Skip to main content

ATM BCA, Mandiri, BNI dan BRI tidak bisa karena satelit loss connect dan cara mengatasinya.

Beberapa hari terakhir ini dunia perbankan sedang di hebohkan karena masalah Transaksi ATM tidak bisa. Menurut beberapa sumber media online dikarenakan kehilangan kontak dengan satelit Telkom 1. Dan untuk inforasi saja, Satelit Telkom sendiri sudah mengudara sejak 18 tahun lalu, mungkin sekarang sudah lelah.

Dan dengan banyaknya kasus disconnect pada ATM BCA, Mandiri, BNI dan BRI ini mengakibatkan banyak orang mengantri untuk mengambil uang cash persiapan beberapa hari kedepannya. Daripada nanti tidak bisa diakses sama sekali ATMnya.
ATM BCA, Mandiri, BNI dan BRI tidak bisa karena satelit loss connect dan cara mengatasinya.
ATM tidak bisa dipakai karena tidak connect

Nah di media sosial WA juga banyak beredar mengenai isu ATM tidak bisa diakses ini.

Buat temen2 yg pakai atm bca, 70% off line. Karena satelitnya hilang.

Tipsnya : cari kantor besar bca, umumnya pakai fiber optik. Jadi tdk terganggu.

BCA lgi pusing berat karena satelit telkom1 lost.

Adanya gangguan bagi ATM dan kantor kas beberapa bank yang menggunakan satelit Telkom 1 yg tidak bisa terkoneksi. Hal in i menyebabkan hal2 sbb:
1. Gangguan terhadap beberapa ATM dan kantor kas bank yang menggunakan satelit Telkom 1. Dari informasi/data yang kami peroleh, gangguan tsb adalah:
(1). BCA: gangguan di 5.000 ATM dan 100 kantor kas BCA.
(2) BNI: gangguan terhadap 1.500 ATM dari 16.000 ATM, utamanya di daerah remote.
(3) Bank Mandiri: gangguan di 2.000 ATM dari 17. 695 ATM.
(4) BRI: gangguan terhadap 300 ATM dari sekitar 20.000 ATM, angka ini relatif sangat kecil karena sebagian besar ATM telah menggunakan satelit BRI (BRIsat).
2. Bank2 tsb sampai saat ini terus mengupayakan adanya jaringan komunikasi alternatif, sambil menunggu perbaikan hub satelit Telkom 1. Misalnya BCA sedang berkoordinasi dgn Rintis & Telkom, utk mengatasi komunikasi ATM ini dan mempersiapkan Cabang utk standby dgn layanan yang lebih intensif agar kebutuhan uang tunai nasabah terpenuhi.
3. Saat ini Telkom sedang berupaya keras untuk perbaikan satelit ini, sehingga diharapkan  sebagian kantor kas dan ATM bank2 tsb segera bisa beroperasi normal kembali.
4. Bank Indonesia akan terus memantau perkembangan perbaikan serta menyiapkan antisipasi yg terukur.
Terima kasih

Bahkan karena masalah seperti ini, BCA memberikan gratis transaksi menggunakan ATM bank lain dengan catatan untuk penarikan tunai dan biayanya akan dibebankan di akhir bulan ketika jaringan sudah normal.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar