mesin, selain karena takutnya menjadi masalah dengan mesin juga karena tidak mengertinya sensor apa saja yang harus dilindungi dari sentuhan air.

Kejadian ketika mencuci mesin mobil adalah setelahnya mobil terasa membrebet seperti pincang. Dan untuk kasus seperti itu menurut masukan beberapa master blazer bisa disebabkan karena adanya air yang masuk ke dalam sensor atau masuk kedalam celah-celah busi.

Baca juga : Ketika lampu helicopter menyala pada mobil Blazer 
 


hati-hati mencuci mesin mobil blazer
Indikator error pada dashboard setelah mencuci mesin

Menurut dosen opa Baracuda, dengan kondisi mesin brebet bisa jadi CKP terkena air. Celah Busi juga mungkin kemasukan air. Dan untuk mengantisipasi hal tersebut bisa dengan membungkus soket CKP. Dan untuk busi bisa disemprot menggunakan kompressor agar kering.

Jika terlihat adanya indikator error pada dashboard setelah mencuci mobil mungkin bisa diketahui dengan cek DTC (Diagnostic Trouble Center).

Baca juga : Daftar DTC pada mobil Blazer dan cara ceknya.

Jadi, jika merasa tidak berani lebih baik tidak mencuci mesin dengan cara mengguyur dengan air atau steam, cukup seperti cara saya saja yang penting mesin kinclong. Jika perlu bisa menggunakan Silicon Oil Base agar mesin lebih terlihat fresh dan bersih.

Semoga berguna artikel sederhana ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar