Skip to main content

Amankah mengisi air aki dengan air mineral?

Hello om bro.

Aki adalah salah satu bagian dari kendaraan yang harus di cek secara berkala, setiap satu bulan sekali atau 2 minggu sekali untuk melihat jumlah air aki didalamnya apakah berkurang banyak atau tidak. Jika berkurang banyak bisa kita tambah lagi sesuai batas yang disarankan oleh produsennya. Kecuali untuk aki jenis kering yang tidak ada perawatan ketinggian air akinya.

Amankah mengisi air aki dengan air mineral?
Amankah mengisi air aki dengan air mineral?

Lalu bagaimana jika air aki berkurang apakah aman jika di isi ulang dengan air mineral?

Dalam keadaan darurat mungkin bisa saja diisi dengan air mineral, asal jumlahnya jangan terlalu banyak, jangan lebih dari setengah jumlah air akinya. Karena kandungan air mineral ini masih mengandung banyak mineral didalamnya, jika terlalu banyak dikhawatirkan akan adanya shot didalam element akinya.

Kasus darurat ini memang jarang terdengar, tapi sesungguhnya ada beberapa kejadian karena awamnya dan kondisi darurat.

Dengan pengisian air aki menggunakan air mineral ini tentu ada dampaknya yang akan kita rasakan :
1. Bisa jadi pengisian aki tidak maksimal, dan disarankan untuk mengurangi beban kerja kelistrikan. Hentikan penggunaan AC, Audio dan minimalkan penggunaan lampu dan aksesoris lainnya.
2. Umur aki bisa berkurang. Jika normalnya 1-2 tahun, bisa jadi jika adanya pengisian dengan air mineral bisa berkurang umur akinya.

Untuk pengisian air aki menggunakan air mineral ini saya sarankan segera kuras dan ganti air akinya dengan air aki yang peruntukannya ketika sudah menemukan air aki yang benar.

Kalau menurut om bro gimana? Boleh ga mengisi ulang air aki menggunakan air mineral?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar